Pentingnya dukungan sosial dalam mereduksi burnout akademik mahasiswa

Lutfi Chaidir, Dian Ari Widyastuti

Abstract


Burnout di kalangan mahasiswa telah menjadi perhatian serius dalam konteks akademik, dengan dampak negatif terhadap kesejahteraan dan prestasi akademik mereka.  Tinjauan literatur ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi pentingnya dukungan sosial dalam mereduksi burnout akademik mahasiswa. Dengan menerapkan metode tinjauan literatur, berbagai penelitian telah dikaji untuk memperoleh wawasan tentang peran dukungan sosial dalam mengurangi burnout. Hasil dari studi literatur ini kemudian dianalisis secara tematis atau konseptual untuk mengidentifikasi pola, perbedaan, dan kesamaan dalam temuan yang diungkapkan oleh penelitian-penelitian sebelumnya. Temuan tersebut menyoroti dampak signifikan dukungan sosial dalam mengurangi gejala burnout, termasuk kelelahan emosional, sikap sinis, dan penurunan pencapaian pribadi. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan baru dan rekomendasi yang berguna mengenai pentingnya dukungan social dalam mereduksi burnout akademik mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Andi, Y., Sunaryo, H., & ABS, M. K. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial, Self-Esteem dan Self-Efficacy terhadap Burnout Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 9(13).

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Astuti, T. P., & Hartati, S. (2013). Dukungan Sosial pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi (Studi Fenomenologis pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP). Jurnal Psikologi, 1-13.

Christiana, E. (2020). Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (pp. 8-15).

Fadilah, A. R. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Academic Burnout pada Mahasiswa Rantau Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Gold, Y & Roth, R. A. (2001). Teachers Managing Stress and Preventing Burnout: the Professional Health Solution. London: The Flamer Press.

Hanapi, I., & Agung, I. M. (2018). Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Self Efficacy dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal RAP UNP, 37-45.

Harnida, H. (2015). Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Burnout pada Perawat. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1).

LM Psikologi UGM. 2021. Tingkat Academic Burnout Mahasiswa Klaster Sosio-Humaniora UGM: Meningkatkan Kesadaran akan Urgensi Fenomena Academic Burnout. Yogyakarta: UGM. Diakses pada 9 Juli 2023 pada laman https://lm.psikologi.ugm.ac.id/2021/12/laporan-hasil-riset-mandiri-tingkat-academic-burnout-mahasiswa-klaster-sosio-humaniora-ugm-meningkatkan-kesadaran-akan-urgensi-fenomena-academic-burnout/

Maslach, C., & Leiter, M. P. (2017). Understanding Burnout: New Models. The Handbook of Stress and Health: A Guide To Research and Practice, 36-56.

Muflihah, L., & Savira, S. I. (2021). Pengaruh Persepsi Dukungan Sosial terhadap Burnout Akademik Selama Pandemi. Jurnal Penelitian Psikologi Mahasiswa, 8(02), 201-2011.

Puspitaningrum, K. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Burnout pada Mahasiswa dalam Mengerjakan Skripsi. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(10), 615-625.

Rambe, A. R. R. (2010). Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Self‐Directed Learning Pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 37(2), 216-223.

Sugesty, S. F. (2020). Hubungan Dukungan Sosial dan Kencenderungan Kepribadian Ekstrovert dengan Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa SMA Negeri 1 Binjai.

Trimulatsih, P. D., & Appulembang, Y. A. (2022). Dukungan Sosial terhadap Burnout Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi saat Pandemi. Psychology Journal of Mental Health, 4(1), 36-47.

Yuqiao, Y., Xiuyu, H., Yang, L. (2021). Social Support and Academic Burnout Among University Students: A Moderated Mediation Model. Psychology Research and Behavior Management, 335-34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.