Pendidikan holistik: Implementasi peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan adaptabilitas siswa di era society 5.0

Miftah Nur Fahruri, Tri Sutanti

Abstract


Implementasi peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan adaptabilitas siswa di era Society 5.0 merupakan aspek penting dalam pendidikan. Di tengah perubahan yang cepat dan kompleks dalam teknologi, lingkungan, dan dunia kerja, adaptabilitas menjadi kualitas kunci yang harus dimiliki siswa. Dalam penelitian ini, kami mengeksplorasi strategi dan pendekatan pendidikan holistik yang digunakan oleh guru bimbingan konseling untuk meningkatkan adaptabilitas siswa. Dalam pendekatan ini, guru bimbingan konseling memiliki peran yang signifikan dalam mengidentifikasi dan memahami kebutuhan individu siswa, serta membantu mereka dalam pengembangan keterampilan abad ke-21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembimbingan karir yang terintegrasi merupakan strategi penting yang digunakan guru bimbingan konseling dalam membantu siswa memahami tren pekerjaan, peluang karir, dan keterampilan yang dibutuhkan di era Society 5.0. Selain itu, pengembangan keterampilan sosial dan emosional juga menjadi fokus penting dalam meningkatkan adaptabilitas siswa. Guru bimbingan konseling berperan dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan komunikasi, kerjasama, empati, dan manajemen emosi. Strategi pembelajaran berbasis proyek juga efektif dalam meningkatkan adaptabilitas siswa, di mana siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, kritis berpikir, dan kreativitas.

Full Text:

PDF

References


Alissa, S., & Akmal, S. Z. (2019). Career Decision Making Self-Efficacy Mediator Antara Dukungan Kontekstual dan Adaptabilitas Karier. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 5.

Dini, I. R. (2021). Bimbingan Konseling. Universitas Negeri Padang.

Fauziah, F., Iswari, M., & Daharnis, D. (2022). Peran Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Memasuki Era Society 5.0 [The Role Of Guidance And Counseling To Improve Students’career Maturity Entering The Society 5.0 Era. Al-Ihtiram: Multidisciplinary Journal of Counseling and Social Research, 1(1).

Harefa, D., & Telaumbanua, K. (2020). Teori Manajemen dan Bimbingan Konseling: Kajian untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan. PM Publisher.

Hasanah, I. T., & Sa’adah, N. (2023). Peran Bimbingan Konseling Pribadi dan Sosial dalam Menghadapi Generasi Z Di Era Society 5.0. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 1436-1442.

Hidayat, D. R. (2013). Bimbingan Konseling: Kesehatan Mental di sekolah.

Putri, R. H., Kameliawati, F., Surmiasih, S., & Primadevi, I. (2022). Implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru Selama Era New Normal Melalui Terapi Bermain pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(1), 105-113.

Ramadani, D., Fachrurrazi, M., & Hidayat, D. R. (2020). Adaptabilitas Karir dalam Perspektif Teori Perkembangan Karir mark l. Savickas. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1).

Setiyati, S. (2019). Meningkatkan Karakter Siswa Melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Pendekatan Holistik. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Smith, M. B. (2017). Mardia Bin Smith: Prosiding Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Peradaban Bangsa. Prosiding, 10(1271).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.