Profil self disclosure siswa Muhammadiyah boarding school di Yogyakarta

Muhammad Fikri Asshidiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil self disclosure siswa Muhammadiyah Boarding School di Yogyakarta menggunakan alat pengumpulan data berupa skala kuesioner. Melalui analisis bibliometrik dan penggunaan Google Scholar dengan bantuan Publish or Perish (POP), ditemukan bahwa self disclosure siswa memiliki variasi tingkat keterbukaan diri yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kepercayaan dan kenyamanan dalam hubungan. Hasil penelitian ini memberikan landasan penting dalam pengembangan program dan intervensi bimbingan dan konseling yang mendukung interaksi sosial-emosional positif di lingkungan sekolah.


Full Text:

PDF

References


Anggreani, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Self Disclosure oleh Responden pada Kegiatan Sensus (Studi di Kelurahan Rajabasa Nunyai, Kota Bandar Lampung).

Fadilla, S., Setiaman, A., & El Karimah, K. (2023). Keterbukaan Diri Pengguna Aplikasi Kencan Online Bumble dalam Mencari Pasangan. Comdent: Communication Student Journal, 1(1), 102–118.

Fatmawati, A. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Self Disclosure Ditinjau dari Intensitas Layanan Bimbingan Konseling Siswa SMA Negeri 1 Rejoso. PhD Thesis. IAIN Kediri.

Febriana, N. S. (2022). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Menggunakan Game Werewolf untuk Meningkatkan Self Disclosure Siswa MTS Faqihul Ilmi Makassar.

Fortuna, D. (2023). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Self-Disclosure di Media Sosial pada Mahasiswa Psikologi Universitas Medan Area. PhD Thesis. Universitas Medan Area.

Fransiska Disa, D. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2021/2022.

Gainau, M. B. (2009). Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Siswa dalam Perspektif Budaya dan Implikasinya bagi Konseling. Widya Warta: Jurnal ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 33(01), 95–112.

Hailiyah, I. H., Fadillah, N., Anggraini, S. D., & Zuhro’Fitriana, A. Q. (2023). Strategi Manajemen Konflik antara Orang Tua dengan Anak Remaja yang Mengalami Masalah Keterbukaan Diri di Desa Grenden Kecamatan Puger. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 3(2), 246–252.

Hamzah, A. (2022). Self Disclosure Siswa dalam Mengikuti Konseling Online (Studi Kasus di SMAN 4 Mandau). PhD Thesis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Hikmawati, F., Nurawaliah, A., & Hidayat, I. N. (2021). Self Disclosure Santri Remaja di Media Sosial: Peran Self Identity Status dan Affiliation Motive. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 153–164.

Irayanti Ukkas, I. (2020). Penerapan Teknik Assertive Counseling untuk Membangun Kemampuan Self Disclosure pada Siswa Korban Bullying Di UPT SMA Negeri 3 Luwu Utara. PhD Thesis. Institut Agama Islam Negeri (IAIAN) Palopo.

Julianda, O., Nita, R. W., & Solina, W. (2021). Profil Keterbukaan Diri (Self-Disclosure) Peserta Didik dalam Pelaksanaan Konseling Perorangan di Kelas XI SMK 3 Negeri Kota Padang. Mudabbir (Journal Research And Education Studies), 1(2), 1–9.

Khoiriyah, M., Sumarwiyah, S., & Masfuah, S. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Islam Bayt Assalam Pecangaan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3143–3156.

Muhammad, W. Z., Erliana, Y. D., & Hakim, L. (2021). Hubungan Jenis Kepribadian (Ekstrovert & Introvert) dengan Pengungkapan Diri (Self Disclosure) pada Pengguna Media Sosial Instagram: Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa. Jurnal Psimawa, 4(1), 13–18.

Nisa, W. I. (2022). Self-Confidence dan Self-Disclosure pada Murid Baru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikohumanika, 14(1), 1–9.

Purna, R. S., Sartana, S., Millenia, T., & Afrilda, F. (2021). Pengungkapan Diri di Dunia Maya dan Kekerasan Terhadap Perempuan. Kafaah: Journal of Gender Studies, 11(2), 159–169.

Salim, F., Rahardjo, W., Tanaya, T. V., & Fitriani, I. A. (t.t.). Peran Jenis Kelamin dalam Memoderasi Tipe Kepribadian dan Keterbukaan Diri Pengguna Media Sosial Path.

Setianingsih, E. S. (2015). Keterbukaan Diri Siswa (Self Disclosure). Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2).

Tobing, N. F. (2020). Kurikulum Pendidikan Agama Kristen di Indonesia. Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1(1).

Triyono, A. (2019). Pendidikan Karakter pada Sistem Boarding School. Jurnal Kependidikan, 7(2), 251–263.

Wiyono, T., & Muhid, A. (2020). Self-Disclosure Melalui Media Instagram: Dakwah Bi Al-Nafsi Melalui Keterbukaan Diri Remaja. Jurnal Ilmu Dakwah, 40(2), 141–154.

Wulandari, A. (2021). Analisis Keterbukaan Diri (Self Disclosure): Studi Fenomenologi Pengguna Aplikasi Online Dating Tinder. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Jakarta: https://repository.upnvj.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.