Literature review: Pengembangan media island academic hardiness (icha) tentang academic hardiness

Nadila Halimatusya’diah, Aprilia Setyowati

Abstract


Academic Hardiness merupakan konsep yang penting dalam konteks pendidikan. Hal ini berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menghadapi tantangan akademik dengan keyakinan, ketahanan, dan motivasi yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji media Island Academic Hardiness (ICHA) untuk mengetahui produk media permainan Island Academic Hardiness yang layak atau valid tentang academic hardiness. Media pembelajaran yang digunakan dalam layanan meliputi media nyata. Desain penelitian ini berupa review jurnal yang telah terbit dalam kurun waktu 2022-2023. Hasil yang diperoleh setidaknya lima artikel yang dipilih sesuai dengan inklusi peneliti yang telah ditetapkan, dalam kajian literatur tersebut terdapat hubungan media untuk meningkatkan academic hardiness. Rekomendasi kajian literature ini dapat menjadikan pengembangan media yang dapat digunakan untuk meningkatkan academic hardiness.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, HeruJuabdinSada, Saiful Bahri, D. S. (2022). Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 1–12.

Arishanti, N., & Juniarly, A. (2019). Hardiness, Penyesuaian Diri dan Stres pada Siswa Taruna. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 4(2), 163–174.

Azizah, J. N., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan antara Hardiness dengan Stres Akademik pada Mahasiswa yang sedang mengerjakan Skripsi selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(1), 212–223.

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress Akademik Akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 95. https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005

Diponegoro, U. (2017). Xy = -0,555;

Evangelia, K. (2013). Επιστημονική Επετηρίδα Παιδαγωγικού Τμήματος Νηπιαγωγών Πανεπιστημίου Ιωαννίνων. 249–266.

Fania Putri, Z., Amien Wahyudi, Siti Muyana, Hardi Prasetiawan, & Mohamad Amirudin. (2022). Pengembangan Media Permainan Monopoli Topeng Cirebon dalam Bimbingan Kelompok tentang Kontrol Diri. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 35–46. https://doi.org/10.24905/jcose.v4i2.93

Hariyadi, S., Hartati, M. T. S., Sunawan, S., Isrofin, B., Utomo, D. P., Darul, D. A., & Nurifda, T. S. (2022). Peningkatan Kompetensi Konselor dalam Pengaplikasian Game Based Learning pada Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 291–297. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.627

Heditya, N. R., & Sawitri, D. R. (2023). Hubungan antara Harga Diri dan Adaptabilitas Karir pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Semarang. 12(70), 7–11.

Irfatul Chusniyah, Novi Ratna Dewi, S. D. P. (2016). Keefektifan Permainan Monopoli Berbasis Science Edutainment Tema Tata Surya Terhadap Minat Belajar dan Karakter Ilmiah Siswa Kelas VIII. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(2), 1242–1252.

Khairani, C. P., & Mudjiran, M. (2022). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Karakter Tangguh Siswa dalam Belajar. 7(4), 142–150.

Kobasa, S. C., Maddi, S. R., & Kahn, S. (1982). Hardiness and Health: A Prospective Study. Journal of Personality and Social Psychology, 42(1), 168–177. https://doi.org/10.1037/0022-3514.42.1.168

Putri, R. F., & Putri, R. F. (2019). Belajar Bahasa Inggris melalui Board Game/Card Game. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2019 Belajar, 2(1), 539–543. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/171

Sarifah, I., Baharudin, Y. H., & Sholikhah, L. D. (2022). Pengembangan Media Audiovisual Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir. CERMIN: Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 3(1), 9–15.

Sudarsana, D. (2019). Pengaruh Antara Stres Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMPN 2 Kemalang (the Influence Beetween Academic Stress and Learning. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(2), 204–207.

Suriata, S., Dinda Febita Sari, & Siti Rahmi. (2022). Pengembangan Media Jenga pada Layanan Informasi untuk Meningkatkan Pemahaman Bahaya Bullying di MTS DDI Kota Tarakan. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 62–68. https://doi.org/10.24905/jcose.v4i2.96

Xie, Q. (2016). Research Design and Methods. In Technical and Vocational Education and Training (Vol. 22). https://doi.org/10.1007/978-3-319-30157-0_5

Zaini, A., Dianto, M., & Mulyani, R. R. (2020). Pentingnya Penggunaan Media Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Informasi. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang, 1986, 126–131.

Zubaidah, S. (2020). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online. December 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.