Literature review: Pengaruh hubungan interaksi sosial dari guru pendamping terhadap perkembangan empati anak autis

Nega Romit Putri Pratiwi, Aprilia Setyowati

Abstract


Studi literature ini didasari akibat adanya fenomena sosial yang kurang menjadi perhatian yaitu pengembangan aspek psikologi pada anak autis yang salah satunya adalah rasa empati. Anak autis memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dan cenderung asik dengan dunianya sendiri. Karena kurangnya intensitas dalam berinteraksi, dikhawatirkan perkembangan rasa empati pada anak autis menjadi terganggu. Studi literature ini ditujukan untuk menganalisis secara teoritik pengaruh interaksi sosial yang diberikan guru pendamping sebagai upaya mengembangkan rasa empati pada diri anak autis. Metode yang digunakan adalah literature review, di mana di dalamnya mengkaji jurnal-jurnal yang relevan serta bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mendalam terkait topik pembahasan. Hasil yang diperoleh dari pengkajian pada literatur yang relevan menunjukkan bahwa interaksi sosial dapat menjadi salah satu cara untuk mengembangkan rasa empati pada anak autis.


Full Text:

PDF

References


Hardiani, R. S., & Rahmawati, S. (2011). Metode ABA (Applied Behaviour Analysis): Kemampuan Bersosialisasi terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autis. Jurnal Keperawatan Soedirman, 7(1), 1-9.

Iasha, A. E. B., & Masykur, A. M. (2022). Anakku “Berbeda” (Pengalaman Menjadi Ibu Dari Remaja Autis). Jurnal Empati, 11(1), 32-43.

Iskandar, S., & Indaryani, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis Melalui Terapi Bermain Assosiatif. JHeS (Journal of Health Studies), 4(2), 12-18.

Maisanty, M. (2021). Komunikasi Anak Autis dalam Berinteraksi Sosial di SLB Pelita Nusa Pekanbaru. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Riau.

Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K. (2017). Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 30-39.

Putri, O. D. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Anak Autisme Kelas VIII Di SLB YPPLB Padang. Doctoral Dissertation. Universitas Negeri Padang).

Ritonga, S. A., & Hasibuan, E. J. (2016). Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Autis di SLB Taman Pendidikan Islam (TPI). JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 2(2).

Rustini, T. (2022). Pendekatan Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autisme di Sekolah Dasar Inklusif. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 174-180.

Salsabila, S., & Zainun, Z. (2023). Implementasi Komunikasi Konseling Islami Terapis dalam Pengembangan Interaksi dan Perilaku Anak Penyandang Autis Melalui Terapi ABA. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2), 212-223.

Suteja, J. (2014). Bentuk dan Metode Terapi terhadap Anak Autisme Akibat Bentukan Perilaku Sosial. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1).

Triyanto, T., & Permatasari, D. R. (2017). Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(2), 176-186.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.