Pemanfaatan art counseling untuk mereduksi kecemasan remaja pengguna media sosial

Nakhma’ussolikhah Nakhma’ussolikhah, Ficky Adi Kurniawan

Abstract


Pertimpangan perilaku pengguna media sosial pada remaja di era teknologi memberikan perubahan sikap negative maupun positif. Beberapa diantara kecemasan dialami ketika mengakses dunia digital seperti pengguna akun sosmed. Remaja memiliki fase perkembangan cenderung kurang stabil dalam menentukan identitas diri. Kehadiran teknologi memberikan kebingungan cukup tinggi bagi remaja yang tidak mampu mengatur waktu saat bersosial media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecemasan pengguna aktif sosmed pada remaja. Metodologi penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif desain fenomenologi. Subjek penelitian terdiri dari 3 subjek yaitu Subjek primer pada remaja usia 17 tahun, dan data sekunder remaja usia 20 tahun dan 25 tahun. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi sumber, melibatkan beberapa sumber terpercaya. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengguna akun sosmed remaja memiliki perilaku manipulatif dan meninggikan gengsi. Adanya perkembangan teknologi menjadikan pola emosi tidak stabil peneliti melakukan reduksi pada remaja yang memiliki kebiasaan akses sosmed 1 hari 8 jam dengan remaja yang kurang aktif di sosmed pada durasi waktu 10 menit setiap 1 jam sekali. Kecenderungan remaja akses sosmed lebih dari 8 jam setiap hari diberi layanan art counseling diberikan layanan sebanyak 5 kali sesi selama 1 minggu untuk meningkatkan stabilitas emosi positif. Art counseling dilakukan dengan menggambar bunga, dan rumah kemudian di warnai dengan pensil warna. Klien dapat mengungkapkan perasaan, hati dan ekspresi pikiran melalui gambar dan warna yang dilukis. Dari tahapan tersebut menjadikan diri klien lebih rileks dan tenang setelah menggambar dan mewarnai.

Full Text:

PDF

References


Agianto, Rifqi, Setiawati, Anggi, & Firmansyah, Ricky. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup dan Etika Remaja. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(2 SE-Articles), 130–139.

Fahlevi, Reza, Basaria, Debora, & Pranawati, Santy Yanuar. (2019). Penerapan Cognitive Behavioral Art Therapy (CBAT) untuk Menurunkan Agresivitas pada Remaja LPKA X. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 3(2), 385. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i2.3875

Fazry, Laila, & Apsari, Nurliana Cipta. (2021). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Cyberbullying di Kalangan Remaja. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 272. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.34679

Fronika, Winda. (2019). Pengaruh Media Sosial terhadap Sikap Remaja. Fak. Ilmu Pendidik. Univ. Negeri Padang., 1–15.

Gani, Alcianno G. (2020). Pengaruh Media Sosial terhadap Perkembangan Anak Remaja. Jurnal Mitra Manajemen, 7(2), 32–42.

Heryadi, N. F., Handoyo, A. W., & ... (2022). Pengembangan Modul Layanan Konseling Individu Berbasis Art Therapy untuk Mereduksi Kecemasan Sosial Siswa Korban Bullying. Jurnal Bimbingan dan …, 7(3), 1–7.

Mizan, Mohamad. (2022). Pemanfaatan Fitur E-Campus untuk Inovasi Model Belajar. 6.

Nagara, A. D., & Rifa’i, M. R. (2020). Efektivitas Art Therapy untuk Pasien dengan General Anxiety Disorder (GAD). Jurnal Medika Cendikia.

Putri, Dhian Riskiana, Fillianto, Anindra Desfi Chantika, & Iriyanto, Jagad Banabsyah. (2021). Implementasi Art Therapy untuk Meningkatkan Coping Stress Terkait Permasalahan Perkembangan di Usia. Jurnal Talenta Psikologi, XVI(2), 35–43.

Putri, Wilga Secsio Ratsja, Nurwati, Nunung, & S., Meilanny Budiarti. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625

Rahmanisa, R., Rahmat, H. K., Cahaya, Irza, Annisa, Octari, & Pratiwi, Suandara. (2021). Strategi Mengembangkan Resiliensi Individu di Tengah Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Islamic Art Therapy. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 1(1), 39–52.

Rahmawati, Arina, Mamesah, Michiko, & Marjo, Happy Karlina. (2016). Pengaruh Penggunaan Teknik Menggambar untuk Mengurangi Kecemasan Sosial terhadap Korban Cyberbullying (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 259 Jakarta Timur). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 20. https://doi.org/10.21009/insight.051.04

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.