Strategi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan regulasi emosi pada siswa menengah

Novrilla Rezikadhani, Mufied Fauziah

Abstract


Regulasi emosi adah kemampuan individu untuk mengenali, memahami, dan mengelola emosi dengan baik. Kemampuan ini memiliki peranan penting dalam kesejahteraan psikologis dan hubungan sosial siswa. Layanan bimbingan kelompok dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan mereka dalam mengelola emosi melalui interaksi dalam kelompok dan mendapat dukungan dari seorang yang berkompeten di bidang bimbingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis layanan bimbingan kelompok dalam peningkatan regulasi emosi pada siswa. Penelitian ini menggunakan literature review pada 5 jurnal dan penelitian ini mengenai bimbingan kelompok untuk meningkatkan regulasi emosi siswa. Pencarian data melalui Google Scholar, yang dimana data tersebut berupa jurnal yang dianalisis yaitu dengan rentang tahun 2017 sampai 2022 dan terdapat 13.600 hasil, kemudian dipilih sesuai dengan kata kunci. Berdasarkan literature review yang sudah dilakukan, bahwa hasil yang didapat adalah regulasi emosi dapat ditingkatkan dengan layanan bimbingan kelompok. Teknik bimbingan kelompok yang dapat digunakan seperti teknik sosiodrama, teknik permainan, teknik role playing, dan teknik expressive writing.


Full Text:

PDF

References


Amelia, R. E., Rahmawati, A., & Fitrianingtyas, A. (2021). Pengaruh Regulasi Emosi pada Interaksi Sosial Selama Pembelajaran Home Visit Akibat Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini . 8 (2), 10-20.

Fatmawati, R., Bhakti, C. P., & Iriastuti, M. E. (2022). Upaya Meningkatkan Regulasi Emosi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Expressive Writing pada Peserta Didik Kelas XI Kriya Kreatif Batik dan Tekstil B di SMK Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2351–2357.

Febrianingsih, D., Arisandi, M. I. M., & Arifin, Z. (2022). Peran Grup Shalawat dalam Perubahan Perilaku Remaja. Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 12(2), 56–67.

Firdaus, L. A., Ismanto, H. S., & Widiharto, C. A. (2020). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Mengembangkan Regulasi Emosi. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 101–111.

Gratz, K. L., & Roemer, L. (2004). Multidimensional Assessment of Emotion Regulation and Dysregulation: Development, Factor Structure, and Initial Validation of The Difficulties in Emotion Regulation Scale. Journal of Psychopathology and Behavioral Assessment, 26, 41–54.

Gross, J. J. (2014). Emotion Regulation: Conceptual and Empirical Foundations In Gross JJ (Ed.), Handbook of emotion regulation (pp. 3–20). New York, NY: Guilford Press.[Google Scholar].

Halik, A., Helwa, A., & Ramadhani, A. (2022). Penerapan Teknik Expressive Writing Langkah Membantu Siswa Mengelola Emosi. Semanggi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 100–110.

Irawati, Y. (2013). Metode Pendidikan Karakter Islami terhadap Anak Menurut Abdullah Nasih Ulwan dalam Buku Pendidikan Anak dalam Islam dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Nasional. PhD Thesis. UIN Sunan Kalijaga.

Lubis, A., Elita, Y., & Afriyati, V. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa SMA di Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1(1), 43–51.

Miraza, M. R., Simarmata, S. W., & Aziz, A. A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok terhadap Regulasi Emosi Remaja di Lingkungan XI Rambung Putih Simpang Mancang Kelurahan Pekan Selesai Kabupaten Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 9(2), 37–46.

Musslifah, A. R. (2018). Penurunan Prokrastinasi Akademik Melalui Pelatihan Keterampilan Regulasi Emosi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 95–106.

Patimah, E., & Sumartini, S. (2022). Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Daring: Literaturee Review. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 993–1005.

Rizkia, R., Suranata, K., & Sudarsana, G. N. (2022). Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Membantu Meningkatkan Keterampilan Prososial Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 7(1), 148–155.

Utomo, E. T., Yusmansyah, Y., & Widiastuti, R. (2018). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 6(3).

Yusuf, P. M., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Perilaku Prososial pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Empati, 6(3), 98–104.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.