Intervensi psikoedukasi ajaran syaikh az-zarnuji dalam kitab ta’lim al -muta’llim untuk menanamkan etika kesopanan siswa

Nurlia Meilani, Wahyu Nanda Eka Saputra

Abstract


Moderenisasi berkolerasi pada menurunya nilai sopan santun baik pada sesama maupun orang tua. Konselor dapat berperan menanamkan sopan santun siswa melalui layanan bimbingan dan konseling, salah satunya menggunakan pendekatan psikoedukasi bermuatan ajaran Syaikh Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al -Muta’llim tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola psikoedukasi bermuatan ajaran Syaikh  Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim  Al - Muta’llim Penelitian ini adalah kajian literatur dengan melibatkan artikel-atikel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Tinjauan literatur sitematis mencari dan mengulas berbagai artikel menggunakan mesin pencari jurnal, artikel/jurnal yang bereputasi. Studi ini meninjau beberapa artikel dengan langkah-langkah prosedur berikut : identifikasi,   penyaringan, kelayakan, dan masukan. Analisis data penelitian ini menggunakan ekstraksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konselor dapat menggunakan strategi intervensi psikoedukasi menanamkan kesopanan bedasarkan ajaran Syaikh Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al - Muta’llim. Tulisan ini akan membahas gambaran operasional tentang intervensi psikoedukasi bedasarkan ajaran sifat-sifat etika kesopanan menurut Syaikh Az- Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al -Muta’llim. Adapun etika murid terhadap guru yang termuat dalam kitab Ta’lim Muta’allim adalah: Kitab Ta’lim Al-Muta”alim dimana kitab ini dinyatakan masih relevan dalam dunia pendidikan islam terkait dengan nilai- nilai pendidikan karakter(PK1) Adapun etika murid terhadap guru yang termuat dalam Ajaran Az-Jarnuzi tentang karakter   kesopanan siswa terhadap guru dalam Ta’lim Al-Muta”alim adalah: 1) memilih guru 2) hendaknya murid tidak duduk di dekat guru 3) hendaknya murid tidak berjalan mendahului guru 4) tidak menempati tempat duduk guru 5) tidak memulai berbicara kepada guru kecuali apabila telah diizinkan 6) tidak banyak berbicara dihadapan guru 7) tidak bertanya mengenai suatu hal apabila guru sedang dalam keadaan lelah atau bosan 8) hendaknya mampu menjaga waktu 9) tidak mengetuk pintunya dan menunggu hingga keluar 10) mencari kerelaan hati guru 11) menghindari hal-hal yang mendatangkan murka atau marahnya guru 12) senantiasa patuh terhadap perintah guru selama tidak bertentangan dengan agama 13) menghormati keluarga serta kerabat guru dan 14) tidak menyakiti hati guru (Islakh, 2019; Ismail, 2017).


Full Text:

PDF

References


Bhakti, C. P., & Kurniawan, S. J. (2020). Konsep Psikoedukasi Berbasis Blended Learning bagi Remaja di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 52–60.

Bordbar, M. F., & Faridhosseini, F. (2012). Psychoeducation for Bipolar Mood Disorder. Clinical, Research and Treatment Approaches to Affective Disorders, 13, 323–344.

Brown, N. W. (2018). Psychoeducational Groups: Process and Practice. Routledge.

Caraka, P. B., & Nindiya, E. S. (2015). Implementasi Permendikbud RI Nomor 111 Tahun 2014 dalam Pengembangan Layanan BK di Sekolah Menengah. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling, 55–61.

Darsi, D., & Mitra, O. (2022). Pedoman Etika dan Adab Menuntut Ilmu dalam Islam. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 6851–6858.

Fitriah, F., & Hidayat, D. N. (2018). Politeness: Cultural Dimensions of Linguistic Choice. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 5(1), 26–34.

Fiyanti, E. (2023). Penanaman Nilai Sosial Kesopanan melalui Interaksi Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jenangan. PhD Thesis. IAIN Ponorogo.

Hidayah, U. N. (2022). Interaksi Edukatif Antara Guru dan Peserta Didik Dalam Kitab Ta’LĪM Al-Muta’Allim dan Implikasinya di Era Disrupsi. PhD Thesis. Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia).

Islakh, A. (2019). Etika Murid terhadap Guru Menurut Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Karya Syaikh Az-Zarnuji. PhD Thesis. IAIN Purwokerto.

Ismail, I. (2017). Konsep Etika Guru dan Murid dalam Persfektif Al-Zarnuji dan Iman Ghazali Kitab Ta’limul Mutaalim dan Ihya Ulumuddin. PhD Thesis. UIN Raden Intan Lampung.

Kholifah, K., & Naimah, T. (2017). Studi tentang Sopan Santun pada Peserta Didik. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 1(1).

Montanesa, D., & Firman, R. A. (2021). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Pramesti, D. A., Kadir, A., Tyas, D. M., & Ariska, F. (2019). Upaya guru Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019, 1(1), 362–371.

Purba, M., Syahrial, S., & Fauziddin, M. (2020). Menanamkan Moral Sejak Dini melalui Buku Bergambar Pilar Karakter Sopan Santun pada Anak Usia Dini di Desa Gerbang Sari, Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Journal on Teacher Education, 2(1), 146–155.

Puspitasari, D. N., Prabawangi, R. P., Ridhoi, R., Febrinan, J., & An-Nisa, L. (2019). Psikoedukasi Membangun Komunikasi Efektif dalam Menghadapi Remaja pada Guru SMA di Malang. Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 104–111.

Putri, R. N. (2022). Perbandingan Adab Penuntut Ilmu Dalam Kitab Al Ilmi Karya Asy Syaikh Muhammad Bin Shalih Al–Utsaimin dan Kitab Ta’lim Muta’allim Karya Syaikh Az-Zarnuji. PhD Thesis. UIN Raden Intan Lampung.

Setiawan, H. (2010). Identifikasi Faktor-Faktor Penyimpangan Norma Kesopanan di Kalangan Remaja (Studi Diskriptif Kualitatif tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyimpangan Norma Kesopanan dalam Hal Bahasa Baku dan Sikap Remaja di SMA Negeri 7 Surakarta).

Shaula, D. F., & Hasyim, N. (2017). Menanamkan Konsep Tata Krama pada anak Melalui Perancangan Game Edukasi. Jurnal Informatika Upgris, 3(1).

Syamsiatun, R. (2018). Studi Komparasi Pemikiran Al-Zarnuji dan KH. Hasyim Asy’ari tentang Relasi Guru dan Murid dalam Konteks Pembelajaran. PhD Thesis. IAIN Ponorogo.

Walsh, J. F. (2010). Psychoeducation in Mental Health. Lyceum Books.

Winingsih, E., Naqiyah, N., Warsito, H., & Setiawati, D. (2022). Pengembangan Model Psikoedukasi Berbasis Self Management untuk Meningkatkan Keterampilan Pengelolaan Waktu. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 41–46.

Yolanda, A. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Norma Kesopanan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Jambi. PhD Thesis. Universitas Jambi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.