Hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri terhadap teman sebaya pada siswa kelas X SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta

Lutfia Lutfia

Abstract


Setiap manusia mengalami perkembangan sosial yang dimulai sejak kanak-kanak sampai usia lanjut. Perkembangan sosial ini berkembang secara bertahap sesuai dengan pertambahan usia.  Individu perlu beradaptasi dengan lingkungan untuk mendukung kematangan sosial. Kematangan sosial  dipengaruhi oleh beberapa aspek, salah satunya adalah konsep diri positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri terhadap teman sebaya pada siswa kelas X SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023”. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 118 siswa, sampel penelitian sejumlah 91 siswa dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Instrument penelitian berupa kuisioner tertutup dengan skala Likert 1 sampai dengan 4. Metode  analisa data menggunakan korelasi product moment Pearson’s. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan ada korelasi positif antara Konsep Diri dengan Penyesuaian Diri terhadap Teman Sebaya pada Siswa Kelas X SMA Angkasa Adisutjipto, berdasarkan nilai Rhitung (0,643) > Rtabel (0,206), dan nilai Sig.(0,000) < α (0,05), sehingga dapat dikatakan bahwa nilai Rhitung sebesar 0,643 adalah positif, yang menunjukkan bahwa hubungan yang ada bersifat positif atau berbanding lurus. Manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat menambah wawasan yang lebih luas dan dapat memberikan pemahaman bagi pembaca mengenai hubungan konsep diri dengan penyesuaian diri terhadap teman sebaya. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah ruang lingkup yang digunakan dalam penelitian hanya mencakup pada satu sekolah saja yang ruang lingkupnya tidak terlalu besar dan luas, sehingga hasil penelitian tidak dapat digeneralisasikan kepada populasi yang lebih luas. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian dengan menambahkan variabel lain seperti variabel aktualisasi, harga diri karena pada dasarnya masih banyak hal yang berhubungan dengan konsep diri dan penyesuaian diri, sehingga persoalan tentang remaja dapat diteliti lebih mendalam dan komprehensif.


Full Text:

PDF

References


Adi Saputro, Y., Sugiarti, R.(2021). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Konsep Diri terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Kelas X. In Philanthropy Journal of Psychology (Vol. 5).

Alex, Sobur. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu, W. T. (2020). Konsep Diri, Regulasi Emosi dan Asertivitas pada Mahasiswa. Philanthropy Journal of Psychology, 4(1), 25–33.

Damsar, D. (2011). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Kencana.

Damsar. (2011). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dewi, F. N. R. (2021). Konsep Diri pada Masa Remaja Akhir dalam Kematangan Karir Siswa. Konseling Edukasi “Journal of Guidance and Counseling,” 5(1), 46–62.

Dian Tri Utami. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1).

Gunarsa (2010) Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Indah, S., & Wilani, N. M. A. (2017). Peran Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Konsep Diri terhadap Penyesuaian Diri di Sekolah pada Siswa SMP Kelas VII di Kecamatan Tabanan. Jurnal Psikologi Udayana, 4(2).

Khotimah, D. N. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5S di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).

Khotimah, D. N. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5S di Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 28–31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.