Pengaruh cyberbullying terhadap prestasi belajar siswa

Nizala Anas Zidana, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Tindakan cyberbullying di era digital saat ini perlu mendapat perhatian lebih karena fenomena kekerasan atau pelecehan melalui teknologi digital semakin meningkat. Cyberbullying telah menjadi perhatian dunia internasional karena dampaknya pada kesejahteraan mental dan fisik korban, cyberbullying merupakan fenomena yang kompleks dan multidimensional, sehingga penelitian tentang cyberbullying memerlukan pendekatan yang holistik dan interdisipliner. Cyberbullying ini juga berdampak pada akademik peserta didik seperti menururnnya prestasi belajar pada peserta didik. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh cyberbullying terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kajian literatur dari jurnal-jurnal nasional maupun internasional untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas yaitu (cyberbullying) terhadap variabel terikat (Prestasi Belajar).


Full Text:

PDF

References


Achdiyat, M. (2018). Sikap Cara Belajar dan Prestasi Belajar. 5(1).

Damayanti, A. F., Santosa, H. P., & Sudarto, J. (T.T.). Pengaruh Keterlibatan dalam Cyberbullying di Media Sosial dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Perilaku Bullying di Sekolah.

Imani, F. A., Kusmawati, A., & Tohari, H. M. A. (2021). Pencegahan Kasus Cyberbullying bagi Remaja Pengguna Sosial Media. 2(1).

Jalal, N. M., & Idris, M. (2021). Faktor-Faktor Cyberbullying pada Remaja. 5(2).

Oktariani, Mirawati, Arbana Syamantha, & Rodia Afriza. (2022). Pemberian Psikoedukasi Dampak Cyberbullying Terhadap Kesehatan Mental Pada Siswa. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 1(2), 189–194. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i2.281

Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2015). Measuring Cyberbullying: Implications for Research. Aggression and Violent Behavior, 23, 69–74. https://doi.org/10.1016/j.avb.2015.05.013

Sukmawati, A., & Kumala, A. P. B. (2020). Dampak Cyberbullying pada Remaja di Media Sosial.

Syah, R. (t.t.). Upaya Pencegahan Kasus Cyberbullying bagi Remaja Pengguna Media Sosial di Indonesia. 17(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.