Strategi coping (mendengarkan murattal qur’an) guna mengatasi gangguan tidur melalui layanan konseling individu

Puspita Nurani, Siti Muyana

Abstract


Insomnia merupakan istilah gejala orang yang mengalami gangguan tidur. Insomnia dapat muncul pada konseli yang hidup dibawah tekanan atau stress. Stress tersebut muncul karena aktivitas yang dapat membenani konseli atau karena adanya tekanan, baik dari lingkungan maupun konseli itu sendiri. Tujuan dari penulisan ini untuk memberikan alternatif solusi mengenai gangguan tidur dengan menggunakan strategi coping. Artikel ini disusun menggunakan metode penelitian kualitatif ysng menggunakan studi pustaka atau kajian literatur. Adapun jenis teknik analisis menggunakan analisis data deskriptif dan reduksi data melalui jenis data sekunder seperti berbagai jurnal dan buku.  Sehingga guru bimbingan dan konseling berusaha mencoba untuk memberikan alternatif layanan yaitu dengan mendengarkan murattal Qur’an untuk mengurangi gangguan insomnia.


Full Text:

PDF

References


Aprilini, Masita, Ahmad Yasser Mansyur, and Ahmad Ridfah. Efektivitas Mendengarkan Murottal Al-Quran dalam Menurunkan Tingkat Insomnia pada Mahasiswa. Psikis: Jurnal Psikologi Islami. 5.2 (2019): 146-154.

Aryani, Roza. "3.5 Dasar Hukum." Terapi Komplementer Pada Kebidanan: 32.

Farid, Khoiruddin. Penyelenggaraan Dakwah pada Lailatul Ijtima di Majelis Wakil Cabang (MWC).

Hasibuan, A. F., & Prihati, D. R. (2019). Penerapan Terapi Murottal Ayat Kursi untuk Mengatasi Ketidakefektifan Koping pada Pasien Ca Mamae. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 3(1), 8-15.

Hermadi, A. V. L. (2019). Pengaruh Aromatherapi Jahe Terhadap Tingkat Insomnia pada Lansia di Desa Borobudur Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang Tahun 2019. Doctoral Dissertation. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Irmawaty, Any Indriani, and Rusni Masnina. (2017). Hubungan Tingkat Penggunaan Situs Jejaring Sosial dengan Kejadian Insomnia pada Remaja Siswa Kelas XI di SMA Negeri 14 Samarinda.

Liana, R. (2020). Literatur Review: Penatalaksanaan Insomnia dengan Non Farmakologi pada Remaja.

Mahlufi, F. (2016). Pengaruh Terapi Murotal terhadap Kualitas Tidur Penderita Insomnia pada Lanjut Usia (Lansia) di Kecamatan Pontianak Tenggara. ProNers, 3(1).

Nasution, M. A., Mardhiati, R., & Hamal, D. K. (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Gejala Insomnia pada Siswa Menengah Atas. Buletin Kesehatan: Publikasi Ilmiah Bidang kesehatan, 6(2), 173-186.

Novan, M. A. R. Pengaruh Komunikasi, Imbalan, dan Hukuman terhadap Kinerja Karyawan CV. Sunrise Surabaya.

Prihati, D. R., & Wirawati, M. K. (2018). Pengaruh Terapi Murrotal terhadap Penurunan Tingkat Nyeri dan Kecemasan Saat Perawatan Luka Pasien Ulkus DM di RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang. Indonesian Journal of Nursing Research (IJNR), 1(2).

Sari, D. R., & Asiva, Z. (2019). Pengaruh Murottal Alquran Surat Al-Fatihah untuk Menurunkan Tingkat Insomnia pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Islam, 6(2), 23-36.

Satyaningtyas, R. W., & Hidayah, N. Pengaruh Terapi Murottal terhadap Kualitas Tidur Lansia Insomnia. Journal of Applied Nursing (Jurnal Keperawatan Terapan), 8, 34-46.

Selinandani, D. (2019). Pengaruh Terapi Audio Murottal Surah Ar-Rahman terhadap Kualitas Tidur Usia Lanjut di Dusun Kwarasan Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Doctoral Dissertation. Universitas' Aisyiyah Yogyakarta.

Subandi, M. A. (2010). Konsep Psikologi Islam Dalam Sastra Sufi. Millah: Jurnal Studi Agama: 143-159.

Susanti, L. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Insomnia di Poliklinik Saraf RS Dr. M. Djamil Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.