Literature review: Efektivitas konseling kelompok teknik adventure based counseling untuk meningkatkan hardiness academic siswa

Yuliyanti Indriani Rahayu, Aprilia Setyowati

Abstract


Kemampuan siswa untuk mengatasi tantangan akademik juga dikenal sebagai ketahanan akademik. Ketahanan adalah sifat kepribadian yang dapat menahan stres atau tekanan. Ketahanan itu sendiri terdiri dari kombinasi kualitas manusia yang membuat seseorang menjadi tangguh bahkan dalam situasi yang sulit. Dalam tantangan akademik yang dihadapi siswa pada umumnya masih ingin bermain dari pada melakukan kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan metode Adventure Based Counseling (ABC) untuk meningkatkan stabilitas akademik siswa. Penelitian ini menggunakan metode literature review, ada literature review yang menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan metode observasi atau observasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan metode kualitatif-eksperimental atau observasional. Desain eksperimen yang digunakan adalah randomized pretest posttest control group design. Hasil dan kesimpulan yang dapat dilihat dari penelitian buku ini adalah peningkatan akademik siswa, yang dapat dilakukan dengan menggunakan layanan konseling kelompok dan konseling menggunakan metode ABC atau konseling berbasis perjalanan.


Full Text:

PDF

References


Abror, M. A. (2019). Hubungan Hardines dan Prokrastinasi Akademik Penyusunan Skripsi dengan Variabel Jenis Kelamin sebagai Moderator pada Mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Barida, M., & Muarifah, A. (2019). Perbedaan Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menyelenggarakan Konseling Individual Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Bekerja. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(1), 22–29.

Barida, M., & Widyastuti, D. A. (2020, November). Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menyelenggarakan Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2, No. 1, pp. 851-858).

Barida, M., Prasetiawan, H., Sutarno, Muarifah, A.(2019). The Development of Self Management Technique for Improving Students’ Moral Intelligence. International Journal of Educational Research Review, 4(4), 660-669.

Corey, G. (2013a). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Corey, G. (2013b). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy 5th Ed. https://doi.org/10.1016/00223999(94)90123-6

Dunn, D. S., Beard, B. M., & Fisher, D. J. (2011). On Happiness: Introducing Students to Positive Psychology. Promoting Student Engagement, 2, 207–216.

Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167-178.

Hanggara, G. S. (2016, September). Adventure Based Counseling (ABC) SEBAGAI Teknik Inovatif untuk Membangun Pengalaman Siswa yang Penuh Makna. In Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (P. 114)

Muhammad, F. (2019). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Group Exercise untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Bandung, Jawa Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Doctoral Dissertation. Universitas Pendidikan Indonesia.

Muhammad, F. (2022). Gambaran Karakteristik Academic Hardiness Siswa Suku Jawa dan Tionghoa di Kota Medan. Jurnal Suloh, 7(2), 62-70.

Nurrahmah, L. A. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Realitas dengan Teknik WDEP untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa Kelas X Farmasi di SMK Isfi Banjarmasin.

Prasetya, A. L., Merida, S. C., & Novianti, R. (2022). Hardiness dan Stres Akademik Mahasiswa selama Pembelajaran Jarak Jauh. Journal of Psychology Students, 1(1), 11-24.

Ramadhan, M. A. (2022). Pengaruh IPTEK terhadap Pendidikan di Dunia Pendidikan.

Setyowati, A., Suardiman, S. P., & Fauziah, M. (2019). Keefektifan Program Adventure Based Counseling untuk Meningkatkan Kebahagiaan Mahasiswa. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(2), 69-74.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.