Keefektivan teknik cognitive restructuring dalam layanan konseling kelompok untuk mereduksi test anxiety disorder pada peserta didik kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Majalengka

Fitra Fajar Rostiawan, Hardi Prasetiawan

Abstract


Kepemimpinan dan bimbingan memegang peranan penting dalam perkembangan siswa di lingkungan sekolah. Guru pembimbing dapat memberikan banyak layanan kepada siswa sesuai dengan kebutuhan siswa dan menggunakan metode yang sesuai dengan kepribadian siswa. Dalam penelitian ini, peneliti membahas masalah pengurangan kecemasan tes melalui teknik restrukturisasi kognitif. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik restrukturisasi kognitif dalam layanan konseling kelompok efektif  dalam  menurunkan  kecemasan  menghadapi  ujian  pada  siswa  SMA  Negeri  1 Majalengka.

Penelitian kuantitatif dipilih dan digunakan sebagai metode penelitian yang banyak menggunakan data berupa angka. Kemudian, penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan pre-test and post-test group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Majalengka tahun ajaran 2023/2024. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Majalengka yang berjumlah tidak kurang dari 7 (tujuh) orang dari total 34 siswa. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan teknik sampling yang tepat. Kemudian teknik analisis data yang dipilih adalah paired uji t-test.

Hasil yang diinginkan oleh peneliti adalah teknik cognitive restructuring dalam layanan konseling kelompok dapat mereduksi test anxiety disorder pada peserta didik kelas XII IPS 1 SMAN 1 Majalengka yang dijadikan sebagai sampel. Sehingga jika memang sudah terbukti dan data menuntukkan bahwa teknik cognitive restructuring dalam layanan konseling kelompok efektif untuk mereduksi test anxiety disorder, maka kedepannya dapat dijadikan panduan oleh konselor lain dan menjadikan teknik tersebut sebagai salah satu cara dalam menangani masalah test anxiety disorder.


Full Text:

PDF

References


Aryani Safithry Esty. (2022). Efektifitas Cognitive Behavior Theraphy untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Menghadapi Ujian Pada Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 8, No 1, pp 35-44

Hayyu Erfantinni Imroatul, Purwanto Edy, dan Muhammad Japar. (2016). Konseling Kelompok Cognitive-Behavior Therapy dengan Teknik Cognitive Restructuring untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 5, No 2, pp 119-125.

Herdayanti. (2021). Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring untuk Mengurangi Kecemasan Akademik pada Siswa Kelas XI MIA Di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Vol 4, No 3, pp 223-234.

Lismawati Tety, Prasetiawan Hardy. (2022). Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring untuk Mereduksi Kecemasan Belajar Siswa Kelas IX SMP N 3 Sewon. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan. Tersedia di http://seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/12354 (diakses pada 15 Juli 2023).

Maretta Ireel A, Elita Yessy, dan Arsyadani Mishbahuddin. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa Kelas VII SMP N 22 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. Vol 1, No 2, pp 2-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.