Optimalisasi layanan bimbingan kelompok untuk mencegah nomophobia pada siswa

Ummu Zahra Habibah, Siti Muyana

Abstract


Memperhitungkan tingginya tingkat penggunaan ponsel serta internet, dalam hal ini nomophobia merupakan kondisi psikologis modern bagi mereka yang menunjukkan ketakutan tanpa adanya ponsel dan internet. Di kalangan siswa misalnya, tidak sedikit dari mereka mengalami gangguan nomophobia. Dampak dari penggunaan smartphone yang melebihi batas wajar berpotensi membawa hal negatif bagi tumbuh kembang siswa, seperti contoh menunda mengerjakan tugas sekolah dan belajar, hubungan sosial yang tidak terbangun dengan baik, menurunkan fokus belajar, dan banyak lagi dampak buruk lainnya. Dengan persoalan yang mulai mengikis ranah pendidikan ini, peran konselor sebagai ahli yang bertanggungjawab moral untuk menangani hal tersebut dapat memanfaatkan strategi dan pendekatan yang efektif dalam bimbingan dan konseling.  Penelitian ini merupakan studi literatur dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan kajian kepustakaan (library research) yang berusaha menggambarkan peran bimbingan kelompok dalam mencegah nomophobia pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan layanan bimbingan kelompok untuk mencegah nomophobia pada siswa melalui berbagai artikel, jurnal dan dokumen-dokumen yang relevan dengan kajian dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Argarini, V., Gani, S., & Putri, R. M. (2019). Pelngaruh BLimblingan Kellompok delngan Telknik Sosiodrama dalam Melngurangi Kelcelmasan BLelrblicara di Delpan Kellas pada Siswa Kellas VII Di SMP Nelgelri 10 Palelmblang. JLurnal Konselling Komprelhelnsifl: Kajlian Telori dan Praktik BLimblingan dan Konselling, 6(1), 1-10. https://eljlournal.unsri.ac.id/indelx.php/jlkonselling/articlel/vielw/8497

Asih, A. T., & FLauziah, N. (2017). Hublungan Antara Kontrol Diri delngan Kelcelmasan Jlauh dari Smartphonel (Nomophoblia) pada Mahasiswa Jlurusan Ilmu Komunikasi Flakultas Ilmu Sosial dan Politik Univelrsitas Diponelgoro Selmarang. JLurnal Elmpati, 6(2), 15-20. https://eljlournal3.undip.ac.id/indelx.php/elmpati/articlel/vielw/19725

BLychkov, D., & Young, S. D. (2018). FLacing Up to Nomophoblia: A Systelmatic Relvielw ofl Moblilel Phonel Apps that Relducel Smartphonel Usagel. BLig Data in Elnginelelring Applications, 161-171. https://link.springelr.com/chaptelr/10.1007/978-981-10-8476-8_8

Cira Putri, (2019). Modul Proseldur Kellompok Dalam Konselling. Meldan.

Dongrel, A. S., Inamdar, I. FL., & Gattani, P. L. (2017). Nomophoblia: A study to Elvaluatel Moblilel Phonel Delpelndelncel and Impact ofl Celll Phonel On Helalth. National JLournal ofl Community Meldicinel, 8(11), 688-693. http://njlcmindia.com/indelx.php/flilel/articlel/vielw/1650

ELdmawati, M. D. (2022). Studi Litelratur: Blimblingan Kellompok Telknik Diskusi Blelrblasis Telknologi Inflormasi dalam Melningkatkan Motivasi Blellajlar Siswa. Shinel: Jlurnal Blimblingan dan Konselling, 2(2), 95-112. https://www.el-jlurnal.stkippgrisumelnelp.ac.id/indelx.php/SHINEL/articlel/vielw/200

FLitri, H. U., Putra, BL. JL., Anggraini, C. L., & Marianti, L. (2022). Implelmelntasi BLimblingan Kellompok BLelrblantuan Meldia Videlo untuk Melngurangi Kelcelmasan Melnarchel Relmajla. BLulleltin ofl Counselling and Psychothelrapy, 4(2), 403-408. https://jlournal.kurasinstitutel.com/indelx.php/blocp/articlel/vielw/304

Hartanti, JL. (2022). BLimblingan kellompok. https://relpository.unipasbly.ac.id/id/elprint/3932/1/BLIMBLINGAN%20KELLOMPOK%20Dr.%20JLAHJLU%20HARTANTI,%20M.%20Psi.%20.pdfl

Helrmawan, H., Komalasari, G., & Hanim, W. (2019). Stratelgi Layanan Blimblingan dan Konselling untuk Melningkatkan Harga Diri Siswa: Selbluah Studi Pustaka. JLBLKI (JLurnal BLimblingan Konselling Indonelsia), 4(2), 65. https://pdfls.selmanticscholar.org/72d4/2el2907618c8a1c1da239316c9d209042el4fla.pdfl

Hidayat, K., & Widigdo, R. JL. (2018). BLimblingan Kellompok delngan Telknik Rolel Playing untuk Melngurangi Kelcelmasan Siswa SMK Melnghadapi Wawancara Kelrjla. JLurnal Konselling Komprelhelnsifl: Kajlian Telori dan Praktik BLimblingan dan Konselling, 5(1), 26-30. https://eljlournal.unsri.ac.id/indelx.php/jlkonselling/articlel/vielw/8106

JLumaroh, JL. (2023). Relsiko Nomophoblia pada Siswa SMP Pasca Satu Tahun Pelmblellajlaran Daring. Elducational Jlournal: Gelnelral and Spelciflic Relselarch, 3(1), 173-182. https://adisampubllishelr.org/indelx.php/eldu/articlel/vielw/286

Lailatussa, D. (2019). Kelcelndelrungan Nomophoblia pada Relmajla SMP di Selmarang Telngah. Skripsi. FLakultas Ilmu Pelndidikan. Univelrsitas Nelgelri Selmarang. Psikologi. Selmarang.

Lioni T, Dkk. 2018. Pelngaruh Pelnggunaan Gadgelt pada Pelselrta Didik telrhadap Intelraksi Sosial. Lampung. JLurnal

Mawaridz, A. D., & Rosita, T. (2019). BLimblingan Kellompok untuk Siswa SMP yang Melmiliki Minat BLellajlar Relndah. FLokus (Kajlian BLimblingan & Konselling dalam Pelndidikan), 2(4), 158-170. http://www.jlournal.ikipsiliwangi.ac.id/indelx.php/flokus/articlel/vielw/4664

Muyana, S., & Widyastuti, D. A. (2017). Nomophoblia (no-moblilel phonel phoblia) pelnyakit relmajla masa kini. In Selminar Nasional BLimblingan Konselling Univelrsitas Ahmad Dahlan (Vol. 2). http://selminar.uad.ac.id/indelx.php/snblkuad/articlel/vielw/84

Noorisa, G., & Hariyono, D. S. (2022). Kontrol Diri telrhadap Nomophoblia pada Relmajla. JLurnal BLimblingan dan Konselling Pandohop, 2(2), 30-37. https://el-jlournal.upr.ac.id/indelx.php/pdhp/articlel/vielw/5243

Nursalim, M. (2020). Thel ELflflelctivelnelss ofl a Systelmatic Delselnsitization Stratelgy on Relduction ofl Nomophoblia. In Intelrnational JLoint Conflelrelncel on Arts and Humanitiels (IJLCAH 2020) (pp. 1252-1256). Atlantis Prelss. https://www.atlantis-prelss.com/proceleldings/ijlcah-20/125947424

Nursalim, M. Pelnelrapan Stratelgi Delselnsitisasi Sistelmatis untuk Melngurangi No Moblilel Phonel Phoblia (Nomophoblia) di SMKN 1 Driyoreljlo ELstiningsih. https://corel.ac.uk/download/pdfl/322567980.pdfl

Pasongli, A., Ratag, BL. T., & Kalelsaran, A. FL. (2020). FLaktor-flaktor yang Blelrhublungan delngan Nomophoblia pada Mahasiswa Flakultas Kelselhatan Masyarakat Univelrsitas SAM Ratulangi. KELSMAS: JLurnal Kelselhatan Masyarakat Univelrsitas Sam Ratulangi, 9(6). https://eljlournal.unsrat.ac.id/v3/indelx.php/kelsmas/articlel/vielw/30937

Pelrmatasari, I., Yusmansyah, Y., & Widiastuti, R. (2019). Pelnggunaan BLimblingan Kellompok Telknik Sellfl-Managelmelnt untuk Melnurunkan Kelcelndelrungan Nomophoblia Siswa SMA. ALIBLKIN (JLurnal BLimblingan Konselling), 7(5). http://jlurnal.flkip.unila.ac.id/indelx.php/ALIBL/articlel/vielwFLilel/19915/14121

Pranoto, H. (2017). Layanan Blimblingan Kellompok dalam Melngurangi Kelcelmasan Pelselrta Didik Melnghadapi Ujlian atau Tels. In Prosiding Selminar Nasional Pelndidikan (pp. 89-95). https://relpository.ummeltro.ac.id/flilels/artikell/475a3da390cd5fl2fl6829839499dflelel34.pdfl

Purwati, S., & Tajlri, I. (2012). Modell Blimblingan Kellompok delngan Telknik Flun Gamel untuk Melngurangi Kelcelmasan Blelrblicara Didelpan Kellas. JLurnal BLimblingan Konselling, 1(2). https://jlournal.unnels.ac.id/sjlu/indelx.php/jlublk/articlel/vielw/684

Rahayuningrum, D. C., & Sary, A. N. (2019). Studi Tingkat Kelcelmasan Relmajla telrhadap No-Moblilel Phonel (Nomophoblia) di SMA Nelgelri Kota Padang. ELnsiklopeldia ofl JLournal, 1(2). https://jlurnal.elnsiklopeldiaku.org/ojls-2.4.8-3/indelx.php/elnsiklopeldia/articlel/vielw/25

Sari, I. (2019). Layanan Blimblingan Kellompok untuk Pelncelgahan Paham Radikalismel di Pelrguruan Tinggi Islam. JLurnal Kajlian Kelagamaan dan Kelmasyarakatan, 3(02), 122. https://corel.ac.uk/download/pdfl/267902974.pdfl

Sartika, D., Hartanto, D., & FLauziah, M. (2022). Upaya Melngurangi Nomophoblia Mellalui Konselling Kellompok delngan Pelndelkatan Rational ELmotifl BLelhaviour Thelrapy (RELBLT) Telknik Sellfl-Managelmelnt. JLCOSEL JLurnal BLimblingan dan Konselling, 4(2), 77-86. http://jlkp.upstelgal.ac.id/indelx.php/jlkpancaksakti/articlel/vielw/97

Sirelgar, D. (2015). Kontriblusi Pelmblelrian Layanan BLimblingan Kellompok untuk Melningkatkan Keldisiplinan Siswa Kellas VIII SMP Labloratorium Hamzanwadi Pancor (Studi Pelrselpsi Siswa Kellas VIII SMP Labloratorium Hamzanwadi Pancor). ELducatio, 10(1), 147-159. http://el-jlournal.hamzanwadi.ac.id/indelx.php/eldc/articlel/vielw/97

Widyastuti, D. A., & Muyana, S. (2018). Potrelt Nomophoblia (No Moblilel Phonel Phoblia) di Kalangan Relmajla. JLurnal FLokus Konselling, 4(1), 62-71. https://eljlournal.umpri.ac.id/indelx.php/flokus/articlel/vielw/513

Yildirim, C. (2014). ELxploring thel Dimelnsions ofl Nomophoblia: Delvelloping and Validating A Quelstionnairel Using Mixeld Melthods Relselarch. Doctoral Disselrtation. Iowa Statel Univelrsity. https://selarch.proquelst.com/opelnvielw/fl2a3cfldc89196172bl31bl1bl6el140a6el32/1?pq-origsitel=gscholar&cbll=18750

Yuniarti, A., FLatimah, S., & Irmayanti, R. (2022). Blimblingan Kellompok delngan Telknik Sellfl-Managelmelnt untuk Melngatasi Kelcelmasan Siswa MTS telrhadap Kelgiatan El-Lelarning. FLOKUS (Kajlian BLimblingan & Konselling dalam Pelndidikan), 5(3), 227-236. http://www.jlournal.ikipsiliwangi.ac.id/indelx.php/flokus/articlel/vielw/8706


Refbacks

  • There are currently no refbacks.