Strategi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self compassion siswa di sekolah menengah pertama

Ratna Hidayati Khasanah, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran dan strategi alternatif layanan konseling kelompok untuk meningkatkan rasa kasih sayang pada siswa sekolah menengah di Yogyakarta. Self-compassion memiliki kelebihan yaitu kadang-kadang dianggap bahwa self-compassion itu mudah bagi diri kita sendiri, namun untuk mengurangi penderitaan seringkali kita harus bekerja keras atau mengambil langkah-langkah positif untuk melindungi diri kita sendiri. Instruksi kelompok dapat digunakan sebagai strategi untuk mengembangkan nada welas asih bagi siswa sehingga rasa welas asih dan harga diri dapat tercapai secara optimal. Melalui instruksi kelompok, siswa dapat memahami self-compassion dan mengembangkan self-understanding. Menstimulasi rasa kasih sayang terhadap lingkungannya melalui tulisan yang terus menerus diasah dan dipraktikkan bersama orang lain, yang dapat menunjukkan bahwa mereka dapat saling melengkapi, bahwa ada kekurangan dan kelebihan dalam saling melengkapi perilaku dalam hidup. Aspek welas asih adalah bahwa melalui instruksi kelompok, siswa memperoleh kebajikan, kemanusiaan umum (komune atau taman), dan kehendak (kesadaran). Selain usia, nada welas asih dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain jenis kelamin, kepribadian, latar belakang keluarga, lingkungan, dan budaya. Program welas asih yang penuh perhatian mengajarkan berbagai meditasi (misalnya, cinta kasih, pernapasan penuh kasih) dan praktik informal untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari (misalnya, sentuhan ringan, menulis surat cinta). Oleh karena itu, alternatif seperti teknik diskusi kelompok, bermain pura-pura, pekerjaan rumah, peta pikiran, dan drama sosial diperlukan untuk membantu bimbingan kelompok dalam mengembangkan kasih sayang siswa. Bagi praktisi bimbingan dan konseling untuk memberikan layanan konseling kelompok yang inovatif dan inovatif, tergantung pada teknik yang digunakan, tingkat self-compassion yang lebih tinggi berkorelasi dengan tingkat depresi dan kecemasan rendah.


Full Text:

PDF

References


Astuti, A. D. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Pemberian Tugas terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Galur Tahun Pelajaran 2018/2019. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2).

Bakker, A. M., Cox, D. W., Hubley, A. M., & Owens, R. L. (2019). Emotion Regulation as A Mediator of Self-Compassion and Depressive Symptoms in Recurrent Depression. Mindfulness, 10, 1169-1180.

Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan DAN Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2).

Bhakti, C. P. (2017). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah di Kabupaten Gunungkidul. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(2), 100-104. (t.t.).

Caraka, P. B., & Nindiya, E. S. (2015). Implementasi Permendikbud RI Nomor 111 Tahun 2014 dalam Pengembangan Layanan BK di Sekolah Menengah. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (pp. 55-61).

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications.

Damayanti, I. (2021). Peran Guru BK dalam Memberikan Layanan Informasi untuk Meningkatakan Kepercayaan diri Siswa Selama Pandemi Covid-19 di MTsN 2 Deli Serdang. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Dreisoerner, A., Junker, N. M., & Van Dick, R. (2021). The Relationship among The Components of Self-Compassion: A Pilot Study Using A Compassionate Writing Intervention to Enhance Self-Kindness, Common Humanity, and Mindfulness. Journal of Happiness Studies, 22, 21-47.

Fan, Q., Li, Y., Gao, Y., Nazari, N., & Griffiths, M. D. (2022). Self-compassion Moderates The Association between Body Dissatisfaction and Suicidal Ideation in Adolescents: A Cross-Sectional Study. International journal of mental health and addiction, 1-18.

Germer, C. K., & Neff, K. D. (2013). Self‐Compassion in Clinical Practice. Journal Of Clinical Psychology, 69(8), 856-867.

Germer, C., & Neff, K. (2019). Mindful Self-Compassion (MSC). Handbook of Mindfulness-Based Programmes: Routledge, 357-67.

Ghofur, A., & Anas, A. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Mind Mapping Terhadap Perencanaan Karir Mahasantri Angkatan XI Ibnu Katsir 1 Jember. PANDALUNGAN: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikultural, 1(2), 30-37.

Henny, S. M., & Yendi, F. M. (2021). Self-Compassion of Adolescent Based of Gender. Journal of Health, Nursing and Society, 1(2), 38-43.

Krejčová, K., Rymešová, P., & Chýlová, H. (2023). Self-Compassion As a Newly Observed Dimension of the Student’s Personality. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 16(2), 140-148.

Lathren, C. R., Rao, S. S., Park, J., & Bluth, K. (2021). Self-compassion and Current Close Interpersonal Relationships: A Scoping Literature Review. Mindfulness, 12, 1078-1093.

Li, Y., Deng, J., Lou, X., Wang, H., & Wang, Y. (2020). A Daily Diary Study of the Relationships among Daily Self‐Compassion, Perceived Stress and Health‐Promoting Behaviours. International Journal of Psychology, 55(3), 364-372.

Mey, L. K., Wenzel, M., Morello, K., Rowland, Z., Kubiak, T., & Tüscher, O. (2023). Be Kind to Yourself: The Implications of Momentary Self-Compassion for Affective Dynamics and Well-Being in Daily Life. Mindfulness, 14(3), 622-636.

Muris, P., & Otgaar, H. (2020). The Process of Science: A Critical Evaluation of More Than 15 Years of Research on Self-Compassion with the Self-Compassion Scale. Mindfulness, 11, 1469-1482.

Neff, K. (2021). Fierce Self-Compassion: How Women Can Harness Kindness to Speak Up, Claim Their Power, and Thrive. Penguin UK.

Neff, K. D. (2016). The Self-Compassion Scale is a valid and Theoretically Coherent Measure of Self-Compassion. Mindfulness, 7, 264-274.

Neff, K. D., & Seppälä, E. (2016). Compassion, Well-Being, and the Hypo-Egoic Self. The Oxford handbook of hypo-egoic phenomena, 189-203.

Neff, K. D., Tóth-Király, I., Knox, M. C., Kuchar, A., & Davidson, O. (2021). The Development and Validation of the State Self-Compassion Scale (Long- and Short Form). Mindfulness, 12(1), 121–140.

Ramadani, A. I. S., Alam, F. A., & Rauf, W. (2022). Implementasi Bimbingan Kelompok dalam Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(1), 1-12.

Safitri, E. D. N., Hendriana, H., & Siddik, R. R. (2022). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA Kelas XI Pada Masa Pandemi Covid-19. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 5(1), 9-18.

Ullya, N., Putra, D. P., Kamal, M., & Yusri, F. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama terhadap Kemampuan Hubungan Interpersonal di Panti Asuhan Al-Ghasyiyah Bathin Solapan Duri Riau. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 99-112.

Wahyuni, E., & Arsita, T. (2019). Gambaran Self-Compassion Siswa di SMA Negeri se-Jakarta Pusat. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 8(2), 125-135.

Zulvani, E., Fitriana, S., & Widiharto, A. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulation Games terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Man 1 Pati. Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 233-244.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.