Menakar kembali pendidikan madrasah di era society 5.0: Tantangan & peluangnya di Indonesia

Arif Rahman, Rosyada Ayu Fatimah

Abstract


Pendidikan madrasah di Indonesia menghadapi tantangan dalam memasuki era Society 5.0 yang menuntut pemanfaatan teknologi dan inovasi dalam semua aspek kehidupan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan kembali (reformasi) proses pembelajaran di madrasah agar lebih relevan dan mampu memenuhi kebutuhan zaman. Pengembangan pendidikan madrasah di era society 5.0 ini akan menargetkan kepada pengembangan skill teknologi seperti mind mapping, desain grafis dan lainnya. Dalam proyeksi ini akan terfokus kepada beberapa komponen seperti kurikulum, perangkat pembelajaran, pembelajaran kontekstual, membangun critical thinking, dan penguatan literasi digital. Selain itu, pendidikan madrasah juga harus siap menghadapi tantangan yang ada pada era society 5.0. Tantangan pendidikan madrasah di era society 5.0 diantaranya tantangan tekhnologi, kurikulum, sumber daya manusia, serta tantangan mentalitas.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Farid, S Kom, M Kom, and Hamidulloh Ibda. (2021). Desain Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Daring di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Qahar Publisher.

Bungawati, Bungawati. (2022). Peluang dan Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan, 31(3): 381–88.

Kurniawan, A., Sari, M.N., Sianipar, D., Hutapea, B., Supriyadi, A., Rahman, A., Akbar, M.A. and Purba, S., 2023. Manajemen Kelas. Global Eksekutif Teknologi.

Maya, N. S., Arif Rahman, and Sayid Habiburrahman. (2022). Madrasah Leadership in the Post COVID-19 Era: Lesson Learn From Crisis in Indonesia. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(2): 193-198.

Parwati, Ni Putu Yuniarika, and I Nyoman Bayu Pramartha. (2021). Strategi Guru Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1): 143–58.

Putra, Pristian Hadi. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02): 99–110.

Rahayu, Komang Novita Sri. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia di Era Society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1): 87–100.

Rahman, A. (Ed.). (2019). Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Komojoyo Press.

Rahman, Arif. "Islamic Education in The Era of Technological Wave: A Case in Indonesia Today." In Proceeding of International Conference on Islamic Education, pp. 127-134. 2016.

Rahman, Arif. (2023).Education Policy in a Post-Pandemic: Recovery and Strengthening of Learning in Indonesia. Journal of Public Administration and Local Governance, 7(1): 43-49.

Sabri, Indar. (2019 ). Peran Pendidikan Seni di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2:342–47.

Tahar, Achmad, Pompong B Setiadi, and Sri Rahayu. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2): 12380–94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.