Literature review: Urgensi konseling kelompok teknik self control dalam mereduksi perilaku agresif pada remaja

Salsa Faranandita, Muya Barida

Abstract


Fase remaja adalah fase pergantian dari anak-anak menuju dewasa, pada masa ini kenakalan remaja sangat marak terjadi seperti perilaku agresif. Pada dasarnya agresivitas pada remaja dapat terjadi karena tidak berhasilnya remaja untuk mengontrol dirinya sendiri. Pada tanggal 10 Februari 2020 Tim KPAI mengatakan bahwa dalam sembilan tahun, yaitu dari tahun 2011-2019 perilaku agresif meningkat cukup tinggi yaitu ada 2.473 kasus agresivitas remaja yaitu bullying di dunia pendidikan dan dunia maya. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui urgensi konseling kelompok teknik self control dalam mereduksi perilaku agresif pada remaja. Penelitian ini menggunakan literature review dengan menganalisis dan meringkas hasil penelitian utama untuk memperlihatkan hasil yang lebih jelas dan lengkap. Jurnal yang diperoleh diambil dari Google Scholar dengan kata kunci yang digunakan adalah “Perilaku Agresif”. Jurnal yang digunakan adalah yang terbit pada tahun 2015-2022. Hasil pembahasan dalam artikel menyatakan bahwa layanan konseling kelompok teknik self control efektif untuk mereduksi perilaku agresif.


Full Text:

PDF

References


Ad, Y., & Megalia, M. (2017). Pengaruh Konseling Cognitif Behavior Therapy (CBT) dengan Teknik Self Control untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(2), 133–146. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.561

Alhadi, S., Purwadi, P., Muyana, S., Saputra, W. N. E., & Supriyanto, A. (2018). Agresivitas Siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 93. https://doi.org/10.26638/jfk.507.2099

Cakrawedana, F., Palandeng, H., & Karundeng, M. (2016). Hubungan Persepsi Perawat dengan Tindakan Asertif pada Klien Perilaku Agresif di Rumah Sakit Jiwa Prof Dr. V. L. Ratumbuysang Manado.

Dalimunthe, R. Z., Nurmala, M. D., & Anggraini, A. (n.d.). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Self- Management terhadap Perilaku Agresif Siswa.

Diogo, M. G. N., Lasan, B. B., & Hambali, I. (2021). Pengembangan Panduan Pelatihan Teknik Self Control untuk Mereduksi Perilaku Agresif Fisik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(11), 1768. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i11.15140

Khaira, W. (n.d.). Kemunculan Perilaku Agresif pada Usia Remaja.

Maisaroh, D., Dharmayana, I. W., & Afriyati, V. (n.d.). Pengaruh Latihan Self Control Melalui Konseling Kelompok terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa.

Sa’diyah, H., Chotim, M., & Triningtyas, D. A. (2017). Penerapan Teknik Self Management untuk Mereduksi Agresifitas Remaja. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 67. https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i2.1018

Sari, S. P., Indasari, M., & Surtiyoni, E. (2020). Konseling Kelompok Singkat Berorientasi Solusi Menggunakan Media Boneka untuk Mengurangi Agresivitas Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 147. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i2.7569

Sintia, D., Arlizon, R., & Mardes, S. (2019). The Effect Of Self Control Techniques To Overcome The Aggressive Behavior Of Students Through Group Guidance At SMP Negeri 9 Pekanbaru. 6.

Siregar, R. R. (2020). Self-Control Sebagai Prediktor terhadap Perilaku Agresif pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psyche, 14(2), 93–102. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v14i2.1160

Tazkiyah, N., & Silaen, S. M. J. (2020). Hubungan Kecemasan dan Kecerdasan Emosional dengan Kecenderungan Perilaku Agresivitas Anak Jalanan di Sekolah Master Indonesia Depok. 4(1).

Yanizon, A., & Sesriani, V. (2019). Penyebab Munculnya Perilaku Agresif pada Remaja. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 6(1). https://doi.org/10.33373/kop.v6i1.1915

Zahri, H., & Savira, I. (2017). Pengaruh Self-Control terhadap Agresivitas Remaja pada Pelajar SMP dan SMU di Sekolah Perguruan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.