Strategi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kesiapan belajar siswa di sekolah menengah kejuruan

Salwa Feby Annisa, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Dalam rangka meningkatkan kesiapan belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), penelitian ini bertujuan untuk menyajikan gambaran dan model layanan kelompok alternatif. Kesiapan belajar perlu ditingkatkan, dimaksimalkan, dan selalu dijadikan program sekolah guna menumbuhkan semangat semangat belajar yang dimiliki oleh masing-masing. Kesiapan belajar adalah komponen kematangan yang paling krusial untuk bekal masa depan nanti. Oleh karena itu, penting bagi sekolah untuk memiliki siswa yang siap belajar. Ini terutama berlaku untuk siswa di sekolah kejuruan. Kesiapan belajar siswa SMK perlu sangat ditingkatkan agar siswa tersebut lebih siap dan tanggap dalam menentukan jenjang untuk kedepannya di masa mendatang.


Full Text:

PDF

References


Alwiyah, D., & Imaniyati, N. (2018). Keterampilan Mengajar Guru dan Kesiapan Belajar Siswa sebagai Determinan terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Manajerial, 17(1), 95-103.

Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur Review; Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12-12.

Elfira, N. (2013). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Konselor, 2(1)

Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok

Kumalasari, D., & Akmal, S. Z. (2020). Resiliensi Akademik dan Kepuasan Belajar Daring di Masa Pandemi COVID-19: Peran Mediasi Kesiapan Belajar Daring. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 353-368.

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2(1).

Putri, (2011). Hubungan Kecerdasan Emosi dan Kesiapan Belajar pada Mata Kuliah Askeb Ibu 1 Mahasiswa semester II di Akbid Mitra Husada Karanganyar. Tesis. Surakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret 2011.

Setiawan, A., Sawitri, D., & Suswati, E. (2019). Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar terhadap Kesiapan Belajar Dimediasi oleh Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 6(2), 94-113.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.