Layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan self control siswa SMP Negeri 4 Yogyakarta

Shafa Audrey Uwais

Abstract


Anak muda merupakan usia di mana individu terintegrasi ke dalam warga berusia sesuatu umur di mana anak tidak merasa kalau dirinya terletak di dasar tingkatan orang yang lebih tua melainkan merasa sama,  ataupun  sangat tidak sejajar. Masa anak muda di mana  orang  masih  dalam  pencarian  jati  diri  serta  belajar  untuk  mengendalikan dirinya sendiri (self control) dan sikap. Riset ini bertujuan buat mengenali tahap-tahap ataupun proses serta tata cara yang dicoba guru BK dalam melaksanakan layanan tutorial klasikal buat meningkatka self control siswa SMP Negeri 4 Yogyakarta. Riset ini ialah riset lapangan dengan pendekatan tata cara kualitatif. Subjek riset ini merupakan koordinator BK, siswa. Sebaliknya rumusan permasalahan dalam riset ini merupakan sesi sesi ataupun proses serta tata cara layanan tutorial klasikal dalam meningkatkan self control siswa SMP Negeri 4 Yogyakarta.  Pengumpulan informasi dengan memakai observasi, wawancara, serta dokumentasi. Ada pula analisis informasi yang digunakan dalam riset ini merupakan deskriptif kualitatif di mana informasi yang sudah terkumpul disusun serta diklasifikasikan sehingga bisa menanggapi dari rumusan permasalahan Hasil riset menampilkan kalau ada 4 tahap-tahap serta 2 tata cara layanan tutorial klasikal. 4 tahap-tahap layanan tutorial klasikal merupakan perencanaan aktivitas pengorganisasian, penerapan tindak lanjut. Sebaliknya tata cara layanan tutorial klsikal merupakan pelajaran tutorial serta ceramah tutorial Sebagian tahap-tahap serta tata cara tersebut digunakan oleh guru BK buat meningkatkan self control siswa.


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an. (2000). Semua terjemah ayat Al-Qur’an di skripsi ini diambil dari Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Lautan Lestari.

Arikunto, Suharsini. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Desmita. (2013). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

F, Chalhoun James dan Acocella Joan Ross. (1994). Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawita. (2014). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaandan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Mardalis. (2004). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Prayitno & Erman Amti. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Santrock, John W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sudijono, Anas. (1996). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres.

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.

Syaudih Sukmadinata, Nana. (2004). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.