Layanan informasi sebagai tindakan preventif terhadap perilaku celebrity worship bagi siswa SMK Negeri 1 Godean

Sri Wahyuni, Nararya Rahadyan B., Tati Indriani

Abstract


Remaja menjadi segmentasi tertinggi dalam penggunaan sosial media yang memungkinkan akses informasi secara cepat, komperhensif dan mendalam terhadap hal yang diminati. Bentuk fanatisme remaja terhadap public figure dapat berdampak negatif dan berpotensi mengarah pada perilaku celebrity worship. Sikap siswa (remaja) di SMKN 1 Godean terhadap public figure yang disukai berpotensi mengarah pada perilaku celebrity worship. Dibuktikan melalui survei awal yang menunjukkan 47,2% responden mengaku larut dalam kehidupan selebriti yang diidolakan, dan 40,9% responden mengaku reaktif saat melihat idola (langsung atau melalui media). Penelitian ini berfokus pada tingkat perilaku Celebrity Worship. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-XI yang masuk kedalam kategori borderline pathological / kategori tinggi di tahapan celebrity worship. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi sebagai tindakan preventif terhadap perilaku celebrity worship serta, untuk mengetahui tindakan preventif perilaku celebrity worship di SMKN 1 Godean. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan teknik one shot case study, yang mana desain ini tidak memiliki kelompok kontrol dan hanya memberikan satu kali treatment lalu diberikan posttest pada anggota kelompok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X-XI SMKN 1 Godean tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitiannya adalah 4 siswa SMKN 1 Godean yang masuk kedalam kategori borderline pathological atau tahap tertinggi dari celebrity worship. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner celebrity attitude scale dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ada uji t-test. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh layanan informasi sebagai tindakan preventif terhadap perilaku celebrity worship. Hal ini dari hasil analisa uji t-test, yakni diperoleh nilai thitung = 3,7045 > t tabel = 3,182 yang berarti Ho ditolak, dan Ha diterima. Hasil penelitian selanjutnya yaitu tindakan preventif terhadap perilaku celebrity worship berupa pemberian advice dan pendampingan pada siswa. Saran bagi penelitian lanjutan adalah mengembangkan media berbantuan teknologi digital sebagai upaya preventif dari perilaku celebrity worship.


Full Text:

PDF

References


Adhi004. (2022). Pemerintah Dorong Optimalisasi Pertumbuhan Industri Kreatif Indonesia. Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/39347/pemerintah-dorong-optimalisasi-pertumbuhan-industri-kreatif-indonesia/0/berita. Diakses pada 28 Oktober 2022.

Aeni, S. N. (2022). 10 YouTuber Subscriber Terbanyak di Indonesia, Siapa yang Nomor Satu? Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/61fce50a12e39/10-youtuber-subscriber-terbanyak-di-indonesia-siapa-yang-nomor-satu. Diakses pada 29 Oktober 2022

Afiah, N., Nisa, A., & Wulansari, L. (2021). Layanan informasi dalam Meningkatkan Pemahaman Cyberbullying di Media Sosial. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4574

APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Apji.or.Od, June. apji.or.id.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Revisi VI ed.). Jakarta: PT Asdi Mahastya. Dipetik Mei 15, 2023

Ayu, N. W. R. S., & Astiti, D. P. (2020). Gambaran Celebrity Worship pada Penggemar K-Pop. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(3), 203. https://doi.org/10.24014/pib.v1i3.9858

Fachrosi, E., Fani, DT, Lubis, RF, Aritonang, NB, Azizah, N., Saragih, DR, & Malik, F. (2020). Dinamika Fanatisme Pemimpin K-Pop pada Komunitas BTS-Army Medan. Jurnal Diversita, 6 (2), 194-201

Fatimah, U. A. T. L. (2022). 5 Kasus Sasaeng BTS, Diteror Hingga Pelecehan Terhadap Member. Celebrities.Id. https://www.celebrities.id/read/5-kasus-sasaeng-bts-diteror-hingga-pelecehan-terhadap-member-uU72I4. Diakses pada 04 Maret 2023.

Ghaffara, A., & Qodariah, S. (2022). Hubungan Self-control dengan Celebrity Worship pada Mahasiswa Penggemar Stray Kids di Bandung. Bandung Conference Series: Psychology Science, 2(1), 439–445. https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i1.1227

Haidir, A. (2022). 5 Grup Kpop dengan Fans Terbanyak di Indonesia, Sering Bikin Trending Twitter! Celebrities.Id. https://www.celebrities.id/amp/grup-kpop-dengan-fans-terbanyak-di-indonesia-0eM4O4?page=2. Diakses pada 29 Oktober 2022.

Hidayat, R. R. (2023). Viral, Isa Zega Alias Mami Online Sebut Fans BTS Alay, ARMY Murka Hingga Serang Akun Instagramnya. Tribunpriangan.Com. https://priangan.tribunnews.com/2023/02/10/viral-isa-zega-alias-mami-online-sebut-fans-bts-alay-army-murka-hingga-serang-akun-instagramnya. Diakses pada 04 Maret 2023.

Iriastuti, M. E. (2021). Layanan Informasi Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Menghadapi Praktik Kerja Industri di Sekolah Menengah Kejuruan. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i2.112

Isabela, M. A. C. (2022). Sektor-sektor Industri Kreatif di Indonesia. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2022/04/21/02000001/sektor-sektor-industri-kreatif-di-indonesia. Diakses pada 28 Oktober 2022.

KumparanK-Pop. (2017). Fanatisme Fans K-Pop: Candu dan Bumbu Remaja. Kumparan.Com. https://kumparan.com/kumparank-pop/fanatisme-fans-k-pop-candu-dan-bumbu-remaja/3. Diakses pada 25 Februari 2023.

Maulida, A., Viridanda, W. Y., Nisa, H., & Sari, N. (2021). Tingkat Pemujaan Selebriti pada Komunitas Penggemar K-Pop di Aceh. Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah, 4(1), 48–74. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v4i1.19720

Nabila, S. (2020). Mengapa Masa Remaja Penting? Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/imurmatch/5fc95193d541df5b9007d082/mengapa-masa-remaja-penting. Diakses pada 05 November 2022.

Prayitno, & Amti, E. (2018). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling (4th ed.). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rinata, A. R., & Dewi, S. I. (2019). Fanatisme Penggemar Kpop dalam Bermedia Sosial di Instagram. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.2.13-21.

Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362.

Yusuf, S., & Nurihsan, A. J. (2016). Landasan Bimbingan & Konseling (9th ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.