Studi pustaka pengaruh konseling teknik cognitive restucturing dalam meningkatkan resiliensi akademik

Agus Ria Kumara, Triamariska Septiara Ma’rifah

Abstract


Pendidikan di era Society 5.0 memberikan banyak tekanan kepada peserta didik. Akibatnya, siswa saat ini sangat rentan mengalami stres akademik karena lemah atau tidak kuat menghadapi tantangan yang diberikan Era Society 5.0 kepada mereka. Salah satu cara yang dapat diupayakan untuk mengurangi tingkat stres pada siswa adalah dengan meningkatkan resiliensi akademik. Ketahanan akademik sendiri merupakan kemampuan untuk mengatasi kesulitan atau ancaman selama proses pembelajaran. Untuk meningkatkan resiliensi akademik tersebut, guru BK dapat memberikan bantuan berupa konseling kelompok dengan intervensi restrukturisasi kognitif. Dengan menggunakan kajian dalam penelitian ini, ditemukan setidaknya ada empat jurnal yang membahas efektivitas konseling kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa. Setelah menganalisis keempat jurnal tersebut, diperoleh hasil bahwa penelitian dari semua jurnal menunjukkan bahwa konseling kelompok restrukturisasi kognitif berpengaruh terhadap peningkatan resiliensi akademik.


Full Text:

PDF

References


Adhiputra, A. A. (2015). Konseling Kelompok Perspektif Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Akademi.

Aza, I. N., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2019). Kontribusi Dukungan Sosial, Self-Esteem, dan Resiliensi terhadap Stres Akademik Pelajar SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 491. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12285

Azhari, A. (2019). Implementasi Konseling Kelompok untuk Mengatasi Praktik Bullying. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 19–29. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.339

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Pelajar. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800

Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimensional Construct Measure. Frontiers in Psychology, 7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01787

Corey, G. (2016). Theory & Practice of Group Counseling (9th Edition). Boston: Cengage Learning.

Dari, S. W., Abdi, S., & Erwin, A. (2022). Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive restructuring untuk Meningkatkan Resiliensi Pelajar di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 3308-3314. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8722

Dobson, D., & Dobson, K. S. (2017). Evidence-Based Practice of Cognitive-Behavioral Therapy (2nd Edition). New York: The Guilford Press.

Erfantinni, I. H., Purwanto, E., & Japar, M. (2016). Konseling Kelompok Cognitive-Behavior Therapy dengan Teknik Cognitive restructuring untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 119-125. https://doi.org/10.15294/jubk.v5i2.14029

Erford, B. T. (2015). 40 Techniques Every Counselor Should Know (2nd Edition). Boston: Pearson.

Erford, B. T. (2018). Group Work: Processes and Applications (2nd Edition). New York: Routledge.

Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2017). Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pelajar SMK Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69–84. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-05

Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan untuk Sukses di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Habsy, B. A., & Suryoningsih, M. (2022). Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Self-Efficacy Karir Pelajar SMK, Efektifkah? Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 6(2), 46–51. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v6n2.p46-51

Hardiansyah, H., Putri, A. P., Wibisono, M. D., Utami, D. S., & Diana, D. (2020). Penyusunan Alat Ukur Resiliensi Akademik. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 9(3), 185. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i3.3159

Hendriani, W. (2017). Adaptasi Positif pada Resiliensi Akademik Mahapelajar Doktoral. HUMANITAS, 14(2), 139. https://doi.org/10.26555/humanitas.v14i1.5696

Hendriani, W. (2018). Resiliensi Psikologis Sebuah Pengantar. Jakarta: Prenada Media Group.

Hotimah, Ulyawati, & Siti Raihan. (2020). Pendekatan Heutagogi dalam Pembelajaran di Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).

Jacobs, E. E., Schimmel, C. J., Masson, R. L., & Harvill, R. L. (2016). Group Counseling: Strategies and Skills 8th Edition. Boston: Cengage Learning.

Keo, G. D. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Guru terhadap Resiliensi Akademik Pelajar SMP. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7840–7850. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4241

Magdalena, O. M. & Durrotunnisa. (2022.). Effect of Cognitive restructuring to Increase Students’ Academic Resiliense. Bisma The Journal of Counseling, 6(3), 413-423. https://doi.org/10.23887/bisma.v6i3.56408

Mahfud, A. (2019). Keterampilan Mentoleransi Distres Akademik oleh Konselor melalui Peningkatan Hardinees pada Pelajar: Tantangan Pendidikan Era Society 5.0

Manuardi, A. R., & Mustopa, S. (2021). Implementasi Restrukturisasi Kognitif Model Coping Thought dalam Setting Konseling Kelompok. Quanta, 5(1), https://doi.org/10.22460/q.v5i1p1-8.2169

Masdelina, A., Budiono, A. N., & Mutakin, F. (2023). Dampak Konseling Kelompok Teknik Cognitive restructuring terhadap Resiliensi Akademik. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 6(1), 27-36. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v6i1.1678

Nikmah, R. (2017). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Resiliensi Pelajar.

Nusantara, T. (2020). Society 5.0 dan Riset Perguruan Tinggi Indonesia. Proseding Nasional Penguatan Riset dan Luarannya sebagai Budaya Akademik di Perguruan Tinggi Memasuki Era 5.0, 1–20.

Poerwanto, A., & Prihastiwi, W. J. (2017). Analisis Prediktor Resiliensi Akademik Pelajar Sekolah Menengah Pertama di Kota Surabaya. PSIKOSAINS: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, 12(1), 45-56. http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v12i1.140

Prawitasari, T., & Antika, E. R. (2022). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Resiliensi Akademik Pelajar. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 7(2), 177-185. https://doi.org/10.23887/jurnal_bk.v7i2.1195

Prayitno. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rinika Cipta.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riyanti, C., & Darwis, R. S. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Remaja dengan Metode Cognitive restructuring. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(3), 569. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i3.32150

Saragi, M. P. D., Tasmara, L., Berutu, R., & Ihsan, M. (2022). Pengaruh layanan Konseling Kelompok (Role Playing) dalam Mengatasi Bullying di Yayasan Penyantunan Anak Yatim Piatu. Jurnal Mahapelajar BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(3), 270-274. http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.9055

Sosiady, M., & Ermansyah, E. (2020). Analisis Dampak Stres Akademik Mahapelajar dalam Penyelesaian Tugas Akhir (Skripsi) (Studi Pada Mahapelajar Program Studi Manajemen UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan Univeristas Internasional Batam Kepulauan Riau). Jurnal El-Riyasah, 11(1), 14-28. http://dx.doi.org/10.24014/jel.v11i1.8961

Utami Fitri, H., & Kushendar, K. (2019). Konseling Kelompok Cognitive restructuring untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahapelajar. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 1(2), 67–74. https://doi.org/10.51214/bocp.v1i2.2

Wibowo, M. E. (2019). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT Unnes Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.