Bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan etika media sosial

Ummi Nur Fathonah, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Penelitian ini yang tujuannya untuk teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok yang mana digunakan untuk inovasi layanan BK meningkatkan etika bermedia sosial. Penelitian yang yang berupa penelitian kualitatif deskriptif dengan desain penelitian kepustakaan. Data yang dikumpulkan berupa data tekstual, surat kabar, jurnal dan buku yang berkaitan dengan variabel yang didalam penelitian dibahas ialah terkait dengan etika bermedia sosial dan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Alat penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisis data dilakukan dengan cara menghubungkan membandingkan menafsirkan dan menurunkan isi teks data yang digunakan. Hasil analisa menunjukan bahwa etika media sosial mampu ditingkatkan dengan teknik sosiodramatis dalam layanan bimbingan kelompok karena etika bermedia sosial dapat di tingkatkan melalui sebuah drama sehingga penggunaan teknik sosiodrama baik dan penting untuk meningkatkan etika bermedia sosial.


Full Text:

PDF

References


Afriani, F., & Azmi, A. (2020). Penerapan Etika Komunikasi di Media Sosial: Analisis pada Grup Whatsapps Mahasiswa PPKn Tahun Masuk 2016.

Arfandy, Diaz. 2021. Fenomena Cyberbullying dalam Media Sosial Akibat Kurangnya Etika Komunikasi.

Bertens K. (2019) Etika (edisi ke-7). Jakarta: PT. Kanisus

Endriani, A. (2016). Pengaruh Teknik Sosiodrama terhadap Kepercayaan Diri Siswa MA Nurul

Fahrimal, Y. (2018). Netiquette: Etika Jejaring Sosial Generasi Milenial dalam Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 69–78. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v22i1.82

Gani, Alcianno G. 2020. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja. Jurnal Mitra Manajemen, 7 (2).

Indriasari, E. (2016). Meningkatkan Rasa Empati Siswa melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2).

M.Taufi Qurohman, & Irvan Budhi Handaka (2022) Hubungan Kecanduan Smartphone dengan Kualitas Komunikasi Siswa: Sebuah Kajian Literature Review

Maulidi, A. (2015). Kesantunan Berbahasa Pada Media Jejaring Sosial Facebook. E-Journal Bahasantodea, 3(4),42–49.

Nugraha, A. B., & Ajie, G. R. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama terhadap Kontrol Diri. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 408-414.

Rachman, E., & Jakob, E. (2020). Social media: Friend or foe? Kompas, 7.

Rama, R., Sultani, S., & Anisah, L. (2019). Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Etika Pergaulan di Sekolah pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Martapura. Jurnal bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 5(2), 91-94.

Rianto, Puji. 2019. Literasi Digital dan Etika Media Sosial di Era Post-Truth. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8 (2): 24 https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/VidyaDuta/article/view/1678/1323

Sandra, M., & Dewi, R. (2019). Islam dan Etika Bermedia (Kajian Etika Komunikasi Netizen di Media Sosial Instagram dalam Perspektif Islam). Research Fair Unisri, 3(1), 139–142. https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2574

Sudibyo, Agus. (2016). Etika Bermedia dan Kontroversi Politik. HU. Kompas. Edisi 18 Oktober 2016.

Ummah, Nikrotul, Handayani, Arri, Lestari, Farikha Wahyu. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XII SMAN 1 Juwana. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2022, 4.3: 679-684.

Wahyudin, U., & Karimah, K. E. (2017). Etika Komunikasi di Media Sosial. Prosiding Komunikasi 1(2).

Wijayanti, Sri Hapsari, Kasdin Sihotang, Vanessa Emmily Dirgantara, dan Maytriyanti. (2022). Bentuk-Bentuk Etika Bermedia Sosial Generasi Milenial Forms of Millennial Generation Etiquette in Social Media, 16(2), hlm. 129-146. DOI: https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol16.iss2.art3

Zanah, Tiya Nur, et Al. (2021). Analisis Penggunaan Metode Bermain Peran terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik di Sekolah Dasar (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka). PhD Thesis. FKIP UNPAS.

Zuhara, E. (2015). Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa (Penelitian Kuasi Eksperimen Kelas X di SMA Kartika Siliwangi 2 Bandung Tahun Ajaran 2013/2014). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 80-89. https://core.ac.uk/download/pdf/300055495.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.