Kajian literature: Urgensi self management dalam mereduksi prokrastinasi akademik

Tessa Dwi Maharani, Muya Barida

Abstract


Prokrastinasi akademik adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menghindari atau menunda mengerjakan tugas yang direncanakan dan berulang-ulang secara berkelanjutan, menunda perencanaan atau menyelesaikan tugas atau kegiatan yang berhubungan dengan akademik dalam durasi tertentu, terkadang menghadapi penundaan dalam persiapan diri yang berlebihan, dan mengalihkan tugas yang berkategori mendesak atau penting dengan kegiatan lainnya yang dianggap lebih menyenangkan bagi individu tersebut. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya self management dalam mereduksi prokrastinasi akademik pada peserta didik serta upaya yang bisa dilakukan oleh peserta didik untuk mengatur atau mengelola waktu mereka untuk mencegah terjadinya prokrastinasi akademik. Artikel ini merupakan kumpulan data studi literatur yang diambil dari database Google Scholar dan disajikan dalam bentuk review artikel jurnal yang diterbitkan antara tahun 2013 sampai dengan tahun 2023. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan melakukan studi literature review jurnal yang sudah dipublikasikan dan dianalisis sebelumnya. Berdasarkan temuan penelitian, terbukti bahwa self management memiliki korelasi negatif dengan prokrastinasi akademik. Secara khusus, ditemukan bahwa semakin kuat kemampuan manajemen waktu seseorang, semakin kecil kemungkinan mereka untuk menunda pekerjaan mereka. Proktastinasi akademik dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk kurangnya kemampuan yang terkait dengan manajemen waktu, kapasitas yang rendah untuk berkonsentrasi dalam menyelesaikan sesuatu, persepsi yang buruk, ketakutan dan kecemasan terkiat dengan kegagalan seseorang, dan kurangnya kepercayaan diri pada potensi diri sendiri. Self management adalah salah satu strategi yang dapat digunakan oleh para peserta didik sebagai bagian dari upaya mereka untuk membatasi jumlah waktu yang mereka habiskan untuk menunda-nunda. Upaya yang dilakukan terhadap self management termasuk penetapan tujuan dan prioritas, penetapan jadwal, dan pemeliharaan fokus untuk menyelesaikan sesuatu untuk menghindari penundaan atau prokrastinasi.


Full Text:

PDF

References


Abdillah, F., & Fitriana, S. (2021). Penerapan Konseling Cognitive Behaviour dengan Teknik Self Management untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(1), Article 1.

Elvina, S. N. (2019). Teknik Self Management dalam Pengelolan Strategi Waktu Kehidupan Pribadi yang Efektif. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 123. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1058

Gultom, S. A., Wardani, N. D., & Fitrikasari, A. (2018). Hubungan Adiksi Internet dengan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Kedokteran Diponegoro (Diponegoro Medical Journal), 7(1), Article 1.

Nurzulian, U. A., Rahardjo, S., & Zamroni, E. (2019). Penerapan Konseling Behavioristik Teknik Operant Conditioning untuk Mengatasi Prokrastinasi Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2), Article 2. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP/article/view/4502

Putra, M. D. A., Nasution, S. A., Feriz, N. J., Sa’adah, N., & Rahma, G. A. (2023). Analisis Pengaruh Regulasi Diri, Keaktifan Berorganisasi, dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Aktifis (studi kasus Mahasiswa Aktivis FEB UMS). Prosiding University Research Colloquium, 135–145.

Sa’diyah, H., Chotim, M., & Triningtyas, D. A. (2017). Penerapan Teknik Self Management untuk Mereduksi Agresifitas Remaja. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i2.1018

Yudha Mahardhika, 14320056. (2019). Hubungan antara Kecanduan Game Online terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Yogyakarta. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/13452


Refbacks

  • There are currently no refbacks.