Peningkatan motivasi belajar siswa dengan bimbingan kelompok teknik diskusi siswa kelas viii-h SMPN 1 Dolopo

Wahyu Sri Lestari, Ibnu Mahmudi, Warsini Warsini

Abstract


Motivasi merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik diskusi dan diiriingi dengan motivasi yang baik, diharapkan dapat menghasilkan capaian pembelajaran yang maksimal bagi para siswa. Penelitian ini menggunakan metode PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling) dimana tindakan yang diberikan pada penelitian ini sebanyak dua kali siklus layanan bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Dolopo Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yakni terjadinya peningkatan motivasi belajar pada 5 siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Dolopo dengan hasil rata-rata skor tes pada prasiklus sebesar 7. Kemudian setelah siklus 1 diberikan tes kembali dengan hasil skor rata-rata 14,4. Dan pada finalnya setelah siklus kedua skor rata-rata tes meningkat sebesar 18,2. Dari hasil yang telah dipaparkan memiliki simpulan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan memanfaatkan diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Dolopo.


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.