Peningkatan pemahaman manajemen konflik interpersonal melalui bimbingan kelompok berbasis permainan jekako (jenga kelola konflik) bagi siswa sekolah menengah pertama

Santita Rusti Prasanti, Ariadi Nugraha

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling atau (PTBK) yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yaitu media permainan JEKAKO (Jenga Kelola Konflik) yang dapat memenuhi kriteria akseptabilitas, untuk dapat meningkatkan pemahaman manajemen konflik interpersonal peserta didik. Kajian penelitian ini hakikatnya merupakan serangkaian “riset-tindakan” yang dilakukan guna membantu peningkatan pemahaman peserta didik. Penelitian ini mengkaji terkait dengan permasalahan manajemen konflik interpersonal peserta didik yang masih tergolong rendah. Dengan mengacu pada model pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahap, yaitu: Penelitian Dan Pengumpulan Informasi Awal, Perencanaan Dan Pengembangan Format Produk Awal, Uji Coba Awal, Revisi Produk Awal, Uji Coba Lapangan, Revisi Produk, Uji Coba Lapangan, Revisi Produk Akhir, Desiminasi Dan Implentasi. Penelitian pengembangan yang dilakukan oleh peneliti hanya berbatas sampai tahap 6 yakni tahapan pengembangan dan desain. Tindakan selanjutnya berupa implementasi layanan bimbingan konseling, yakni bimbingan kelompok teknik problem solving berbasis permainan JEKAKO. Penelitian ini bertepat di SMP Muhammadiyah Piyungan Yogyakarta. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII yang berjumlah 28 peserta didik yang membutuhkan peningkatan pemahaman terkait dengan manajemen konflik interpersonal. Hasil dari adaptasi penelitian sebelumnya, perolehan uji hasil materi adalah 100% degan kategori sangat baik. Selanjutnya uji hasil media diperoleh 93,2% dengan kategori sangat baik. Kemudian hasil dari calon pengguna konselor 75% dan peserta didik 90,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk berupa permainan jenga telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang mencakup aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N. F., Kholili, M. I., & Makhmudah, U. (2022). Kemanjuran Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Self -Esteem Siswa SMK. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 3(2), 68. https://doi.org/10.20961/jpk.v3i2.34369.

Aprilia, M. D., & Saputra, W, N. E. (2023). Implementasi bimbingan kelompok teknik FGD (Focus Group Discuccion) untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 563-570).

Arma Setyana, D., Purwoko S.Pd. M.Pd, B., Muis, D. T., & Lukitaningsih, D. R. (2012). Pengembangan Paket Bimbingan Manajemen Konflik Untuk Menghadapi Konflik Interpersonal Siswa. Bk Unesa, 04, 145–151.

Asti Julia Mansi, Hulukati, W., & Usman, I. (2021). Pengembangan Buku Saku Manajemen Konflik Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Sosial di SMKS Gotong Royong Gorontalo. Student Journal of Guidance and Counseling, 1(1), 19–25. https://doi.org/10.37411/sjgc.v1i1.864

Awalliya, Ria Rizka. "PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PERMAINAN SIMULASI KOKO (KOTAK KELOLA KONFLIK) TERHADAP PEMAHAMAN MANAJEMEN KONFLIK KELAS XI SMKN 1 MALANG." Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan 4.2 (2024): 10-10.

BURHANUDDIN, H. (2022). Penerapan Permainan Simulasi Sebagai Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Konflik Di Smk Negeri 4 Gowa. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 2(2), 193–201. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v2i2.1373

Fithriyana, A. (2014). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 138–142. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk

Khasanah, P. (2014). Meningkatkan Kemampuan Manajemen Konflik Melalui Konseling Kelompok. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 67. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v3i2.4467

Lutfianah, B. D. (2017). INFORMASI KARIER BAGI SISWA SD MUHAMMADIYAH 15 SURABAYA THE DEVELOPMENT OF JENGA JOB GAME MEDIA TO GIVE CAREER INFORMATION SERVICE FOR STUDENTS OF SD MUHAMMADIYAH 15 SURABAYA Bambang Dibyo Wiyono , S . Pd ., M . Pd. Bimbingan Dan Konseling, FIP, Universitas Negeri Surabaya, 7(3), 156–162.

Maulana, R., & Prasetiawan, H. (2022). Upaya Meningkatkan Percaya Diri melalui Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 7 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 298-305.

Mayasari, H. S., & Agungbudiprabowo, A. (2022). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 12(1), 12. https://doi.org/10.25273/counsellia.v12i1.10527

Mohamad, M. (2014). Manajemen_Konflik_Upaya_Penyelesaian_Kon. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Kampus Pinang Masak, Mendalo – Darat Jambi 36361, 16(2), 41–46.

Muslim, A. (2014). Manajemen Konflik Interpersonal di Sekolah. Jurnal Paedagogy, 1(1), 17–27.

Pratiwi, H. I. (2019). Pengembangan permainan simulasi kotak kelola konflik antar anggota untuk meningkatkan keterampilan manajemen konflik siswa SMA. Skripsi. Universitas Negeri Malang

Putri, P. K. (2022). Manajemen Konflik dan Resolusi Konflik: Sebuah Pendekatan Terhadap Perdamaian. Papua Journal of Diplomacy and International Relations, 2(1), 16–34. https://doi.org/10.31957/pjdir.v2i1.1945

Rahma, M., & Naqiyah, N. (2015). Pengembangan Media Permainan Jenaka (Jenga Manajemen Konflik Interpersonal) Untuk Meningkatkan Pemahaman Manajemen Konflik Interpersonal Siswi Smp Ar-Rahmah Putri Dau Malang. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Tumiwa, A. B. (2020). Manajemen Konflik Dalam Organisasi. Media Riset Bisnis & Manajemen, 5(2), 331–359. https://doi.org/10.25105/mrbm.v5i2.8133


Refbacks

  • There are currently no refbacks.