Strategi layanan bimbingan kelompok teknik homeroom untuk meningkatkan motivasi belajar siswa

Widya Widyaningrum, Arif Budi Prasetya

Abstract


Fenomena motivasi belajar yang sering terjadi mencakup perilaku siswa yang cenderung sibuk sendiri, berbicara dengan teman, serta ada beberapa yang mengerjakan PR dari pelajaran lain dan kurang memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memberikan suatu gambaran strategi layanan bimbingan kelompok teknik homeroom yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi mencakup keinginan untuk menggerakkan, menyalurkan, mengaktifkan, dan mengarahkan sikap serta perilaku individu dalam belajar. Siswa dengan motivasi belajar yang tinggi cenderung mencapai hasil belajar yang tinggi juga; artinya, semakin besar motivasinya, semakin besar pula usaha dan upaya yang dilakukan untuk meraih prestasi belajar yang baik. Dalam proses belajar, anak memerlukan motivasi. Motivasi belajar yang relatif kurang akan selalu menghambat terciptanya suasana belajar yang kontributif dan peringkat yang merosot. Motivasi dan belajar saling mempengaruhi satu sama lain. Pada dasarnya, motivasi adalah usaha yang disadari untuk menggerakkan, mengarahkan, dan mempertahankan perilaku seseorang agar terdorong untuk bertindak, sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur.  Untuk mendukung layanan bimbingan kelompok, guru BK harus memberikan layanan secara inovatif dan kreatif, sesuai dengan teknik yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Andriani, W. (2022). PENGGUNAAN METODE SISTEMATIK LITERATUR REVIEW DALAM PENELITIAN ILMU SOSIOLOGI. 7(2).

Aprilia, M. D., & Saputra, W, N. E. (2023). Implementasi bimbingan kelompok teknik FGD (Focus Group Discuccion) untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 563-570).

Arianti. (2018). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. 117–134.

ARMINI, A. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Metode Bimbingan Kelompok Di Sman 9 Kota Jambi. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 1(1), 52–60. https://doi.org/10.51878/educator.v1i1.518

Baita, R. N., & Christiana, E. (2017). Motivasi Belajar Siswa Di Kelas Viii Smp Negeri 2 Balongbendo the Application of Group Guidance With Home Room Technique To Improvestudent’S Learning Motivation Onclass Viii Smpn 2 Balongbendo. Jurnal BK UNESA, 7(2), 6.

Care, J. C., Rahma, C., Kasih, F., & Kardo, R. (2022). Model Rancangan Bimbingan Kelompok dengan Metode Sosiodrama dalam Membantu Pencapaian Tugas Perkembangan Peserta Didik. 06(01), 20–26. https://doi.org/10.22202/jcc.2022.v6i1.5825

Devi Nurul Fikriyani. (2023). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN EKSPLORASI KARIR SISWA. 8(2).

emda, amna. (2017). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. 5(2).

Hasibuan, R. M., & Dewi, I. S. (2022). EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Melalui Teknik Homeroom. 01, 33–44.

Hidayat, F., Zamroni, E., & Sucipto, S. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Sikap Anti Seks Bebas. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v1i2.3440

Konseling, B., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Christiana, E., Pd, S., & Pd, M. (n.d.). BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA Indah Tri Lestari. 381–386.

Maulana, Yusuf, E. I. (2015). Efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik. 50–61.

Mawaridz, A. D., & Rosita, T. (2019). Bimbingan Kelompok Untuk Siswa Smp Yang Memiliki Minat Belajar Rendah. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(4), 158. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i4.4664

Mutohhari, A. S., Mutakin, F., & Karamoy, Y. K. (2019). Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Home Room untuk Meningkatkan Kohesivitas Kelompok. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(2), 31–35. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v2i2.715

Nastiti Putri A and Gumilang Surya G. (2023). Profil Teknik Homeroom Sebagai Strategi Jitu dalam Bimbingan Kelompok. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-6, 852–856. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3734

Negeri, S. M. A., Ori, S., & Utara, N. (2020). Jurnal edukasi. 180–197.

Nurkholis, I., Hanim, W., & Badrujaman, A. (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom pada Peserta Didik Kelas XI Bahasa. Jurnal Suloh, 8(1), 11–17. http://jurnal.unsyiah.ac.id/suloh

Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. November, 289–302.

Setia, D. (2017). Pengaruh Teknik Homeroom Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tana Tidung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 15.

Sukatin, Dianovi, A., Siregar, D., Mawaddah, I., & Suryaningsih. (2022). Bimbingan dan Konseling Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak Bunarraqa, 8(2), 1–12.

Trinova, Nini, Ahmad, N. (2018). Layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan karakter peserta didik di mtsn. 23–34.

warso, kartilah. (2018). UPAYA MENINGKATKAN SELF CONCEPT SISWA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEHNIK HOMEROOM PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 AMBARAWA, KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. 5.

Wijanarko, A. A., & Loekmono, J. T. L. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Bimbingan Kelompok SMP Pangudi Luhur Tuntang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 330. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16292


Refbacks

  • There are currently no refbacks.