Sinema edukasi sebagai strategi untuk membangun konsep diri remaja masa kini

Wikan Kurniawati, Wahyu Nanda Eka Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang dapat dilakukan oleh seorang konselor untuk membangun konsep diri remaja melalui sinema edukasi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain literature review, penelitian ini menganalisis sembilan artikel dari jurnal ilmiah bereputasi yang diperoleh melalui Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinema edukasi merupakan strategi yang efektif dalam membangun konsep diri remaja masa kini. Film, sebagai media yang digemari remaja, menjadi sarana ideal untuk menyampaikan pesan-pesan edukatif dan memfasilitasi proses refleksi diri. Pelaksanaan sinema edukasi melibatkan beberapa tahapan penting, mulai dari pembentukan rapport hingga uji coba komitmen. Pemilihan film yang tepat dan relevan dengan kehidupan remaja menjadi kunci keberhasilan strategi ini. Melalui sinema edukasi, remaja tidak hanya membangun konsep diri positif, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, empati, dan pemecahan masalah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sinema edukasi menawarkan pendekatan inovatif dan efektif dalam membantu remaja membangun konsep diri yang positif di era modern.


Full Text:

PDF

References


Aji, K. A., & Saputra, W. N. E. (2023). Pendekatan konseling teknik rational emotive behavioral therapy (REBT) untuk mengatasi perilaku self injury pada siswa. dalam Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 460-466).

Anwas, O. M. (2013). FILM PENDIDIKAN: KARYA SENI, REPRESENTASI, DAN REALITAS SOSIAL DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA. Jurnal Teknodik, 185–198. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.20

Asri, D. N. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja (Studi Kualitatif pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun). Jurnal Konseling Gusjigang, 6(1).

Azmi, N. (2015). POTENSI EMOSI REMAJA DAN PENGEMBANGANNYA. 2(1).

Cahyono, E. A. (2019). LITERATUR REVIEW ; PANDUAN PENULISAN DAN PENYUSUNAN.

Diananda, A. (2019). PSIKOLOGI REMAJA DAN PERMASALAHANNYA. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Fauzi, I., & Setyawati, S. P. (2021a). SINEMA EDUKASI UNTUK MEMPERKUAT PERILAKUSOPAN SANTUN SISWA.

Fauzi, I., & Setyawati, S. P. (2021b). Sinema Edukasi Untuk Memperkuat Perilakusopan Santun Siswa. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 1, 248–251.

Hanafi, I. (2018). Perkembangan Manusia Dalam Tinjauan Psikologi dan Al-Qur’an. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 84–99. https://doi.org/10.37542/iq.v1i01.7

Hidayah, N. (2014a). Keefektifan Teknik Sinema Edukasi untuk Meningkatkan Sikap Asertif Siswa MTs Negeri Malang I. Volumen 21 Nomor 2, 165–172.

Hidayah, N. (2014b). Keefektifan Teknik Sinema Edukasi untuk Meningkatkan Sikap Asertif Siswa MTs Negeri Malang I.

Hidayatullah, H. T. (2022). Strategi Pendidikan Karakter pada Siswa SMA melalui Revitalisasi Nilai-Nilai Serat Wulangreh sebagai Media Sinema Edukasi pada Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 6(1), 23–29. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v6n1.p23-29

Irawan, E. (2013). Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja (Studi Pre-Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMK Yapema Gadingrejo Lampung). PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 44. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i1.2459

Iryani, I., & Suriatie, M. (2021a). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Kesadaran Multikultural Siswa Kelas XI Di SMA Isen Mulang Palangka Raya.

Iryani, I., & Suriatie, M. (2021b). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Kesadaran Multikultural Siswa Kelas XI Di SMA Isen Mulang Palangka Raya.

Kania Saraswatia, G., Zulpahiyana, Z., & Arifah, S. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Remaja di SMPN 13 Yogyakarta. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia, 3(1), 33. https://doi.org/10.21927/jnki.2015.3(1).33-38

Khairunnisa, K., Nurmaya, A., & Purnamasari, S. S. (2021). Efektivitas layanan bimbingan kelompok melalui sinema edukasi untuk menurunkan perilaku bullying peserta didik. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 218–224. https://doi.org/10.26539/teraputik.52720

Lestari, I. (2019). KONSEP DASAR PERKEMBANGAN MANUSIA.

Manalu, H. A., & Wibowo, D. H. (2021). Konsep Diri Dan Kenakalan Remaja Pada Anak Jalanan. Jurnal Ilmiah Psyche, 15(2), 125–134. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v15i2.1554

Mariyati, L. I., & Rezania, V. (2021). BUKU AJAR PSIKOLOGI PERKEMBANGAN MANUSIA I.

Munawaroh, F. (2012). Konsep Diri, Intensitas Komunikasi Orang Tua-Anak, dan Kecenderungan Perilaku Seks Pranikah. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.30996/persona.v1i2.35

Nabila, D., & Ariyanto, R. D. (2022). Sinema Edukasi: Sebuah Gagasan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Melalui Tayangan Film. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 751–761.

Putriani, W., & Handayani, A. (2023). EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA CYNEMA THERAPHY UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA.

Rahmaningsih, N. D., & Martani, W. (2014). Dinamika Konsep Diri pada Remaja Perempuan Pembaca Teenlit. Jurnal Psikologi, 41(2), 179. https://doi.org/10.22146/jpsi.6948

Ranos, E., Yahya, M., & Muammar, M. (2024). HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. 6.

Rismayanti, R. (2021). Pembentukan Konsep Diri Remaja Penonton Film Dilan 1990 di Yogyakarta. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 18(1), Article 1. https://doi.org/10.24002/jik.v18i1.4036

Sahrudin, S. (2016). PERAN KONSEP DIRI, RELIGIUSITAS, DAN POLA ASUH ISLAMI TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU NAKAL REMAJA DI SMA KOTA CIREBON. Misykah, Vol. 1 No. 2.

Saputra, A. & Yuzarion. (2020). Pembentukan Konsep Diri Remaja Melalui Penanaman Nilai-Nilai Keislaman. Jurnal Al-Hikmah, 18(2), 151–156. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v18i2.31

Solikhatin, N. H., & Lubis, H. (2021). Efektivitas Terapi Film Dalam Meningkatkan Harga Diri. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 535. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6498

Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). PERKEMBANGAN REMAJA AWAL, MENENGAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494

Syahraeni, A. (2019). PEMBENTUKAN KONSEP DIRI REMAJA. 6.

Wicaksono, G. (2018). EFEKTIVITAS METODE CINEMATHERAPY TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA SMA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.