Faktor-faktor yang mempengaruhi academic grit siswa

Irma Nandita, Mufied Fauziah

Abstract


Academic Grit merupakan merupakan karakteristik atau keterampilan individu yang mencakup tekad, ketahanan, dan fokus dalam mencapai tujuan jangka panjang dalam pendidikan menunjukkan kekuatan yang luar biasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi ketekunan akademik siswa, mencakup faktor internal seperti kepribadian, self-compassion, motivasi akademik, mindset berkembang, dan kecerdasan, serta faktor eksternal seperti dukungan sosial dan pola asuh orang tua. Metode yang digunakan adalah studi literatur, yang melibatkan pengumpulan dan analisis berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, dan artikel online. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat factor yang dapat mempengaruhi academic grit. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai pentingnya pengembangan ketekunan akademik untuk mendukung keberhasilan siswa

Full Text:

PDF

References


Aisyah Hardiyanti, S., & Ahkam, M. (2023). Grit dan Hasil Belajar pada Siswa SMA. In Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa (Vol. 3, Issue 2).

Ariyantika Yulisa. (2023). GRIT DALAM PENDIDIKAN. HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU TERHADAP STRES AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNGTAHUN PELAJARAN 2021/2022.

Duckworth, A. L., Peterson, C., Matthews, M. D., & Kelly, D. R. (2007). Grit: Perseverance and Passion for Long-Term Goals. Journal of Personality and Social Psychology, 92(6), 1087–1101. https://doi.org/10.1037/0022-3514.92.6.1087

Fachri, F. K. (2020). PENGARUH GRIT TERHADAP MOTIVASI AKADEMIK MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI UNIVERSITAS “X.” Skripsi, 1(April).

Fajar, A., Novanto, L., Psikologi, F., Negeri, U. I., Malik, M., & Malang, I. (2023). PENGARUH GROWTH MINDSET TERHADAP GRIT AKADEMIK PADA SANTRI PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM MALANG.

Febriyanti, N. (2016). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara.

Fun Fun, L., Mikarsa, H. L., & Putri, D. K. (2023). The Effect of Parenting Style on Grit. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 12(4), 509. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v12i4.12095

Fun, L. F., Lestari Mikarsa, H., Putri, D. K., Maranatha, U. K., & Gunadarma, U. (2023). Gambaran Grit Pada Mahasiswa di Indonesia.

Fun, L. F., Mikarsa, H. L., Putri, D. K., & Gunadarma, U. (2023). Gambaran Grit Pada Mahasiswa di Indonesia. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayan , 13(3), 240–246.

Jonathan, H., & Hadiwono, A. (2020). Tempat Pengembangan Grit. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 2(2), 2067. https://doi.org/10.24912/stupa.v2i2.8591

Khoirunnisa, R. N., Eva, N., & Rahmawati, H. (2023). Grit in College Students: Literature Review Grit pada Mahasiswa: Studi Literature Review. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 2023(2), 237–251.

Kusumawardhani, I. S., Safitri, J., & Zwagery, R. V. (2018). Hubungan Antara Persepsi Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan dengan Grit pada Peserta Didik Kelas Sembilan SMPN 1 Banjarbaru. Jurnal Kognisia, 1(2), 70–76.

Li, Z., & Li, Q. (2024). How Social Support Affects Resilience in Disadvantaged Students: The Chain-Mediating Roles of School Belonging and Emotional Experience. Behavioral Sciences, 14(2). https://doi.org/10.3390/bs14020114

Linda Mora, Arif Rahman Hakim, & Wahyu Wahidin. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Grit Pada Mahasiswa Psikologi Di Universitas Buana Perjuangan Karawang. Psychopedia Jurnal Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 8(1), 23–31. https://doi.org/10.36805/psychopedia.v8i1.5538

Maghfiroh, N., & Akbar, Z. Y. (2021). the Effect of Grit and Learning Motivation on Academic Procrastination Through Online Learning on Students of Mts N 1 Banyumas. Psimphoni, 2(1), 39. https://doi.org/10.30595/psimphoni.v2i1.11396

Mala Gustia. (2019). KONTRIBUSI HOPE PADA PEKERJAAN TERHADAP GRIT PADA POLISI DI SATBRIMOB SUMATERA BARAT SKRIPSI. 8(5), 55.

Maryonita, C. (2024). Small Effect Size Korelasi antara Grit dan Academic Achievement. Jurnal Sublimapsi, 5(1), 98–106.

Mayshita, A. A., Anggarani, F. K., & Agustina, L. S. S. (2023). Hubungan antara Growth Mindset dan Grit Akademik pada Mahasiswa Bekerja. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 8(1), 34. https://doi.org/10.20961/jip.v8i1.69360

Meianisa, K., & Rositawati, S. (2023). Pengaruh Social Support terhadap Loneliness pada Mahasiswa Rantau di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i1.6698

Meyrinda, J., Dini Fakhriya, S., Raden Fatah, N., Zainal Abidin Fikri, K. H., & Selatan, S. (2016). ACADEMIC GRIT DI MADRASAH ALIYAH : STUDI KUANTITATIF DILAKUKAN DI KOTA PALEMBANG. In IIUCP) Journal of Islamic and Contemporary Psychology.

Muhibbin, M. A., & Wulandari, R. S. (2021). The Role of Grit In Indonesian Student. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 3(2), 112–123. https://doi.org/10.32923/psc.v3i2.1725

Rosalina, E., & Kusdiyati, S. (2016). Prosiding Psikologi Studi Deskriptif Mengenai Kegigihan (Grit) dan Dukungan Sosial pada Siswa Gifted Kelas X IA di SMAN 1.

Sita Kusumawardhani, I., Safitri, J., Vira Zwagery, R., Studi Psikologi, P., Kedokteran, F., Lambung Mangkurat, U., Yani Nomor, J. A., Selatan, L., Selatan, B., Banjarbaru, K., & Selatan, K. (2018). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN DENGAN GRIT PADA PESERTA DIDIK KELAS SEMBILAN SMPN 1 BANJARBARU. In Jurnal Kognisia (Vol. 1, Issue 2).

Sosial, D., Bantuan Menghadapi, S., Ibda, F., & Ar-Raniry Banda Aceh, U. (2023). Dukungan Sosial: Sebagai Bantuan Menghadapi Stres dalam Kalangan Remaja Yatim di Panti Asuhan Fatimah Ibda (Vol. 12, Issue 02).

Sudarji, S., & Juniarti, F. (2020). PERBEDAAN GRIT PADA MAHASISWA PERANTAU DAN BUKAN PERANTAU DI UNIVERSITAS “X.” 2(1), 2655–6936.

Suprihatin, T. (2020). Dipresentasikan dalam Seminar Nasional (Vol. 2).

Tualeka, T. D., & Bashori, K. (2023). Menjelajahi Grit: Sebuah Kajian Literatur Naratif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6340–6346. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.1946


Refbacks

  • There are currently no refbacks.