Analisis layanan bimbingan konseling di sekolah menengah atas pada perkembangan siswa

Ruwaida Ishmah Salsabila, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Bimbingan konseling disekolah adalah komponen yang tidak dpat terpisahkan dengan tatanan pendidikan nasional. Pada dasarnya layanan ini tidak hanya menunjang dalam memcapai tujuan pendidikan nasional, namun juga membantu individu dalam mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan mampu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam hal ini Guru BK dapat menyediakan segala hal layanan yang tersedia dengan pemberian bimbingan kelompok, bimbingan klasikal, konseling kelompok, serta konseling individu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahwa layanan bimbingan konseling disekolah penting dilakukan dalam perkembangan siswa. Peneliti memilih metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tipe literature review. Peneliti menggumpulkan artikel dari Google Scholar menggunakan kata kunci "analisis layanan bk" ditemukan sebanyak 15.900 dengan kurun waktu 2016-2024. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pelayanan bimbingan dan konseling terdapat peran penting dalam siswa memperoleh perkembangan optimal secara mandiri, sukses, serta bahagia menjalankan kehidupan mereka. (2) Masih terdapat berbagai masalah dan hambatan yang dihadapi di sekolah, oleh karena itu kolaborasi antara guru mapel, kepala sekolah, dan orangtua sangat diperlukan untuk mendukung dan siswa dalam mengatasi tugas perkembangannya.


Full Text:

PDF

References


Aisah, Iis.,S & Endang Sri. B. H,. (2021). (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMAN 1 LURAGUNG, 2(1), 64–78.

Aulia, D., Firman, & Neviyarni. (2022). Penyusunan Program BK di Tingkat SMA. Education & Learning, 2(2), 92–97. https://doi.org/10.57251/el.v2i2.408

Cania, L. F., Jamaris, J., & Solfema, S. (2023). Kajian Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi dalam Bimbingan Konseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 6(2), 125-134.

Daempal, Y. S. (2021). Manajemen Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sma Bunda Hati Kudus Jakarta. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.796

Efendi, E., Keguruan, F., & Bengkulu, U. (2019). Administrasi Pendidikan Manajer Pendidikan. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13(E-ISSN2623-0208),281–292.

Kristiani, R., Damanik, E., Sugiati, J., & Usmawati, E. (2021). Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas (SMA). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 13.

Kurniawan, L. (2015). Pengembangan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Di Sma. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 1. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1351

Lestari, M. A. (2020). Bimbingan Konseling Di SD (Mendampingi Siswa Meraih Mimpi). Penerbit Deepublish.

Nugroho, D. A., Khasanah, D. N., Pangestuti, I. A. I., & Kholili, M. I. (2021). Problematika pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA: A systematic literature review (SLR). TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 87–96. https://doi.org/10.26539/teraputik.51647

Permana, S. A., Syahniar, & Daharnis. (2016). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kerinci. Konselor, 3(4), 168–179.

Putri, R., Hastuti, T., & Nurhuda. (2018). Analisis Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips Sman 1 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 6(1), 31–37.

Qonita, M., Artati, K. B., Musyarofah, A., Wahyuni, F., & Tjalla, A. (2022). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Guidance, 19(02), 106–120. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.2211

Seme Ea, S., & Yuvani, M. (2023). Pentingnya Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Peserta Didik Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas (Sma). Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 4(1), 7–15. https://doi.org/10.61717/sl.v4i1.66

Sumitri, F., Rohiat, & Zakaria. (2017). Pengelolaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Atas. Manajer Pendidikan, 11(6), 504–510


Refbacks

  • There are currently no refbacks.