Faktor faktor yang mempengaruhi self regulated learning pada siswa

Rio Alfiansyah, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Self Regulated Learning (SRL) merupakan kemampuan siswa untuk mengarahkan dan mengelola pembelajaran mereka sendiri melalui pengaturan kognitif, motivasional, dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi SRL pada siswa berdasarkan berbagai penelitian terdahulu. Faktor-faktor ini meliputi lingkungan sosial dan keluarga, fasilitas dan kondisi lingkungan belajar, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, strategi pembelajaran, motivasi dan efikasi diri, serta hasil belajar dan pengalaman sebelumnya. Secara umum, penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sosial dan keluarga memberikan dukungan emosional dan moral yang signifikan bagi siswa dalam mengelola pembelajaran mereka. Fasilitas belajar yang memadai dan kondisi lingkungan sekolah yang kondusif juga berperan penting dalam meningkatkan SRL. Penggunaan teknologi, seperti aplikasi pembelajaran online, membantu siswa dalam mengorganisasi, mentransformasi, dan mencari informasi secara mandiri. Strategi pembelajaran yang tepat, seperti pembelajaran berbasis proyek (project based learning), mendorong siswa untuk mengambil tanggung jawab lebih besar atas pembelajaran mereka. Motivasi internal dan efikasi diri yang tinggi juga ditemukan sebagai faktor penting yang mempengaruhi SRL. Siswa yang termotivasi dan percaya diri dalam kemampuan mereka cenderung lebih berinisiatif dalam belajar. Selain itu, pengalaman belajar yang positif dan hasil belajar yang baik meningkatkan keyakinan diri siswa dalam mengelola pembelajaran mereka di masa depan. Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa untuk meningkatkan SRL, penting bagi sekolah dan guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan menyediakan fasilitas yang memadai. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran perlu ditingkatkan, dan strategi pembelajaran yang berfokus pada pengembangan keterampilan manajemen diri siswa harus diterapkan. Dukungan emosional dan motivasi dari guru dan orang tua juga sangat penting untuk memotivasi siswa. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, diharapkan kemampuan SRL pada siswa dapat meningkat, sehingga mereka dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik dan siap menghadapi tantangan masa depan

Full Text:

PDF

References


Azmi, S. (2016). Self regulated learning salah satu modal kesuksesan belajar dan mengajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 19–20.

Dewi, M. (2020). Studi Deskriptif Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Siswa Kelas Xi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (Tkro) Di Smk Muhammadiyah 1 Moyudan Tahun Ajaran 2019/2020.

Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self-Regulated Learning (Srl) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01), 145–155.

Harahap, D. P. (2023). Meningkatkan Self Regulated Learning pada Siswa Melalui Strategi Belajar Berdasar Regulasi Diri. Journal on Education, 5(3), 7056–7068. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1494

Khoerunnisa, N., Rohaeti, E. E., & Ningrum, D. S. ayu. (2021). Gambaran Self Regulated Learning Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 298. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7433

Komara, I. B., & Saputra, W. N. E. (2023). Implementasi bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan Self-Regulated Learning (SLR) siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 1050-1058).

Meilani, D., Cakrawati, D., & Sugiarti, Y. (2017). Analisis Faktor-Faktor Self Regulated Learning Mahasiswa setelah Menggunakan Aplikasi Sistem Pembelajaran Online Spot Analysis of Self Regulated Learning Factors on Students after using Integrated Online Learning System. Edufortech, Volume 2(2). http://ejournal.upi.edu/index.php/edufortech/indexEDUFORTECHhttp://ejournal.upi.edu/index.php/edufortech/index

Pratiwi Wahyu, I., & Sri, W. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Self Regulation Remaja Dalam Bersosialisasi. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan Sdm, 8(1), 1–11. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/psikologi/article/view/589

Sutikno. (2017). KONTRIBUSI SELF REGULATED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01(76), 1–7.

Utari, A., Senen, S. H., & Rasto. (2018). Pengaruh Self Regulated Learning (SLR) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 5(1), 8–14. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK

Wahyu Widodo. (2021). Self Regulated Learning Mahasiswa dan Motivasi Belajarnya Ditinjau dari Motif Memilih Jurusan. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(4), 157–162. https://doi.org/10.58737/jpled.v1i4.27


Refbacks

  • There are currently no refbacks.