Strategi pemanfaatan tiktok sebagai media inovatif dalam layanan bimbingan dan konseling di era generasi z

Muhammad Faiz Mubina, Aprilia Setyowati

Abstract


Media TikTok memiliki peran penting dalam layanan bimbingan dan konseling, terutama dalam penyampaian materi terkait perkembangan pribadi, sosial, akademik, dan karir dengan cara yang menarik dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemanfaatan TikTok dalam proses bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan adalah studi tinjauan pustaka, di mana peneliti mengidentifikasi, menganalisis, dan menafsirkan berbagai sumber. Sumber utama dalam studi ini adalah jurnal penelitian yang diakses melalui Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok membantu guru atau konselor dalam menyampaikan materi kepada peserta didik dengan cara yang menarik. Selain itu, platform ini menyediakan ruang bagi guru untuk membuat konten edukatif di luar proses pembelajaran formal, sehingga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan tambahan.

Full Text:

PDF

References


Ainun, F. P., Mawarni, H. S., Sakinah, L., Lestari, N. A., & Purna, T. H. (2022). Identifikasi Transformasi Digital Dalam Dunia Pendidikan Mengenai Peluang Dan Tantangan di Era Disrupsi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1570-1580.

Aldhora, N., & Apriatama, D. (2021). Bimbingan Kelompok dengan Media Aplikasi Tiktok untuk Meningkatkan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Daring melalui Whatsapp Group. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 5(2), 133-141.

Anggeraja, R. A., Supriyanto, A., Suprihatin, B., & Sajidulloh, I. F. (2022). Manfaat Media TikTok sebagai Strategi dalam Layanan Bimbingan Konseling: Fitur-Fitur TikTok; Pemanfaatan Media TikTok sebagai Strategi Layanan Bimbingan Konseling. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 5(3), 197-206.

Aprillia, F. P. (2022). PENGEMBANGAN SOFT SKILL DAN KUALITAS PRIBADI KONSELOR PADA ERA SOCIETY 5.0. The World of Counselor: Graflit, 89.

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.

Asyari, A., & Mirannisa, M. (2022). Pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Minat Belajar Siswa MA Miftahul Ishlah Tembelok. Islamika, 4(3), 421-432.

B. Kaplan, D. P. Truex, D. Wastell, Wood-Harper, and D. A.T., “Information Systems Research: Relevant Theory and Informed Practice,” pp. 259–274, 2004.

Dewanta, A. A. N. B. J. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 95–102.

Fadlilah, M. I. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).

Ferniansyah, A., Nursanti, S., & Nayiroh, L. (2021). Pengaruh media sosial Tiktok terhadap kreativitas berpikir generasi z. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(9), 4287-4298.

Fanan, M. A., Alfarisyi, A. L., Salsabila, J. A., & Ariella, S. D. (2023). Optimalisasi Media Digital TikTok sebagai Layanan Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Dakwah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 13(1), 70-82.

Fatimah, S. D. F., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Mendemonstrasikan Teks Drama. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 1(2), 120–128.

Jason. (2020). Dunia Media Sosial. https://www.gwi.com/reports/social-2020. Diakses 10 Juli 2024.

Kemp, J. E., & Dayton, D. K. (1985). Planning and producing instructional media. (No Title).

Komara, I. B., & Saputra, W. N. E. (2023). Implementasi bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan Self-Regulated Learning (SLR) siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 1050-1058).

Permassanty, T, D & Muntiani. 2018. Strategi Komunikasi Komunitas Virtual Dalam Mempromosikan Tangerang Melalui Media Sosial. Jurnal penelitian komunikasi. Vol 21. No 2: 173-186.

Royyana, A. (2018). Strategi transformasi digital pada pt. Kimia farma (persero) tbk. Journal of Information Systems for Public Health, 5(2), 15-32.

Randani, Y. N. F., Safrinal, S., Latuconsina, J. Z., & Purwanto, M. R. (2021). Strategi Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Dakwah Untuk Kaum Milenial. At-Thullab: Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 587-601.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.