Literature review: Sumbangsih growth mindset terhadap academic grit
Abstract
Kebutuhan untuk meneliti growth mindset dan academic grit muncul dari keinginan untuk memahami bagaimana keyakinan akan kemampuan berkembang dapat memengaruhi ketahanan dan keinginan siswa untuk mencapai tujuan akademik, diperlukan penelitian tentang pemikiran pertumbuhan dan ketekunan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh growth mindset terhadap academic grit pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengambil,mengumpulkan dan menganalisis berbagai asal bacaan termasuk jurnal ilmiah, buku, dan artikel online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa growth mindset memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan academic grit siswa. Siswa dengan growth mindset yang tinggi cenderung lebih gigih, mampu mengatasi rintangan, dan memiliki motivasi yang lebih besar dalam mencapai tujuan akademik dibandingkan siswa dengan fixed mindset.
Full Text:
PDFReferences
Astrella, N. B., Kholifah, N., Chusnah, A., & Kurniawati, P. D. (2023). Grit mahasiswa tingkat akhir ditinjau dari self-discipline dan self-control. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 10(2), 422–434.
Astrella, N. B., Kholifah, N., Chusnah, A., & Kurniawati, P. D. (2023). Grit mahasiswa tingkat akhir ditinjau dari self-discipline dan self-control. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 10(2), 422–434.
Bhakti, F. S. (2024). The new career awareness scale for students on the Covid-19 pandemic: The Rasch model. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(2). https://doi.org/10.47750/pegegog.14.02.21
Bhakti, F. S. (2024). The new career awareness scale for students on the Covid-19 pandemic: The Rasch model. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(2). https://doi.org/10.47750/pegegog.14.02.21
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Desain penelitian & penyelidikan kualitatif: Memilih di antara lima pendekatan. Sage Publications. https://doi.org/10.35891/jip.v10i2.4348
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Desain penelitian & penyelidikan kualitatif: Memilih di antara lima pendekatan. CA: Sage Publications. https://doi.org/10.35891/jip.v10i2.4348
Fajar, A., Novanto, L., Psikologi, F., Negeri, U. I., Malik, M., & Malang, I. (2023). Pengaruh growth mindset terhadap grit akademik pada santri pesantren mahasiswa Al-Hikam Malang.
Fajar, A., Novanto, L., Psikologi, F., Negeri, U. I., Malik, M., & Malang, I. (2023). Pengaruh growth mindset terhadap grit akademik pada santri pesantren mahasiswa Al-Hikam Malang.
Hariadi, L., Prabowo, P. S. A., & Sunaryono, J. (2021). Hubungan antara growth mindset dengan grit pada mahasiswa Unaki yang telah bekerja. Jurnal IMAGE, 1(2), 73–84.
Hariadi, L., Siska, Adinda, Prabowo, P., & Sunaryono, J. (2021). Hubungan antara growth mindset dengan grit pada mahasiswa Unaki yang telah bekerja. Jurnal IMAGE, 1(2), 73–84.
Kaparang, G. F., & Gahauna, M. (2020). Grit dan mindset pada mahasiswa keperawatan. Klabat Journal of Nursing, 2(2), 8. https://doi.org/10.37771/kjn.v2i2.501
Kaparang, G. F., & Gahauna, M. (2020). Grit dan mindset pada mahasiswa keperawatan. Klabat Journal of Nursing, 2(2), 8. https://doi.org/10.37771/kjn.v2i2.501
Khoiriyah, A. (2023). Pengaruh hope dan growth mindset terhadap grit pada siswa Madrasah Aliyah.
Khoiriyah, A. (2023). Pengaruh hope dan growth mindset terhadap grit pada siswa madrasah aliyah.
Komara, I. B., & Saputra, W. N. E. (2023). Implementasi bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan Self-Regulated Learning (SLR) siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 1050-1058).
Mayshita, A. A., Anggarani, F. K., & Agustina, L. S. S. (2023). Hubungan antara growth mindset dan grit akademik pada mahasiswa bekerja. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 8(1), 34. https://doi.org/10.20961/jip.v8i1.69360
Mayshita, A. A., Anggarani, F. K., & Agustina, L. S. S. (2023). Hubungan antara growth mindset dan grit akademik pada mahasiswa bekerja. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 8(1), 34. https://doi.org/10.20961/jip.v8i1.69360
Pratiwi, M., Dwi Iswari, R., Delaritas Nesvita, M., & Sabila Khairiyah, U. (2023). Growth mindset and grit: Examining the academic buoyancy of college students implementing online lectures. Jurnal Sains Psikologi, 12(1), 70–80. http://dx.doi.org/10.17977/um023v12i12023p70-80
Pratiwi, M., Iswari, R. D., Nesvita, M. D., & Khairiyah, U. S. (2023). Growth mindset and grit: Examining the academic buoyancy of college students implementing online lectures. Jurnal Sains Psikologi, 12(1), 70–80. http://dx.doi.org/10.17977/um023v12i12023p70-80
Primanita, R. Y. (2019). Kontribusi growth mindset terhadap grit pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.
Primanita, R. Y. (2019). Kontribusi growth mindset terhadap grit pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.
Sugara, G. S., Sulistiana, D., & Bariyyah, K. (2022). Model pelatihan growth mindset untuk meningkatkan kegigihan (grit). JKI (Jurnal Konseling Indonesia, 8(1), 8–17. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
Sugara, G. S., Sulistiana, D., & Bariyyah, K. (2022). Model pelatihan growth mindset untuk meningkatkan kegigihan (grit). JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 8(1), 8–17. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
Wahidah, F. R., Wibowo, U. D. A., Gunawan, G., & Luthfiyanti, I. (2023). Growth mindset dan grit pada pimpinan cabang Muhammadiyah. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 13(4), 949. https://doi.org/10.24127/gdn.v13i4.8571
Wahidah, F. R., Wibowo, U., Gunawan, G., & Luthfiyanti, I. (2023). Growth mindset dan grit pada pimpinan cabang Muhammadiyah. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan Psikologi Bimbingan dan Konseling, 13(4), 949. https://doi.org/10.24127/gdn.v13i4.8571
Refbacks
- There are currently no refbacks.