Peran bimbingan dan konseling dalam mengatasi kecanduan rokok elektrik pada remaja

Afna Afifah, Akhmad Fajar Prasetya

Abstract


Perilaku merokok elektrik pada remaja menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru bimbingan dan konseling dalam mengurangi kecanduan rokok elektrik (REL) pada remaja di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif literatur review dengan mengidentifikasi, meninjau, dan menganalisis artikel dan jurnal yanag relevan dengan topik penelitian dengan berbasis data ilmiah.

Temuan utama dari studi ini menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling memiliki potensi besar dalam membantu remaja mengatasi kecanduan rokok elektrik. Intervensi bimbingan dan konseling dapat menyediakan layanan yang lebih spesifik dan efektif, peningkatan kesadaran akan dampak kesehatan, serta pengembangan strategi coping. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas intervensi meliputi hubungan antara konselor dan remaja, layanan konseling terhadap kebutuhan individu, serta dukungan sosial yang tersedia.

Penelitian ini juga menyoroti perlunya integrasi layanan bimbingan dan konseling dalam memaksimalkan efektivitas intervensi. Implikasi praktis dari temuan ini adalah perlunya pengembangan program bimbingan dan konseling yang lebih terfokus pada kecanduan rokok elektrik serta pelatihan yang lebih baik bagi konselor untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menangani masalah ini

Full Text:

PDF

References


Asiah, Imas Nur, and Resti Okta Sari. 2024. “Bimbingan Klasikal Sebagai Upaya Pencegahan Adiksi Merokok Di MTs Ar-Riyadl Kota Cimahi.” Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia 1(2): 325–30.

Berliana, Nova. 2021. “Landasan Teori اديدج.” Dasar-Dasar Ilmu Politik: 18.

Besaratinia, Ahmad, and Stella Tommasi. 2020. “Vaping Epidemic: Challenges and Opportunities.” Cancer causes & control : CCC 31(7): 663–67.

Brown, K. L., & Miller, E. G. 2019. “The Role of Counseling in Addressing Youth Addiction to Electronic Cigarettes A Literature Synthesis.” Addiction Research & Theory.

Diva Widyantari, Donna. 2023. “Dampak Penggunaan Rokok Elektrik (Vape) Terhadap Risiko Penyakit Paru.” Lombok Medical Journal 2(1): 34–38.

Fitria, Evi, Sevrima Anggraini, and Andreanda Nasution. 2023. “Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Merokok Pada Usia Sekolah Menengah Pertama Di Wilayah Mekar Wangi.” Promotor 6(4): 331–36.

GOOD, GOOLMAN. 2015. “済無No Title No Title No Title.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 1(April): 79–89.

Komara, I. B., & Saputra, W. N. E. (2023). Implementasi bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan Self-Regulated Learning (SLR) siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 1050-1058).

Mardiyah, D K. 2021. “Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Pemakaian Rokok Elektrik Di Kelas VIII MTsN 2 Simalungun.” http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11344.

Muiz, Muhammad Rafiul, Wahidah Fitriani, and Aulia Fikri. 2022. “Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Daring Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami 8(2): 109–16.

Nur Aziz, Mutiara Anjani, and Khidayat Muslim. 2023. “Efektivitas Program Bimbingan Konseling Pendidikan: Pendekatan Kasus Di MAS YBH Cimindi.” Jurnal Pelita Nusantara 1(3): 343–49.

Smith, A. B., & Jones, C. D. 2020. “Counseling Interventions for Electronic Cigarette Addiction in Adolescents: A Systematic Review.” Journal of Adolescent Health.

Sumarni, Sri. 2022. “Peran Orang Tua Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun ARTICLE INFO ABSTRACT.” Jurnal Pendidikan Anak 11(2): 171–80.

Vramudya, Arkrishna Rangga. 2016. 済無No Title No Title No Title.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.