Pemanfaatan teknologi oleh guru bimbingan dan konseling dalam mendukung perencanaan karir siswa

Aji Rahmat Imanuddin

Abstract


Salah satu tugas perkembangan seorang siswa di masa remaja yaitu memilih dan mempersiapkan karir. Hakikatnya yaitu memilih suatu pekerjaan yang memiliki kesesuaian dengan kemampuan yang dimiliki oleh diri siswa, dan melakukan persiapan diri serta mempunyai pengetahuan dan keterampilan untuk memasuki pekerjaan yang ingin dicapai. Hambatan dan masalah yang dihadapi siswa remaja dalam menentukan perencanaan karir disebabkan kurang mempunyai pemahaman diri mengenai potensi, minat, bakat, dan pilihan karir. Siswa yang tidak mempunyai pilihan karir yang jelas cenderung mempunyai gangguan emosi dan kepribadian, misalnya gangguan kecemasan, self-esteem yang rendah, pesimis, dan konsep diri yang negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan teknologi oleh guru bimbingan dan konseling atau konselor sekolah dalam mendukung perencanaan karir siswa. Dengan penelitian ini diharapkan dapat mengetahui manfaat teknologi dalam mendukung perencanaan karir siswa yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu systematic literatur review (SLR). Systematic literature review (SLR) merupakan cara yang digunakan untuk melakukan penyelesaian atau pemecahan pada persoalan dengan melaksanakan penelusuran berbagai sumber penulisan yang pernah disusun sebelumnya. Tahapan penelitian systematic literature review, yaitu merumuskan masalah, mencari literature, memilih hasil pencarian literature yang sesuai dengan quality assessment, analyze literature dari artikel yang lolos quality assessment, menyusun kesimpulan penelitian. Hasil penelitian ini yaitu dengan memanfaatkan adanya teknologi informasi dan komunikasi guru bimbingan dan konseling dapat mengembangkan kreativitas, inovasi, dan menciptakan variasi pada pencarian informasi dan pemberian layanan bimbingan karir kepada siswa. Teknologi informasi dan komunikasi mampu memberikan peningkatan serta penguatan pada perencanaan dan kematangan karir siswa. Teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan motivasi kepada siswa untuk mencapai karir yang diinginkan. Oleh karena itu, pemberian informasi melalui layanan bimbingan karir dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dapat membuat siswa terhindar dari perasaan khawatir, cemas, pesimis, serta konsep diri yang negatif dan rendahnya penghargaan pada diri sendiri.

Full Text:

PDF

References


Afdal, A., Suya, M., Syamsu, S., & Uman, U. (2014). Bimbingan Karir Kolaboratif dalam Pemantapan Perencanaan Karir Siswa SMA. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(3), 1–7. https://doi.org/10.29210/110000

Angelina, P. R. (2018). Optimalisasi Bimbingan Dan Konseling Karir di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sntp, 145–152. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/SNTP/article/view/255/226

Basri, A. S. H. (2018). Urgensi Penggunaan Teknologi Media….. Al Isyraq, 1(1), 83–107.

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475

Cahyaningrum, A., & Herdi, H. (2023). Program Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6230–6233. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2602

Fatmawati, A. (2015). Pengembangan Media Blog Sebagai Sarana Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Di Sman 1 Bulukumba. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(2), 163. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i2.1814

Faturrahman & Saputra, W. N. E. (2023). Bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk mereduksi kecemasan Komunikasi siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 871-875).

Febriani, R. D., Febriani, R. D., Universitas, C., & Padang, N. (2018). Persepsi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Terhadap Pendidikan Lanjutan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 70–77.

Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.258

Leksana, D. M. (2015). Pengembangan Modul Bimbingan Karir Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Akademika, 9(2), 290–298. https://doi.org/10.30736/akademika.v9i2.69

Rahmadani, N. (2021). Kinerja Guru Bk Dalam Melaksanakan Program Bk Layanan Bimbingan Karir Di Sma. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 5(1), 37. https://doi.org/10.30598/jbkt.v5i1.1070

Sersiana, L., Malang, U. N., & Timur, J. (2023). Implementasi Teknologi Digital dalam Layanan Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Motivasi Kewirusahaan Siswa.

Setiawan, M. A. (2016). 22 M.Andi Setiawan, M.Pd, Dosen FKIP UM Palangkaraya. Bitnet Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(Februari), 46–49.

Sodiq, D., & Herdi, H. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan dan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(4), 540. https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.3951

Solihah, I. (2023). Media Deka (Digital Eksplorasi Karir) Berbasis Hypermedia Sebagai Tren Karir Era 5.0. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 7(1), 271–276. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6283

Triyono, T., Dwi Febriani, R., Hidayat, H., & Nora Dwi Putri, B. (2019). Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi Kepada Guru Bimbingan Dan Konseling. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 2(1), 71. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v2i1.2829

Triyono, T., & Febriani, R. D. (2018). Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 74. https://doi.org/10.31851/juang.v1i2.2092

Tumanggor, H. R., Sunawan, S., & Purwanto, E. (2018). Keefektifan Layanan Informasi Karir Berbantuan Website Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Sma Di Kota Tarakan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 4(1), 11. https://doi.org/10.31602/jbkr.v4i1.1348

Zamroni, E., Sugiharto, D. Y. P., & Tadjri, I. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Keputusan Karir Pada Program Peminatan Siswa Smp. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 130–136. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/4618

Dede Rahmat Hidayat, W. C. (2019). Karier Teori dan Aplikasinya Dalam Bimbingan danKonseling Komprehensif. Sukabumi: CV Jejak.

Havighurs. (1961). Human Development & Education. New York: David Mckay Co.

Mawar, R. (2012). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Rahma, Ulifa. (2010). Bimbingan karier siswa. Malang: UIN-Maliki Press. ISBN 978-602-958328-1

Saka N, G. I. (2008). Emotional and Personality Related Aspects of Career Decision Making Difficulties . Journal of Career Assessment, NOV, Vol.16(4), 403-424.

Winkel, S. H. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.