Problematik bimbingan dan konseling: Konselor menggunakan layanan konseling sebagai ajang komersial

Lulu Um Maknum, Ulfa Danni Rosada

Abstract


Sopan santun sebagai suatu kebiasaan baik serta didasarkan atas kesepakatan dengan lingkungan dan tempat pergaulan anatar sesama. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui peran keterlibatan orangtua dalam membentuk perilaku sopan santun. Metode yang digunakan adalah literatur review, pengumpulan data dilakukan melalui google schooler dengan rantang waktu 2014-2024 dan dipilih artikel yang paling relavan. Hasil dari penelitian ini adalah keterlibatan orang tua yang holistik dalam mengajarkan dan mempraktikkan perilaku sopan santun kepada anak-anak mereka dapat memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk karakter dan kualitas pribadi anak-anak di masa depan

Full Text:

PDF

References


Amini, M. (2015). Profil keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia TK. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(1), 9-20.

Anggraini, E. (2017). Gambaran Perilaku Pengasuhan Remaja oleh Orang Tua di Lingkungan Keluarga. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5 (2), 87–98.

Aryanti, D. O., Santoso, S., & Kanzunnudin, M. (2021). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Sopan Santun Pada Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1517-1524 .

Diadha, R. (2015). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di taman kanak-kanak. Edusentris, 2(1), 61-71.

Faizah, R. N., Fajrie, N., & Rahayu, R. (2021). Sikap sopan santun anak dilihat dari pola asuh orang tua tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1). Yulaila, N. (2015). Peran keluarga dalam pembentukan karakter sopan santun anak sekolah dasar. Academia, 1(1), 1-8.

Faturrahman & Saputra, W. N. E. (2023). Bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk mereduksi kecemasan Komunikasi siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 871-875).

Lawotan, Y. E., & Uran, M. A. D. (2022). Peran pola asuh orangtua terhadap karakter sopan santun siswa kelas iv sd inpres beru. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 229-233.

Lemong, J. L., Yuwono, E. C., & Yusuf, V. (2023). Picture Book erancangan Buku Bergambar sebagai Media Edukasi Sopan Santun Anak. Serat Rupa Journal of Design, 7(1), 73-90.

Lusianty, M., Marmawi, R., & Miranda, D. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Perilaku Sopan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(10).

Mufida, M. K. K., Kanzunnudin, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Kepribadian Anak di Desa Kancilan. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 784-791.

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh media pembelajaran dan motivasi diri terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649-657.

Putri, F. S., Fauziyyah, H., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi sikap sopan santun terhadap karakter dan tata krama siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4987-4994.

Risthantri, P., & Sudrajat, A. (2015). Hubungan antara pola asuh orang tua dan ketaatan beribadah dengan perilaku sopan santun peserta didik. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 191-202.

Sudarjat, J., & Ramadhini, H. N. (2022). Peran Orangtua Dalam Membentuk Perilaku Siswa. Didaktika Aulia, 2(2), 28-38.

Syahid, A. (2020). Studi Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa pada Kelas VIIIC SMP Negeri 18 Banjarmasin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(4), 5-9.

Widayati, S. (2020). Aturan Sopan Santun dalam Pergaulan. Alprin. Jakarta

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290-302.

Yuliana, D., Murtono, M., & Oktavianti, I. (2021). Pembentukan Karakter Sopan Santun Anak Melalui Pola Asuh Keluarga. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1434-1439.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.