Layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku asertif siswa di smk muhammadiyah 1 bambanglipuro
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan perilaku asertif pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Perilaku asertif sangat penting bagi siswa yang sedang bertransisi menuju masa dewasa, memfasilitasi ekspresi pendapat, kebutuhan, dan perasaan yang jelas dan jujur sambil menghormati orang lain. Meskipun hal ini penting, banyak siswa SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro yang menunjukkan sikap asertif yang tidak memadai, sering kali menunjukkan perilaku pasif atau agresif yang menghambat keberhasilan akademik dan pengembangan pribadi. Bimbingan kelompok muncul sebagai solusi yang menjanjikan dalam konteks pendidikan, menyediakan lingkungan yang mendukung dimana siswa dapat belajar dan mempraktikkan perilaku asertif dengan aman. Melalui interaksi terstruktur, permainan peran, diskusi kelompok, dan simulasi, siswa menerima umpan balik dari rekan dan konselor, sehingga meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan interpersonal mereka. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan interaksi sosial tetapi juga mempersiapkan siswa menghadapi tantangan akademik dan karir di masa depan. Tinjauan literatur menggarisbawahi efektivitas konseling kelompok dalam menumbuhkan perilaku asertif di kalangan siswa. Dengan mengintegrasikan strategi-strategi ini secara komprehensif, sekolah dapat mendukung perkembangan sosial-emosional dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Implikasi praktisnya mencakup peningkatan partisipasi siswa, berkurangnya perilaku yang tidak diinginkan, dan persiapan yang lebih baik untuk upaya sosial dan profesional di masa depan. Kesimpulannya, penerapan konseling kelompok sebagai bagian dari program konseling sekolah merupakan inisiatif strategis untuk meningkatkan perilaku asertif di kalangan siswa SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, membekali mereka dengan keterampilan penting untuk keberhasilan akademik dan kompetensi seumur hidup.
Full Text:
PDFReferences
Djano, A. H., Pautina, M. R., Hulukati, W., & Pautina, A. R. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Asertif pada Mahasiswa. Student Journal of Guidance and Counseling, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.37411/sjgc.v3i1.2126
Maiseptian, F., -, M., & -, Y. (2017). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.30870/jpbk.v2i2.3057
Rejeki, H. W., Rufi’i, R., & Subandowo, M. (2019). Membangun Tingkah Laku Asertif Melalui Pengembangan Modul Teknik Soma Untuk Mencegah Dan Mengatasi Bullying. Jurnal Education and Development, 7(2), 241–247.
Mahpud, E., Hidayat, W., & Irmayanti, R. (2021). Teknik Diskusi Berbantuan Aplikasi Zoom Meeting Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas Xi Smk. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(6), 431. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i6.8385
Amalika Aziza. (2022). Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Asertif Training Dalam Meningkatkan Perilaku Asertif Di Smp Al-Azhar 3 Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22985
Amalianita, B., & Firman, F. (2019). The effectiveness of group guidance in increasing the students assertiveness on prevent drug abuse. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/4.13274
Wagner Lumban Tobing, H., Wagner Lumban Tobing SMK Negeri, H., Merawan Alamat, D., Medan-P Siantar Desa Kalembak Kec Dolok Merawan, J., Serdang Bedagai, K., & Utara Korespondensi penulis, S. (2024). Meningkatkan Kepercayaan Diri Dengan Mengimplementasikan Konseling Kelompok Teknik Asertif Pada Siswa Kelas XI-2 SMK Negeri 1 Dolok Merawan. Journal of Creative Student Research (JCSR), 2(1), 354–364. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v2i1.3560
Saputra, M. R., Fitriana, S., & Aisyah. (2023). Meningkatkan Perencanaan Karir Melalui Bimbingan Kelompok dengan Pemanfaatan Media Berbasis Augmented Reality Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, November, 1138–1143.
Velyna, T., Julia, R., Sarilah, Utomo, J., Mukhtar, A., & Mutmainnah, I. (2023). Upaya Meningkatkan Kohesi Sosial untuk Pencegahan Tawuran Melalui Konseling Realitas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5825–5831.
Refbacks
- There are currently no refbacks.