Literature review: Konseling kelompok dengan teknik behavior contract dalam mengatasi perilaku membolos peserta didik
Abstract
Perilaku bolos merupakan bagian dari bentuk kenakalan remaja. Tidak sedikit peserta didik sekarang yang suka membolos dari sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh Guru BK di sekolah yaitu melaksanakan konseling kelompok dengan teknik behavior contract. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa efektif layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract untuk mengatasi perilaku membolos pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu literature review dengan menggunakan 5 artikel terpilih sesuai kriteria sumber 10 tahun terakhir, dengan menggunakan alat bantu pencari jurnal seperti Google Scholar, Libgen, dan Garuda, serta dengan kata kunci “konseling kelompok”; “teknik behavior contract”; “perilaku membolos peserta didik”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik behavior contract efektif digunakan untuk mengatasi perilaku membolos peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik behavior contract melalui layanan konseling kelompok berhasil dalam mengatasi perilaku bolos peserta didik dengan memodifikasi perilaku maladaptif peserta didik menjadi perilaku adaptif yang diharapkan.
Full Text:
PDFReferences
Anshari, A. (2020). Penerapan Teknik Behavioral Contract Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa Di SMK Negeri 3 SIDRAP. Jurnal Eprints UNM: Universitas Negeri Makasar.
Busmayaril, B., & Havilla, A. (2018). Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Behavioral Contract Sebagai Layanan pada Peserta Didik yang Memiliki Perilaku Membolos. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5(2), 131. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3605
Dewi, O. P., & Pratiwi, T. I. (2018). Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Behavior Contract untuk Mengurangi Perilaku Membolos Pada Siswa Di SMK Kawung 2 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 6(3), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/17012
Fatimatuzzahroh, S., & Muhid, A. (. (2022). Pentingnya Pendekatan Client Centered Therapy dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia).
Fauzan, L. (2009). Kontrak Perilaku.
Fikri, A. (2022). Penerapan Teknik Kontrak Perilaku Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa di SMA NEGERI 11 SIDRAP. Pinisi Joernal Of Education.
Istirahayu, I., & Fitriyadi, S. (2021). Konseling Kelompok Dalam Menurunkan Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya.
Latipun. (2008). Psikologi Konseling. UMM Press.
Nalman A. M., Sutardi, D., & Sulusyawati, H. (2019). Efektifitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavioral Contract Untuk Mengurangi Kebiasaan Membolos Siswa Kelas Xi Sma Negeri 8 Kota Bengkulu. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling.
Novitasari, Z., Aliriad, H., &Khotimah, K. (2018). Keefektifan Teknik Behavior Contract untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa SMK Pondok Pesantren Abu Dzarrin Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Hospitality.
Prayitno. (2005). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Graha Indonesia.
Putri, D. (2020). Profil Kebermaknaan Hidup Siswa Membolos. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia.
Rahman, H. S. (2003). Bimbingan & Konseling Pola 17. UCY Press Yogyakarta: Yogyakarta.
Saputra, I. D. (2018). Efektifitas Konseling Behavioral Teknik Behavioral Contract Untuk Meminimalisir Perilaku Membolos Siswa SMA. FKIP Universitas Banyuwangi Seminar Nasional Pendidikan Budaya Dan Sejarah : “Dibalik Revitalisasi Budaya,” 978-602-72362-7–1, 8–14.
Sukirno, A. (2015). Teori Teknik Konseling. A-Empat: Serang.
Sunaryo, K. (2011). Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis (U. P. @2011 (ed.)).
Yusuf, S. (2014). Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.