Literature review: Integrasi augmented reality dalam bimbingan dan konseling
Abstract
Penggunaan teknologi digital sudah sering kita temui diberbagai kegiatan kehidupan di masyarakat, salah satunya adalah dalam kegiatan bidang pendidikan. Dengan adanya penggunaan teknologi dalam dunia penidikan, siswa dapat mengasah keterampilan dan perkembangan karakter yang optimal dan diperlukan untuk menghadapi tantangan di masa depan. Salah satu dari karakter individu yang perlu untuk dikembangkan adalah kekuatan karakter. Pengembangan kekuatan karakter penting untuk dilakukan dalam pendidikan, khusunya dilakukan oleh konselor sekolah yaitu Guru bimbingan dan konseling. Salah satu media berbasis teknologi yang dapat digunakan Guru BK dalam layanan bimbingan dan konseling adalah Augmented Reality (AR). Studi literatur ini bertujuan untuk memberikan tinjauan sistematis dan terkini mengenai integrasi augmented reality dalam bimbingan dan konseling. Adapun metode yang digunakan peneliti adalah menggunakan metode kajian literatur review dan metode pengumpulan data yang digunakan meliputi jurnal,buku, dan artikel, baik nasional maupun internasional, melalui Google Schoolar. Sehingga diperoleh hasil bahwa media berbasis augmented reality dalam bimbingan dan konseling memiliki potensi guna membantu proses layanan bimbingan dan konseling mencapai tujuan yang akan dicapai lebih inovatif. Serta memberikan dorongan ketertarikan siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling sehingga berdampak positif dalam keaktifan siswa selama proses layanan berlangsung.
Full Text:
PDFReferences
Alimuddin, A., Niaga Siman Juntak, J., Ayu Erni Jusnita, R., Murniawaty, I., & Yunita Wono, H. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Kota SBY, 05(04), 36–38.
Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12.
Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173
Hasanah, I. T., & Sa’adah, N. (2023). Peran Bimbingan Konseling Pribadi Dan Sosial Dalam Menghadapi Generasi Z Di Era Society 5 . 0. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 1436–1442.
Indriani, R., Sugiarto, B., & Purwanto, A. (2016). Pembuatan Augmented Reality Tentang Pengenalan Hewan Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode Image Tracking Vuforia. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 73–78.
Lakadjo, M. A. (2016). Peranan Teknologi Informasi dalam Bimbingan dan Konseling. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 46–49. https://doi.org/10.33084/bitnet.v1i1.770
Nurislaminingsih, R., Rachmawati, T. S., & Winoto, Y. (2020). Pustakawan Referensi Sebagai Knowledge Worker. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 169–182. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.169-182
Saputra, M. R., Fitriana, S., & Aisyah. (2023). Meningkatkan Perencanaan Karir Melalui Bimbingan Kelompok dengan Pemanfaatan Media Berbasis Augmented Reality Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, November, 1138–1143.
Sari, P. I., Dewi, M., Anggraini, R., Mahmudah, S. S., & Rohmani. (2023). Studi Literatur: Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(5), 1731–1740. https://journal.csspublishing/index.php/ijm
Setyawan, B. (2022). Pengenalan Profesi Era Digital ( Media Augmented Reality dan Strategi Layanan Berdiferensiasi ). Prosiding Konseling Kearifan Nusantara …, 380–388. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/2976
Sukma, C. W., Margunayasa, G., & Werang, B. R. W. (2023). Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 4261–4275. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Wadhlah, Z. H., Rahmiawan, N. A., Firdaus, A., & Habsy, B. A. (2024). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Abad 21 dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik dalam Perencanaan Karier melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Tsaqofah, 4(3), 1695–1714. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i3.2971
Yanuarti, R; Hariastuti, R. (2023). Pengembangan Media Perencanaan Karier Berbasis Augmented Reality Untuk Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Gedangan. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 642–648.
Yusup, A, H., Azizah, A., Reejeki, Endang, S., & Meliza, S. (2023). Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 1–13. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575
Refbacks
- There are currently no refbacks.