Penerapan teknik self-management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa: Tinjauan literatur

Fikri Haikal, Sri Tutur Martaningsih

Abstract


Disiplin belajar merujuk pada kemampuan siswa untuk mematuhi peraturan dan ketentuan sekolah guna mencapai kondisi yang lebih baik. Sebagai strategi untuk meningkatkan disiplin belajar, Guru BK di sekolah menerapkan teknik self management. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Meninjau efektivitas teknik self management dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur dengan mengumpulkan 15 artikel dari Google Scholar, yang kemudian disaring menjadi 7 artikel yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir (2014-2024), dengan kata kunci teknik self management, kedisiplinan belajar, dan siswa SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik self management sangat berhasil dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik self management membantu siswa meningkatkan kemampuan mereka dalam mematuhi peraturan dengan mengubah perilaku yang dipengaruhi oleh pikiran dan perasaan, serta mengurangi perilaku yang tidak pantas atau mengganggu.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 1.

Barida, M. &. (2018). Urgensi Pengembangan Model Konseling Kelompok Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa SMP. eJournal.stkipmpringsewu,, 04.

Dyah Eka Suryanti, A. P. (2021). PENTINGNYA PENDEKATAN TEKNIK SELF MANAGEMENTDALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKLOLAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI COVID 19 : LITERATUR REVIEW. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia, 4, 181-192.

Elvina, S. N. (2019). Teknik self management dalam pengelolan strategi waktu kehidupan pribadi yang efektif. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3, 123-138.

Fajriani., J. N. (2016). Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa: Studi Kasus Di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Pencerahan,, 10, 95-102.

Fauzan Adib, B. S. (den 1 agustus 2016). Upaya penigkatan prestasi belajar siswa dengan. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 1, 198-203.

Fitri, A. &. (2023). Literature Review: Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavior Contract Dalam Mengatasi Perilaku. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling,, 7, 271-280.

Hidayati, R. L. (2022). IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN. skripsi.

Jundana, A. (2020). Penerapan Strategi Self-Management Dalam Konseling Kelompok Behavior Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII J Di SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. 143-150.

Khairani Syam Br Manurung1, N. D. (2024). Penerapan Teknik Self ManagementUntuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar SiswaSekolah Menengah Atas (SMA):Systematic Literature Review. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan KonselingVol. 8No.3, Bulan AgustusTahun 2024, 8, 1574-1590.

Nurfadillah Herikusuma, a. s. (2023). Penerapan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Learning Engagement Siswa Kelas VII Smp Negeri 4 Tanasitolo. article, 1-9.

SAVITRI, A. P. (2023). IMPLEMENTASI KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGATASI DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP SATYA DHARMA SUDJANA PT. GUNUNG MADU PLANTATIONS. skripsi.

Sholihah, N. (2013). PENERAPAN STRATEGI SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA TUNADAKSA CEREBRAL PALCY KELAS IV SDLB-D YPAC SURABAYA. Jurnal BK Unesa, 03, 1-3.

Sophie Maylinda Madidar1, A. M. (den 1 mei 2022). Literature Review: Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Managementuntuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. GUIDING W ORLD JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING, 5, 19-26.

Warni, D. J. (2020). EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN KONSELING CLIENT CENTERED DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMA N 1 DUA KOTO. Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami,, 6, 113-119.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.