Pemanfaatan teknologi augmented reality guna meningkatkan minat belajar pada siswa sekolah menengah atas (sma)

Mike Dwi Putra Fitrianto, Agung Budi Prabowo

Abstract


Pentingnya persiapan untuk dapat membuat inovasi dan gebrakan baru terkait pembelajaran disekolah itu harus dipikirkan secara matang. Penggunaan Augmented Reality (AR) bisa untuk membantu menggambarkan atau memvisualisasikan suatu konsep yang masih tidak tersusun sebagai sarana informasi yang mendetail pada suatu objek yang nyata. Dengan demikian, penggunaan teknologi AR dapat memvisualisasikan hasil abstrak pada suatu objek yang nyata serta tentunya teknologi ini sangat membantu untuk dimasukan dalam sistem pembelajaran disekolah. Minat belajar ialah individu yang mempunyai keingininan, ketertarikan, serta perhatian yang signifikan terhadap suatu hal tanpa adanya pemaksaan ataupun suatu tekanan. Artikel ini bertujuan agar mengetahui pemanfaatan teknologi Augmented Reality yang bisa meningkatkan minat belajar siswa kusususnya siswa sekolah menengah atas. Metode yang digunakan didalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis study literatur atau literatur review. Hasil penelitian ini menunjukan pemanfaatan teknologi (AR) dapat meningkatkan minat belajar pada siswa. Pemanfaatan teknologi Augmented reality ini memiliki pengaruh besar untuk meningkatkan ketertarikan siswa didalam belajar dan mampu memberikan pengalaman pembelajaran yang inovatif, menyenangkan, dan interaktif.


Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Arlina, Amini, A., Ainun, N., & Maharani, M. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MIS SKB 3 Menteri AL-Ikhwan Desa Mekar Tanjung Kab. Asahan. Ainara Journal, 4(1), 34.

Besare, S. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18–25. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p018

Dalimunthe, M. I. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi di Universitas Medan Area. Jurnal Mutiara Akuntansi, Volume 5 N(2), 99–108.

Harahap, A., Sucipto, A., & Jupriyadi, J. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i1.266

Hartanto, R. S. W., & Dani, H. (2016). Studi Literatur: pengembangan media pembelajaran dengan software autocad. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 1–6.

Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap prestasi Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, 01(02), 451–457.

Mahpudin. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 168–175. https://doi.org/10.5281/zenodo.5564696

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2014

Nurlia, N., Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2). https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6552

Pharausia, T. V., Afirianto, T., & Amalia, F. (2021). Penerapan Teknologi Augmented Reality Dalam Pengenalan Struktur Hardware Komputer Pada Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK TKJ. Fountain of Informatics Journal, 7(1), 38. https://doi.org/10.21111/fij.v7i1.6432

Prayuga, Y., & Abadi, A. P. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Jurnal UNSIKA, 1052–1054. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Qiao, X., Ren, P., Dustdar, S., Liu, L., Ma, H., & Chen, J. (2019). Web AR: A Promising Future for Mobile Augmented Reality-State of the Art, Challenges, and Insights. Proceedings of the IEEE, 107(4), 651–666. https://doi.org/10.1109/JPROC.2019.2895105

Redjeki, F., & Affandi, A. (2021). Utilization of Digital Marketing for MSME Players as Value Creation for Customers during the COVID-19 Pandemic. International Journal of Science and Society, 3(1), 40–55. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v3i1.264

Sandri, D., Isnaniah, & Tisnawati, T. (2023). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas Ix Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 175–185.

Sapulette, V. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Teacher Education, 5, 208–213. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/17417

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373

Sugiarso. (2024). Penerapan Teknologi AugmentedReality Dalam Menyajikan MateriPembelajaran Untuk MeningkatkanMinat Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran7, 7(2), 4999–5004.

Tzima, S., Styliaras, G., & Bassounas, A. (2019). Augmented reality applications in education: Teachers point of view. Education Sciences, 9(2). https://doi.org/10.3390/educsci9020099

Vari, Y. (2022). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 Di Pembelajaran IPA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 70–75. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v11i2.55984

Yusup, A, H., Azizah, A., Reejeki, Endang, S., & Meliza, S. (2023). Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 1–13. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575


Refbacks

  • There are currently no refbacks.