Strategi layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan perilaku asertif di smk negeri 5 yogyakarta

Emiko Saraswaty, Muya Barida

Abstract


Permasalahan asertif di Indonesia khususnya dilingkungan sekolah masih sangat memprihatinkan, karena jika peserta didik perilaku asertifnya rendah maka akan berdampak yang negatif terhadap kegiatan sehari-hari mereka, seperti tidak mampu mengemukakan pendapatnya, tidak mampu berinteraksi sosial dengan baik, dan bahkan dapat menjadi korban perundungan (bullying). Sedangkan pada lingkungan sekolah dituntut untuk dapat mengemukakan pendapat dengan baik, berinteraksi sosial, dan mengungkapkan keinginannya dengan jujur dan terbuka. Maka dari itu kondisi ini memerlukan perhatian khusus dari guru bimbngan dan konseling agar peserta didik dapat meningkatkan perilaku asertif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan kayanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan perilaku asertif peserta didik di SMK Negeri 5 Yogyakarta.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus tentang cara untuk  perilaku asertif peserta didik SMK Negeri 5 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan klasikal efektif untuk meningkatkan perilaku asrtif peserta didik. Teknik sosiodrama dalam bimbingan klasikal terbukti meningkatkan perilaku asertif pada peserta didik secara signifikan. Maka, penerapan lyanan bimbingan klasikal dengan teknik sosiodrama dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan asertif peserta didik di SMK Negeri 5 Yogyakarta.

Full Text:

PDF

References


Sari, N. W., Yusmansyah, Y., & Utaminingsih, D. (2014). Pengaruh teknik sosiodrama untuk peningkatan perilaku asertif siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 3(4)

Lianasari, D., Japar, M., & Purwati, P. (2018). Efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming untuk meningkatkan kemampuan perilaku asertif siswa. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 3(1), 6-10.

Lusihana, L. (2020). Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Sosiodrama (Bermain Peran) Di SMAN 1 Maliku. Jurnal Inovasi Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1-8.

Sedyawati, S. (2020). Peningkatan Perilaku Asertif Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(2), 43-49.

Wijayanti, W. A., & Nusantoro, E. (2022). Hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif dalam menyampaikan pendapat di kelas pada siswa smpn 21 semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(1), 17-24.

Aryanto, W., Arumsari, C., & Sulistiana, D. (2021). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja. Quanta, 5(3), 95-105.

Hasanah, A. M. A., Suharso, S., & Saraswati, S. (2015). Pengaruh perilaku teman sebaya terhadap asertivitas siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(1).

Astuti, D. W., & Muslikah, M. (2019). Hubungan Antara konsep diri dengan perilaku asertif siswa kelas XI. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 168-182.

Pramudawardani, O. F., Uyun, D., & Uyun, Z. (2018). Hubungan Antara Relasi Sosial Teman Sebaya Dengan Perilaku Asertif (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA).

Dewi, K. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama terhadap Perilaku Asertif Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(3), 8-14.

RESKIANI, E. (2021). SKRIPSI PENGARUH SELF ESTEEM TERHADAP PERILAKU ASERTIF PADA MAHASISWA DI KOTA MAKASSAR (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BOSOWA).

Novalia & Dayakisni, T. (2013). Perilaku asertif dan kecenderungan menjadi korban bullying. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 169-175.

MAHARANI, A. A. (2021). ABSTRAK ANALISIS PERILAKU ASERTIF PADA SISWA BINA LINGKUNGAN KELAS X DI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG.

Hidayatullah, R. M., & Alifah, N. (2022). Perilaku asertif dengan harga diri mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran daring. PSYCOMEDIA: Jurnal Psikologi, 2(1), 14-32.

Maitala, A., SMith, M. B., & Tuasikal, J. M. S. (2023). Perilaku Asertif Siswa SMK Negeri 2 Gorontalo. Student Journal of Guidance and Counseling, 2(2), 168-179.

Hasanah, N., Simarmata, S. W., Magfiroh, S. H., & Juliantina, J. (2022). Pengaruh Hubungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Asertif Siswa di SMKS Putra Jaya Stabat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 11(2), 53-57.

Astuti, T., Widiansyah, S., & Lindawati, Y. I. (2023). Hubungan Perilaku Asertif dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Cibungbulang, Kab. Bogor. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(2), 975-983.

Butar, M. B. (2017). Hubungan perilaku asertif dengan kenakalan remaja pada siswa SMP Negeri 6 Kota Tebing Tinggi. Jurnal PGSD FIP UNIMED, 7(4).

Aryanto, W., Arumsari, C., & Sulistiana, D. (2021). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja. Quanta, 5(3), 95-105.

Husnah, S., Wahyuni, E., & Fridani, L. (2022). Gambaran Perilaku Asertif Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1370-1377.

Apriyeni, E., Patricia, H., Rahayuningrum, D. C., & Angraini, S. S. (2021). Penerapan Assertive Training Terhadap Psychological Well-Being Pada Remaja. Khidmah, 3(2), 364-372.

De Vaus, D. A. (2014). Surveys in social research. Sydney, Australia: Allen & Unwin.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.