Peranan guru bimbingan dan konseling meningkatkan prestasi belajar di smp negeri 1 banguntapan

Carista Indah Larasati, Agung Budi Prabowo

Abstract


Pendidikan merupakan fasilitas yang dapat membantu manusia untuk berfikir dengan nilai-nilai yang berintelektual yang diwujudkan oleh peserta didik. Dengan adanya pendidikan dapat membantu untuk memajukkan kesemprunaan hidup. Pendidikan sangat penting, terutama disekolah namun masih banyak hambatan khsuusnya siswa dalam pembelajarannyanya. Maka dari itu perlunya upaya guru bimbingan dan konseling dalam membantu siswa yang kesulitan dalam prestasi belajarnya. Sehingga siswa dapat mengatasi permasalahan dalam prestasi belajar dengan adanya guru bimbigan dan konseling. Guru bimbingan dan konseling memiliki peran kunci dalam mengidentifikasi dan mengembangkan potensi akademik siswa. Dengan melalui program konseling yang terstruktur dan dukungan dari individu mampu memberikan keterampilan sosial yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan diakademik. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran mengenai prestasi belajar pada siswa di SMP Negeri 1 Banguntapan.


Full Text:

PDF

References


(Farid, 2016; Hoffman, n.d.; Sari, 2016; Wahyuni, 2020; Zuhri & Sutopo, 2017)Farid, F. (2016). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Aliyah Alkhairaat Siniu Kec. Siniu Kab. Parigi Moutong. http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1354/

Hoffman, D. W. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.

Nisa, A. M. K. (2020). Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Negeri 1 Sekaran. Skripsi, 15–49. etheses.iainkediri.ac.id

Sari, T. R. (2016). Skripsi PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI MTsN 2 DELI SERDANG. Https://Medium.Com/. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Wahyuni, M. (2020). Strategi Guru BK dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP YP. Al-Maksum Cinta Rakyat Percut Sei Tuan Deli Serdang. Strategi Guru BK Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP YP. Al-Maksum Cinta Rakyat Percut Sei Tuan Deli Serdang, 2(2), 160–174.

Zuhri, S., & Sutopo, ). (2017). BUSYRO : Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies Peran Guru Bimbingan Konseling terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan Tahun. 02(02), 73–82.

Tu’u, Tulus, 2004, Peran Disipliln pada perilaku dan prestasi Siswa, Jakarta: Gramedia widiasarana

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitati dan R & D). Bandung: Alfabeta

Sugiyono, Prosedur Penelitian kualitatif Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta 2014.

Sardiman, Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Pustaka Setia, 2015

Willis, Pengembangan Profesi Guru BK Bandung: Pustaka Setia, 2012. http://id.wikipedia. org/wiki/pendidikan/ psikologis di akses tgl 05/05/ 2018

Muhammad Nasib Ar-Rifa’i. 2000. Kemudahan dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 2. Jakarta: Gema Insani Press, h. 1078.

Dewa Ketut Sukardi dan Desak P.E Nila Kusmawati. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, h. 4-5.

Tohirin. 2014. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, h.137


Refbacks

  • There are currently no refbacks.