Strategi layanan bimbingan klasikal untuk mengatasi academic burnout pada siswa smk negeri 1 lelea
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi layanan bimbingan klasikal yang efektif untuk mengatasi academic burnout pada siswa. Academic burnout merupakan kondisi kelelahan fisik dan mental yang dialami oleh siswa akibat tuntutan akademik yang berlebihan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru bimbingan konseling, kepala sekolah, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi layanan bimbingan klasikal yang efektif untuk mengatasi academic burnout pada siswa meliputi: 1) Memberikan pemahaman tentang academic burnout dan pengelolaannya, 2) Melatih manajemen waktu dan keterampilan belajar yang efektif, 3) Memfasilitasi pengembangan minat dan bakat siswa, 4) Membangun hubungan yang suportif antara guru dan siswa, serta 5) Melibatkan orang tua dalam mendukung siswa. Strategi-strategi tersebut terbukti efektif dalam menurunkan tingkat academic burnout dan meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kompetensi guru bimbingan konseling dalam menerapkan layanan bimbingan klasikal yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Full Text:
PDFReferences
Baum, A., Reverson, T. A., & Singer, J. (2012). Handbook of Psychology Health Second Edition.
Charkhabi, M., Abarghuei, M. A., & Hayati, D. (2013). The association of academic burnout with self-efficacy and quality of learning experience among Iranian students. SpringerPlus, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.1186/2193-1801-2-677
Farahani, M. H., Kasirlou, L., & Inanlou, F. (2016). Academic Burnout : A Descriptive-Analytical Study of Dimensions and Contributing Factors in Nursing Students. Austin Journal of Nursing & Health Care Open, 3(2), 1–5.
Hamzah, Sugiharto, D. Y. P., & Tadjri, I. (2017). Efektifitas Konseling Kelompok dengan Teknik Relaksasi Religius untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Mahasiswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 7–12.
Hasan, Sugiharto, D. Y. P., & Sunawan. (2019). Group counseling with self instruction technique to enhance self efficacy and reduce academic burnout. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 91–96. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/27663 Group
Herawati, A. A., Dharmayana, W., & Bastian, R. (2022). Hubungan Locus Of Control terhadap Academic Burnout Siswa Selama Masa Pandemic Covid-19. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(3), 22–32. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Khairani, Y., & Ifdil, I. (2015). Konsep Burnoutpada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 208. https://doi.org/10.24036/02015446474-0-00
Lin, S. H., & Huang, Y. C. (2014). Life stress and academic burnout. Active Learning in Higher Education, 15(1), 77–90. https://doi.org/10.1177/1469787413514651
Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job Brunout. Annual Review of Psychology, 397–422.
Pekrun, R., Frenzel, A. C., Goetz, T., & Perry, R. P. (2007). The Control-Value Theory of Achievement Emotions. An Integrative Approach to Emotions in Education. Emotion in Education, 13–36. https://doi.org/10.1016/B978-012372545-5/50003-4
Primita, H. Y., & Wulandari, D. A. (2014). Pada Atlet Bulutangkis Di Purwokerto Relationship Between Achievement Motivation With Burnout in Badminton Athletes in Purwokerto. Psycho Idea, 12(1), 10–18. http://id.wikipedia.org
Salmela-Aro, K., & Read, S. (2017). Study engagement and burnout profiles among Finnish higher education students. Burnout Research, 7(August), 21–28. https://doi.org/10.1016/j.burn.2017.11.001
Schaufeli, W. B., Martínez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Barker, A. B. (2002). Burnout and engagement in university students a cross-national study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5), 464–481. https://doi.org/10.1177/0022022102033005003
Walburg, V. (2014). Burnout among high school students: A literature review. Children and Youth Services Review, 42(October), 28–33. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2014.03.020
Widari, N. K., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Behavioral Dengan Teknik Relaksasi Untuk Menurunkan Kejenuhan Belajar Siswa Kelas X Mia 2 Sma Negeri 2 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2 No 1(1), 1–11.
Yang, H. J. (2004). Factors affecting student burnout and academic achievement in multiple enrollment programs in Taiwan’s technical-vocational colleges. International Journal of Educational Development, 24(3), 283–301. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2003.12.001
Refbacks
- There are currently no refbacks.