Peningkatan kesadaran kesehatan mental generasi z melalui strategi kolaborasi guru bk dan orang tua: Studi kepustakaan

Habibullah Habibullah, Hana Fitria Noor Baity

Abstract


Akibat perubahan di era Society 5.0, kesadaran anak-anak generasi Z akan pentingnya kesehatan mental  masih sangat rendah. Terdapat fenomena dimana orang tua tidak memperhatikan kondisi mental anaknya, melainkan hanya fokus pada kondisi fisik anaknya sehingga menghambat tumbuh kembangnya. Untuk mengatasi hal tersebut maka peran seorang konselor dalam menangani permasalahan yang muncul sangatlah penting. Strategi kolaboratif antara orang tua dan konselor merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran kesehatan mental pada anak maupun orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi kolaborasi antara orang tua dan konselor dalam meningkatkan kesadaran kesehatan mental pada generasi Z di era Society 5.0. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan literature review desain Kuhlthau (2002). Penelitian ini menggunakan 14 sumber referensi primer diperoleh dari artikel, jurnal, dan konferensi prosiding nasional dan internasional. Hasil penelitian dibahas pada bagian pembahasan, sebaiknya dilengkapi dengan penelitian lebih lanjut. Rekomendasi penelitian yang perlu dilakukan adalah implementasi lebih mendalam terhadap strategi kolaborasi orang tua dan guru BK untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kesadaran kesehatan mental antara anak maupun orang tua. Penelitian lain yang dapat dilakukan berdasarkan hasil literature review adalah studi kualitatif tentang bagaimana pemaknaan kolaborasi orang tua dan guru BK dalam upaya meningkatkan kesadaran kesehatan mental anak.


Full Text:

PDF

References


Adha, M. M., & Ulpa, E. P. (2021). Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak/Peserta Didik Di Era Modern. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 90-100.

Afdal, A. (2015). Kolaboratif: Kerangka kerja konselor masa depan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(2), 1-7. https://doi.org/10.29210/12400

Allen et al. (2007). Predictors, costs and characteristics of out of are placement for people with intelelectual disability and challenging behavior. Journal of Intellectual Disabillity Research, 51(6), 409-416.

Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan dan Konseling Komprehensif: dari paradigma menuju aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2). 93-106. https://doi.org/10.52657/jfk.v1i2.96

Cobb, C. L. (2023). Editorial Perspective: Reducing mental health disparities among underserved youth: using technology to equip parents as agents of change. In Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines (Vol. 64, Issue 3, pp. 480–483). John Wiley and Sons Inc. https://doi.org/10.1111/jcpp.13703

Dor, A. (2012). Parents’ Involvement in School: Attitudes of Teachers and School Counselors. US-China Education Review B 11, 921-935.

Epstein, J. K. (2008). Improving family and community involvement in secondary schools. The Education Digest, 73(6), 9-12.

Epstein, J., & Sanders, M. (2006). Prospects for change: Preparing future educators for school, family and community partnerships. Peabody Journal of Education, 81, 81–120.

Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral, B. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap tingkat stres dan kecemasan mahasiswa selama pandemi COVID-19. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113-123.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. 2006. How to Design and Evaluate Research in Education, Sixth Edition. New York: Mc Graw-Hill.

Izzuddin, A. (2018). Implikasi Lingkungan Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa SDN 4 Gunung Rajak. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1). 134-162. https://doi.org/10.36088/fondatia.v2i1.122

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Laporan Kesehatan Nasional Riskesdas Tahun 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Jakarta. 674 hal.

Kuhltau, C. C. 2002. Teaching The Library Research. USA: Scarecrow Press Inc.

La Base, D. M., Saputra, N. W., Pritanto, B. J., Wikamto, R. F., & Herbawani, C. K. (2023). Peran Lingkungan Keluarga pada Gangguan Kesehatan Mental Remaja di Indonesia: Studi Literatur. Sehat: Jurnal Kesehatan Terpadu, 2(2), 59-67. https://doi.org/10.31004/sjkt.v2i2.15249

Lamasigi, A. W. I., Rahmanissa, S., Iriani, L. A. A., & Putra, N. I. (2022). Counseling On Mental Health Awareness of Children of The Nation. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(2), 76-84.

Li, C., Jiang, S., Fan, X., & Zhang, Q. (2020). Exploring the impact of marital relationship on the mental health of children: Does parent–child relationship matter?. Journal of Health Psychology, 25(10–11), 1669–1680. https://doi.org/10.1177/1359105318769348

Mirzaqon, A., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK Unesa, 1, 1-8.

Moh. Nazir. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Putri, A. I., Soesanto, E., Hanafi, A. R., & Ramadhani, N. (2023). Upaya Masyarakat dalam Kesadaran Mengenai Mental Health dalam Lingkungan Sekolah Menengah Pertama. Medic Nutricia: Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(5), 71–80. https://doi.org/10.5455/nutricia.v1i5.1647

Salerno, J. P. (2016). Effectiveness of Universal School-Based Mental Health Awareness Programs Among Youth in the United States: A Systematic Review. Journal of School Health, 86(12), 922–931. https://doi.org/10.1111/josh.12461

Sánchez-Núñez, M. T., García-Rubio, N., Fernández-Berrocal, P., & Latorre, J. M. (2020). Emotional intelligence and mental health in the family: The influence of emotional intelligence perceived by parents and children. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(17), 1–21. https://doi.org/10.3390/ijerph17176255

Savera, T. R., Suryawan, W. H., & Setiawan, A. W. (2015). Deteksi Dini Kanker Kulit Menggunakan K-Nn Dan Convolutional Neural Network. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(2), 1–212. https://doi.org/10.1142/9488

Sihabudin, M. (2015). Peranan orang tua dalam bimbingan konseling siswa. Jurnal Kependidikan, 3(2), 123-137. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.903

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wang, X., Cai, L., Qian, J., & Peng, J. (2014). Social support moderates stress effects on depression. International Journal of Mental Health Systems, 8(1), 1–5. https://doi.org/10.1186/1752-4458-8-41

Yan, Z., Yu, S., & Lin, W. (2023). Parents’ perceived social support and children’s mental health: the chain mediating role of parental marital quality and parent‒child relationships. Current Psychology, 1-13. https://doi.org/10.1007/s12144-023-04625-x

Zed, M. (2003). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.