Layanan bimbingan kelompok dengan permainan dart board dalam upaya meningkatkan pemahaman diri

Uky Wahyu Ningsafitriyah

Abstract


Pemahaman diri adalah mengenali diri yang mendalam atas kemampuan dan potensi diri yang mencakup ranah sikap, nilai, minat, kepribadian, dan abilitas  pada penenalan diri pribadi yang mencakup atas pengenalan keunggulan dan pengenalan kekurangan sendiri. Layanan Bimbingan Kelompok merupakan upaya membimbing individu yang memerlukan bantuan dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Dengan teknik permainan Dart board adalah permainan yang menggunakan papan panahan alat dengan melempar panah ke papan yang dimodifikasi untuk meningkatkan pemahaman diri siswa. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 1 Nguntoronadi terdapat peserta didik yang masih memilki hambatan dalam pemahaman diri sendiri yang mana belum secara penuh mengenali bakat, minat, kekurangan maupun kelebihan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman diri melalui layanan bimbingan kelompok dengan permainan dart board. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Kegiatan penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Nguntoronadi pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan subjek 4 peserta didik kelas VII yang memiliki tingkat pemahaman diri yang rendah. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan melalui layanan bimbingan kelompok  dengan permainan dartboard dapat meningkatkan pemahaman diri pada siswa kelas VII. Hal tersebut dibuktikan terdapat peningkatan setiap siklus.


Full Text:

PDF

References


Asmara, Tejo. 2021. Meningkatan Tanggung Jawab Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management. Jurnal Prakarsa Paedagogia. 4 (1).

Azhari, dkk. 2017. Penggunaan Media Papan Dart Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. Vol 2, No 1 hal 2011-2020

Baron, R.A & Branscombe, N. (2011). Social Psychology. Boston: Pearson.

Desousa, D. A & Santos, E. (2012). Intimate Friendship Relationships Between Young Adults. Paideia, Vol. 22 (53), hal. 325-333

Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawati S. (2012). Teori – Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media

Kurniasih dkk, 2020. Hubungan Pemahaman Diri Terhadap Rasa Tanggung Jawab: Sebuah Survey Pada Anak Usia Dini di Kota Surabaya. Child Education Journal. Volume 2, No. 2 hal 98- 105

Kurnanto E. 2014. Bimbingan Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, Y & Sudrajat, A. (2018). Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Vol. 15(2), hal. 149-163.

Purnamasari & Nisa. 2020. Dart-Board Game Project” Sebagai Latihan Fokus Untuk Persiapan Ujian TOEP. Wanastra : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 12 No. 2 hal 242-246

Sugiyono. 2017. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: IKAPI

Sukardi, D.W. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Supratiknya, A. 1995. Komunikasi antar Pribadi, Tujuan Psikologis. Yogyakarta: Kanisius.

Wibowo. M.U. 2019. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.

wulandari, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Media Dart Board Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017. Alotrop, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. Vol 2(1):20–24


Refbacks

  • There are currently no refbacks.