Efektivitas Konseling Motivational Interviewing (MI) dalam Mereduksi Adiksi Smartphone Siswa

Arif Setiawan, Dwi Yuwono Puji Sugiharto, Edy Purwanto

Abstract


Tujuan dalam penelitian adalah untuk menguji efektivitas konseling motivational interviewing dalam mereduksi adiksi smartphone siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest posttest dengan menggunakan tindakan berulang. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa, diambil dari berdasarkan karakteristik yang memiliki adiksi smartphone tinggi dengan menggunakan teknik analisa data ANOVA. Instrumen yang berupa smartphone addiction scale-short version (SAS-SV) (Kwon et al., 2013). Konseling Motivational Interviewing dilakukan dalam 4 sesi untuk setiap konseli dalam bentuk konseling individu. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata T1 dari 57,67 (SD = 1,75) yang kemudian tiba pada pengukuran T4 yang diperoleh dengan rata-rata 30,67 (SD = 0,82). Maka secara umum, konseling motivational interviewing efektif dalam mereduksi adiksi smartphone siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, pendekatan motivational interviewing dapat direkomendasikan kepada guru BK untuk bisa menerapkan metode ini sebagai upaya untuk mereduksi adiksi smartphone siswa di sekolah.



Full Text:

PDF

References


Antonius J. van Rooij, Mieke F. Zinn, Tim M. Schoenmakers, D. van de M. (2012). treating internet addiction with cognitive-behavioral therapy: a thematic analysis of the experiences of therapists. Int J Ment Health Addiction, 10, 69–82. https://doi.org/10.1007/s11469-010-9295-0

Arsand, E., Muzny, M., Bradway, M., Muzik, J., & Hartvigsen, G. (2015). Performance of the first combined smartwatch and smartphone diabetes diary application study. Journal of Diabetes Science and Technology, 9(3), 556–563. https://doi.org/10.1177/1932296814567708

Aznar-Díaz, I., Trujillo-Torres, J.-M., Alonso-García, S., & Rodríguez-Jiménez, C. (2019). Sociodemographic factors influencing smartphone addiction in university students. Research in Social Sciences and Technology, 4(2), 137–146. https://doi.org/10.46303/ressat.04.02.10

Boumosleh, J. M., & Jaalouk, D. (2017). Depresi , kecemasan , dan kecanduan smartphone di universitas siswa-Sebuah studi cross sectional Abstrak. 1–14.

Dwi Yuwono Puji Sugiharto, Sigit Hariyadi, Zakki Nurul Amin, M., & Muslikah, E. P. N. (2019). pengembangan kompetensi konselor melalui pelatihan konseling motivational interviewing (MI) berbasis local wisdom budaya jawa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 2.

Haug, S., Paz Castro, R., Kwon, M., Filler, A., Kowatsch, T., & Schaub, M. P. (2015). Smartphone use and smartphone addiction among young people in Switzerland. Journal of Behavioral Addictions, 4(4), 299–307. https://doi.org/10.1556/2006.4.2015.037

Hussain, Z., Griffiths, M. D., & Sheffield, D. (2017). An investigation into problematic smartphone use: The role of narcissism, anxiety, and personality factors. Journal of Behavioral Addictions, 6(3), 378–386. https://doi.org/10.1556/2006.6.2017.052

King, D. L., Delfabbro, P. H., Griffiths, M. D., & Gradisar, M. (2011). Assessing clinical trials of Internet addiction treatment: A systematic review and CONSORT evaluation. Clinical Psychology Review, 31(7), 1110–1116. https://doi.org/10.1016/j.cpr.2011.06.009

Kwon, M., Kim, D. J., Cho, H., & Yang, S. (2013). The smartphone addiction scale: Development and validation of a short version for adolescents. PLoS ONE, 8(12), 1–7. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0083558

M. Anshari, Y. Alas, G. Hardaker, J.H. Jaidin, M. Smith, A. D. A. (2016). smartphone habit and behavior in Brunei: Personalization, gender, and generation gap. Computers in Human Behavior, 64, 719–727. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.07.063

Miller, W. R., & Rollnick, S. (2012). Chapter 6. Core Interviewing Skills: OARS. In Applications of Motivational Interviewing.

S. Ingersoll, C. C. W. K. (2013). Motivational Interviewing in Groups. Guilford Press.

Utami, A. N. (2019). Dampak Negatif Adiksi Penggunaan Smartphone Terhadap Aspek-Aspek Akademik Personal Remaja. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/pip.331.1

Wolniewicz, C. A., Tiamiyu, M. F., Weeks, J. W., & Elhai, J. D. (2018). Problematic smartphone use and relations with negative affect, fear of missing out, and fear of negative and positive evaluation. Psychiatry Research, 262(May 2017), 618–623. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2017.09.058

Woog, K. (2016). Proposed Gaming Addiction Behavioral Treatment Method. Addicta: The Turkish Journal on Addictions, 3(2), 271–279. https://doi.org/10.15805/addicta.2016.3.0108

Yıldırım, S., & Ayas, T. (2020). Examination of the Relationship among Adolescents’ Subjective Well- Being, Parenting Styles with Smartphone in terms of different variables. International Journal of Psychology and Educational Studies, 7(1), 61–75.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.