Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur melalui Pembelajaran Kontekstual

Ario Arif Ardiansyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika  siswa kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur melalui pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang diperolah dari penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Subjek pada penelitian ini berjumalah 39 siswa yang terdiri 24 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai sebesar 76,37 pada siklus I dengan ketuntasan belajar 66,77% dan siklus II memperoleh rata-rata nilai sebesar 82,89 dengan presentase ketuntasan belajar 84,61%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan adanya kegiatan konstruktivisme (constructivism),menemukan (Inquiry), bertanya( Questioning), masyarakat belajar (Learning community), pemodelan (modelling), refleksi (reflection), dan penilaian autentik (authentic assessment)  dalam setiap kegiatan pembelajaran.



Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tuntunan lengkap metodologi praktis penelitian pendidikan. Jogjakarta: Diva Press

Bellanca, James. 2011. 200+ Strategi dan proyek pembelajaran aktif untuk melibatkan kecerdasan siswa, edisi ke dua. Jakarta : PT Indeks

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hambali, Adang. dkk. 2013. Psikologi Kepribadian. Bandung: Pustaka Setia.

Johnson, Elaine B. 2010. Contextual Teaching and learning : menjadikan kegiatan belajar-mengajar mengasyikaan dan bermakna. (penerjemah Ibnu Setiawan). Bandung : Mizan Learning Center (MLC).

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual konsep dan aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Kunandar. 2009. Guru professional implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta: PT Rajafindo Persada

Madeamin, Ishaq. 2010. Model PTK spiral dari Kemmis dan MC Taggart. Diakses dari http://bugishq.blogspot.com/2010/12/model-ptk-3-model-spiral-darikemmis. html pada tanggal 29 Oktober 2012.

Miftahul Jannah. (2007). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Tanjung Brebes Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) Pada Sub Materi Pokok Bahasan Persegi panjang Dan Persegi Tahun Pelajaran 2006/2007. http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/index/assoc/HASH01aa/9f 9eeb17.dir/doc.pdf. Diakses pada tanggal 1 Juni 2010

Oemar Hamalik. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Riduwan dan Akdon. (2007). RUMUS dan DATA dalam APLIKASI STATISTIKA untuk Penelitian : [Administrasi Pendidikan-BisnisPemerintahan-Sosial-Kebijakan-Ekonomi-Hukum-ManajemenKesehatan]. Bandung : Alfabeta.

Sinaga, Elisabeth Elseriani. 2011. Meningkatkan keterlibatan dan prestasi belajar IPS melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SD Kanisius Sengkan Yogyakarta. Yogyakarta : PGSD Universitas Sanata Dharma.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyanto. 2009. Model-model pembelajaran inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Yudhawati dan Haryanto. 2011. Teori-teori dasar psikologi pendidikan. Jakarta : Prestasi Pustaka

Syaiful Sagala. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Banduang : Alfabeta

Tanireja,Pujiati dan Nyata. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk pengembangan profesi guru praktik, praktis dan mudah. Bandung : Alfabeta

Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif progresif : konsep, landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Grup


Refbacks

  • There are currently no refbacks.