Penerapan Konseling Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Merokok pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Comal

Barkafik Ali Hasan

Abstract


Perilaku merokok dapat membahayakan yang mengkonsumsinya dan yang menghirup asapnya. Terlebih lagi di dalam sebuah rokok terdapat suatu zat yang menyebabkan efek kecanduan. Tujuan penelitian untuk mengurangi perilaku kebiasaan merokok dengan menggunakan layanan konseling kelompok pada siswa kelas IX. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi yang dilakukan di SMP Negeri 2 Comal selama satu bulan di bulan April 2020, Dalam teknik wawancara data dikumpulkan dengan teknik purposive sampling. Wawancara dilakukan dengan guru bimbingan konseling dan 20 orang siswa yang terbagi dalam 10 siswa perokok dengan intensitas tinggi dan 10 siswa perokok dengan intensitas rendah. Informan-informan tersebut dipilih atas pertimbangan yang telah peneliti tetapkan agar dapat menjawab pertanyaan penelitian. Dari banyaknya perokok dengan intensitas tinggi dikalangan remaja dan masih berstatus sebagai pelajar sekolah. Peran dari pihak sekolah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sekolah mempunyai peran yang sangat penting untuk mengatasi permasalahan tersebut karena sekolah untuk sebagian siswa sudah dianggap sebagai rumah kedua.



Full Text:

PDF

References


Pranoto, B., Nurhadi, N., & Yuhastina, Y. (2020). PERAN SEKOLAH DALAM MENGATASI PERILAKU MEROKOK SISWA DI SMA NEGERI KARANGPANDAN. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(2), 173-190.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.

Rahman, H., Giyono, G., & Widiastuti, R. (2015). Penggunaan Layanan Konseling Kelompok dalam Mengurangi Perilaku Merokok Siswa Kelas X. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 4(2).

Sitepoe, M. 2000. Kekhususan Rokok di Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Sukardi, K.D. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta

Wismanto, B., Sarwo, B. 2007. Strategi Penghentian Perilaku Marokok. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Zulkifli. 2010. Kontroversi Rokok. Yogyakarta: Graha Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.