Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Sekolah

Dhika Rizqi Febriyadi

Abstract


Pengaruh layanaan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar Siswa, disini dijelaskan disiplin adalah suatu sikap yang mengharuskan seseorang untuk bertanggung jawab atas perbuatannya ,patuh atas perintah serta keteatan dalam menghargai waktu dalam  proses pendidikan di harapkan anak mampu memahami disiplin agar mereka dapat bekerja sama dengan baik dengan orang lain. Bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama sa ma memperoleh berbagai bahan dari sumber sumber tertentu terutama dari konselor yang berguna untuk menunjang kehidupan sehari hari baik individu maupun sebagai pelajar. Layanan bimbingan kelompok dianggap suatu layanan yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok ini dapat dilakukan secara individual dan kelompok. Dalam situasi tertentu dimana suatu masalah tertentu tidak bisaa ditangani secara individual, situasi kelompok dapat dimanfaatkan untuk menyelenggarakan layanan bimbingan bagi siswa yang menjadi sasaran dalam bimbingan kelompok pada hakikatnya sama dengan sasaran da    lam bimbingan pada umumnya yakni individu.



Full Text:

PDF

References


Prayitno. 1995. Layanan bimbingan dan konseling kelompok (dasar dan profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tu’u, Tulus S. 2004. Peran disiplin pada perilaku dan prestasi belajar siswa. Jakarta: PT. GramediaWidiasarana Indonesia.

Tololiu, Daike, 2005. Meningkatkan Disiplin Siswa Melalui Bimbingan Individual. Skripsi, Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo

Wibowo, Eddy. 2005. Koneling Kelompok Perkembangan. Jakarta: Unres Pres.

Elly, Rosma. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Universitas Syiah Kuala. Vol. 3 No.4.

Syamsu Yusuf, “ Bentuk-Bentuk Kedisiplinan di Lembaga Pendidikan” (Jakarta:Rinneka Cipta. 2001)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.