Pengembangan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self-Management dengan Komik Strip untuk Mengalihkan Nomophobia Siswa SMP N 16 Yogyakarta
Abstract
Dizaman modern ini kebanyakan siswa yang menggunakan smartphone siswa menggunakan smartphone dengan leluasa tapa mengetahui dampak yang dirasakan terhadap lingkungan sekitar. Oleh karena itu sekolah sangat penting agar mampu bertanggungjawab atas apa yang dilakukan sama siswa dan sudah tugasnya guru bk untuk menegur siswa yang bermasalah. Dalam hal ini guru bk memiliki cara agar mampu mengalihkan nomophobia siswa. Tujuan dari penelitian yang peneliti lakukan yaitu untuk memberikan sebuah media terbaru dalam menangani permasalahan siswa yang berkaitan dengan nomophobia dengan media komik strip teknik self management. Metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu riset dan development (RnD) dengan ditambahkan dengan beberapa kajian literatur mengenai nomophobia ini dengan jurnal nasional maupun internasional. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti ini diketahui bahwa media komik strip teknik self management cocok digunakan untuk siswa yang mengalami nomophobia lalu dialihkan dengan media komik strip tersebut. Diberikannya lembar komik strip ini untuk mestimulus siswa mengisi maksud dari gambar lalu menuliskan maksud pesan tersirat dalam komik strip tersebut sehingga harapannya siswa mampu mengalihkan nomophobia tersebut baik disekolah, dirumah , maupun lingkungan masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Aarthi, K., Prathap, L., Jothi Priya, A., & Preetha, S. (2020). Nomophobia and its
impact on health and mind - A structured review. European Journal of
Molecular and Clinical Medicine, 7(1), 334–341.
Aziz, A. (2019). No Mobile Phone Phobia dikalangan Mahasiswa Pascasarjana.
KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 6(1), 1–10.
https://doi.org/10.24042/kons.v6i1.3864
Dalbudak, I., Yilmaz, T., & Yigit, S. (2020). Nomophobia Levels and Personalities of
University Students. Journal of Education and Learning, 9(2), 166.
https://doi.org/10.5539/jel.v9n2p166
Fischer-Grote, L., Kothgassner, O. D., & Felnhofer, A. (2020). The impact of
problematic smartphone use on children’s and adolescents’ quality of life: A
systematic review. Acta Paediatrica, International Journal of Paediatrics,
October, 1–8. https://doi.org/10.1111/apa.15714
Gupta, R. (2019). Nomophobia : A Smartphone Addiction. 7(1).
https://doi.org/10.25215/0701.110
Hafni, N. D. (2019). Nomophobhia, Penyakit Masyarakat Modern. Jurnal Al Hikmah,
(2), 41–50.
Hernández-Torrejón, M. V., Pastor-Molina, L., & Sosa-Manchego, L. (2020).
Nomophobia in University Students. International Journal of Early Childhood
Special Education, 12(1), 488–495. https://doi.org/10.9756/INT-
JECSE/V12I1.201029
Islam, M. S., Sujan, M. S. H., Tasnim, R., Ferdous, M. Z., Masud, J. H. B., Kundu, S.,
Mosaddek, A. S. M., Choudhuri, M. S. K., Kircaburun, K., & Griffiths, M. D.
(2020). Problematic internet use among young and adult population in
Bangladesh: Correlates with lifestyle and online activities during the COVID-19
pandemic. Addictive Behaviors Reports, 12(October), 100311.
https://doi.org/10.1016/j.abrep.2020.100311
Komalasari, G., Wahyuni, E. W., & Karsih. 2011. Teori dan teknik konseling. Indeks, Jakarta.
Lepp, A., Barkley, J., & Karpinski, A. C. 2014. The Relationship Between Cell Phone Use, Academic Performance, Anxiety, and Satisfaction with Life in College Students. Computers in Human Behavior Volume 31.
Kohli, G., Kohli, M., & Joshi, P. (2021). Nomophobia: An Assessment of No Phone
Phobia among Adolescents. Medico-Legal Update, 21(1), 269–274.
https://doi.org/10.37506/mlu.v21i1.2316
Maiti, & Bidinger. (1981). HUBUNGAN SCHOOL-WIDE POSITIVE
BEHAVIOR SUPPORT DENGAN NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS XI
IPA 8 SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN
/2020. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Mallya, N., R, S., & Mashal, S. (2018). A study to evaluate the behavioral
dimensions of “Nomophobia” and attitude toward smartphone usage among
medical students in Bengaluru. National Journal of Physiology, Pharmacy and
Pharmacology, 8(9), 1553.
https://doi.org/10.5455/njppp.2018.8.0827603092018
Moreno-Guerrero, A. J., López-Belmonte, J., Romero-Rodríguez, J. M., & Rodríguez-
García, A. M. (2020). Nomophobia: impact of cell phone use and time to rest
among teacher students. Heliyon, 6(5), 0–7.
https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04084
Olivencia-Carrión, M. A., Ferri-García, R., Rueda, M. del M., Jiménez-Torres, M. G.,
& López-Torrecillas, F. (2018). Temperament and characteristics related to
nomophobia. Psychiatry Research, 266(May), 5–10.
https://doi.org/10.1016/j.psychres.2018.04.056
Pasongli, A., Ratag, B. T., & Kalesaran, A. F. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG
BERHUBUNGAN DENGAN NOMOPHOBIA PADA MAHASISWA
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS SAM
RATULANGI. KESMAS, 9(6).
Permatasari, I., Yusmansyah, Y., & Widiastuti, R. (2019). Penggunaan Bimbingan
Kelompok Teknik Self Management untuk Menurunkan Kecenderungan
Nomophobia Siswa SMA. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(5).
Prasyatiani, T., Hijriarahmah, D., & Solamat, L. A. (2017). Seven Magic Days To
Prevent Nomophobia. {4Th} {International} {Conference} {on} {Education}
{and} {Social} {Sciences} ({Intcess} 2017), February, 37–45.
R, D. (2019). Nomophobia: The Invisible Addiction. Psychology and Behavioral
Science International Journal, 10(5),
https://doi.org/10.19080/pbsij.2019.10.555799
Rudiana Marlia, P., Novita Azizah, M., & Ibnu, M. (2017). Islamic Counseling Untuk
Nomophobia Di Kalangan Remaja. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan
Dan Konseling, 1(1), 189–194. file:///C:/Users/user/Downloads/134-267-1-
SM.pdf
Vandelis, Armaita, Ramaita, & 2019. (2019). Hubungan Ketergantungan Smartphone
dengan Kecemasan (Nomophobia). (Jurnal Kesehatan). Sekolah Tinggi Ilmu
Kesehatan Piala Sakti, Pariaman, Indonesia. Vandelis Armaita Ramaita, 10,
–93.
Widyastuti, D. A., & Muyana, S. (2018). Potret Nomophobia (No Mobile Phone
Phobia) di Kalangan Remaja. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 62.
https://doi.org/10.26638/jfk.513.2099
Yildrim, C. & Correia. A. P. 2015. Exploring the Dimensions of Nomophobia: Development and Validation of a Self-Reported Questionnaire. Computers in Human Behavior Journal, 49: 130–137.
Refbacks
- There are currently no refbacks.